5 Fakta Sekolah Di Jepang Yang Unik, Apakah Sama Dengan Animenya?

sumber : www.scdsoctagon.com

Hai Spacer! Mungkin Spacer sering melihat keadaan sekolah di anime yang dipenuhi murid-murid cantik atau ganteng. Belum lagi, keadaan sekolah yang menyenangkan seperti impian setiap murid di dunia. Tapi apakah keadaan sekolah di anime ini sama dengan keadaan sekolah di Jepang?

Beberapa alasan menjadikan faktor mengapa begitu banyak anime yang mengambil tema sekolah sebagai jalan cerita utamanya. Biasanya anime genre school ini bakal dipadukan dengan genre lainnya seperti comedy, romance, mistery. Tapi apakah gambaran sekolah di anime ini sama dengan realita sekolah di Jepang sana? Check this out.

1Di Jepang Tidak Ada UN Dan Anak SD Maupun SMP Sudah Pasti Lulus

Betul sekali bahwa di Jepang, anda akan heran dengan sistem negara sakura yang satu ini. sangat berbeda dengan indonesia, di Jepang anak yang sekolah sudah dipastikan lulus sampai SMP dan tanpa ujian lulus atau UN seperti di Indonesia.

Baca lainnya  Fakta Anime Another Yang Bikin Merinding!

Jadi anak SD disana sudah dipastikan akan lulus pada kelas 6 dan 6 tahun, dan lanjut ke SMP. sehingga tidak ada yang namanya tidak naik kelas maupun tidak lulus jika masih sampai SMP.

 

2Dilarang Mengendarai Kendaraan Bermotor

sumber : ANNGLE

Karena jarak dari rumah ke sekolah tidak begitu jauh, para murid di Jepang dilarang untuk membawa kendaraan bermotor ke sekolah. Memasuki tingkat SMA, barulah murid-murid diperbolehkan membawa kendaraan. Itu pun menggunakan sepeda.

 

3Banyaknya Festival Budaya

Sekolah di Jepang tak hanya diisi oleh kegiatan belajar mengajar saja, lebih dari itu masih banyak kegiatan seru lainnya yang membuat para murid tetap betah di sekolah. Salah satunya adalah diselenggarakannya berbagai macam festival yang diadakan rutin tiap tahun.

Baca lainnya  Ulas Dikit Tentang Super Danganronpa 2.5

Jenisnya mulai dari pekan olahragara, camping tour, sampai yang paling ditunggu adalah festival budaya atau disebut Bunkasai. Dalam festival Bunkasai, para siswa dibebaskan untuk mendekorasi kelasnya secantik mungkin. Selain itu, ada juga stand-stand jajanan Jepang yang menarik.

4Sekolah Jepang Terdapat 4 Kali Libur Dalam Setahun

Pada Sekolah Jepang walaupun siswa siswinya sibuk dalam belajar dan olahraga, terdapat juga liburan 4 kali dalam 1 tahun yang menyenangkan. Libur tersebut adalah liburan musim semi,  liburan musim panas, liburan musim gugur  dan liburan musim dingin.
dan liburan musim panas merupakan liburan yang paling ditunggu karena liburan ini bisa sampai bulan lebih.

5Waktu Belajar Yang Gila-Gilaan

Mungkin ini yang menjadi faktor penting mengapa Jepang menjadi salah satu negara maju di dunia. Pasalnya, kegiatan belajar mengajar di Jepang kurang lebih dilakukan selama tujuh jam mulai dari pukul delapan pagi sampai empat sore.

Baca lainnya  Bagaimana Jika Overwatch Menjadi Anime?

Selepas selesai sekolah, masih banyak murid yang mengambil kursus di luar jam belajar mereka. Bahkan beberapnya juga masih melakukan pekerjaan paruh waktu. Alhasil para murid di Jepang baru akan tidur malam rata-rata diatas pukul 23.00.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here