Hai Spacers, tentu kalian tidak asing dengan nama Samsung bukan? Begitu pula LG, kedua perusahaan tersebut merupakan perusahaan elektronik asal Korea Selatan. Dari tahun ke tahun, kedua perusahaan tersebut sangat berinovasi dalam menciptakan segala macam produknya, begitu pula dengan smartphone nya, Samsung memiliki Smartphone unggulan dan diberi nama Galaxy S, dimana LG memiliki Smartphone unggulan dengan nama LG G Series. Samsung merilis smartphone unggulan pertamanya pada tahun 2010 dengan nama Galaxy S, sedangkan LG merilis smartphone unggulan nya pada tahun 2013 dengan nama LG Optimus G.

Hingga tahun 2016 kedua perusahaan tersebut terus berinovasi menciptakan produk yang unik dan mungkin disukai oleh pasar, mulai dari smart phone dengan tombol dibelakang, smartphone dengan layar melengkung, hingga smartphone dengan sistem modular. Nah pada tahun 2017, terjadi sebuah tren yang mungkin berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dimana kedua perusahaan tersebut biasanya menciptakan inovasi yang unik dan berbeda satu sama lainnya, kini kedua perusahaan tersebut menciptakan smartphone unggulan nya dengan beberapa kesamaan loh, yuk disimak ya Spacers!

Baca lainnya  Samsung Memperkenalkan Varian Galaxy A Terbaru
Sumber: Android Authority

Beberapa kesamaan LG G6 dengan Samsung Galaxy S8

  1. Memiliki tampilan depan mengusung konsep yang serupa, yaitu “Bezelless Smartphone” yaitu memaksimalkan layar dari kiri ke kanan, atas kebawah, hingga terlihat seperti memegang layar di tangan. Merupakan konsep yang sangat menarik, dan futuristik, namun dengan adanya layar yang sangat luas tersebut, terdapat satu hal yang di korbankan, yaitu tombol fisik, sehingga dipindahkan letak tombol fisiknya.
  2. Keduanya memiliki sebuah fitur yang harus dimiliki oleh smartphone unggulan, yaitu “Finger Print sensor”, merupakan fitur untuk membuka dan mengunci smartphone. Kesamaan nya juga terletak di posisi nya, kedua smartphone memiliki finger print sensor yang terletak di belakang smartphone, namun letak secara detailnya tidak sama, dimana LG menempatkannya di bawah kamera, sedangkan Samsung menempatkannya di samping kanan kamera. Posisi peletakan finger print scanner dibelakang juga sudah banyak diadopsi oleh banyak perusahaan lain, seperti Google, untuk Google Pixel, ZTE, Xiao Mi, Lenovo, dan masih banyak lagi.
  3. Memiliki layar yang sangat panjang, dengan rasio yang mirip, dimana LG menggunakan rasio 18:9 (rasio layar yang terdapat pada film bioskop), dan Samsung menggunakan rasio 18,5:9. LG G6 ataupun Samsung Galaxy S8 memiliki pinggiran layar yang melengkung, dan tidak kotak.
  4. Kedua smartphone tersebut juga memiliki susunan body yang serupa, dengan 2 buah kaca di depan dan belakang, serta pinggiran alumunium. Keduanya juga memiliki sertifikasi IP 68 dan dapat kamu bawa untuk berenang di kolam dangkal.
  5. Kedua smartphone menggunakan sistem operasi Android N (Nougat), pada saat pertama kali di nyalakan.
Baca lainnya  Handphone "Legendaris" Ini Kembali Dirilis Tahun 2017
Sumber: Android Authority

Adapun beberapa perbedaan yang cukup terlihat,

  1. Samsung menggunakan 1 kamera utama di belakang, sedangkan LG menggunakan sistem 2 kamera utama di belakang.
  2. Samsung S8 tidak lagi memiliki model layar datar secara penuh, dimana LG G6 tidak memiliki layar melengkung di sisi kiri dan kanan.

Nah itu dia Spacers, beberapa informasi mengenai persaingan antara dua perusahaan smartphone dari negara yang sama. Semoga bermanfaat ya!

Baca lainnya  Samsung Kembangkan Prosesor Terbarunya, Yaitu Exynos 8895

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here