5 Hewan Purba Yang Masih Ada & Hidup Saat Ini

5 Hewan Purba Yang Masih Ada & Hidup Saat Ini
Source Photo: http://wg.convio.net/

Halo Sobat Spacer! Jika kalian ingat – ingat pelajaran sekolah dulu, pastinya kalian ingat dong tentang hewan – hewan purbakala? Banyak hewan – hewan yang sudah ada di Bumi jauh sebelum kehadiran manusia dimuka bumi ini. Karena hewan purba, bukan berarti hewan tersebut sudah tidak ada lagi lho! Ternyata ada beberapa hewan purbakala yang masih ada & hidup disekitar kita hingga saat ini! Penasaran kira – kira hewan purba apa saja yang masih ada & hidup hingga sekarang ini? Ini dia 5 hewan purba yang masih hidup & ada hingga sekarang!

5 Hewan Purbakala Yang Masih Ada & Hidup Hingga Saat Ini

5Hiu Goblin (Goblin Shark)

Hiu Goblin adalah salah satu species hiu yang telah hidup dari zaman purbakala. Bahkan disebut – sebut, Hiu Goblin hidup di era Hiu Megalodon. Hidup Megalodon adalah disebut sebagai nenek moyang ikan hiu putih sekarang ini yang besarnya bisa mencapai seukuran bus. Terlihat memang Hiu Goblin ini memiliki bentuk yang ‘menyeramkan’. Goblin Shark ini memang hidup di lautan yang dalam dengan ciri khas seperti ‘tanduk’ dikepalanya. Dimana Hiu Goblin hidup? Sebetulnya Hiu Goblin ini ditemui disemua samudera, namun paling sering ditemukan di daerah pesisir laut jepang.

Baca lainnya  Ternyata, Nama Asli Gyarados Adalah Skullkraken!

4Triops

Jika Spacer sering melihat komik – komik yang bertema zaman purbakala, pastinya bentuk dari hewan Triops ini tidak asing lagi. Atau jika Spacer sering melihat film – film tentang parasit, biasanya gambaran untuk hewan ini juga sering muncul. Tetapi faktanya, hewan ini memang hewan purbakala & masih hidup hingga sampai saat ini lho! Triops ini diperkirakan sudah hidup sejak zaman Triassic, sekitar 200 juta tahun yang lalu alias dari masa – masa awal kehidupan Dinosaurus.

3Nautilus

Nah mungkin jika Spacer masih ingat dengan pelajaran Biologi sewaktu SMP atau SMA, pastinya tau dong dengan species satu ini? Yup, hewan yang masih mempunyai kerabat dengan cumi – cumi dan gurita ini masih masuk ke dalam spesies moluska laut dalam famili Nautilidae. Hewan ini dianggap fosil hidup karena diperkirakan telah hidup sejak jutaan tahun yang lalu. Nautilus bisa memiliki 90 tentakel dan berdiameter 3 & 30 cm yang memiliki bentuk tubuh yang tidak banyak berubah dari jutaan tahun yang lalu.

Baca lainnya  Ini dia beberapa hal mengenai Galaxy S8 yang Samsung tidak beri tahu secara publik

2Ikan Coelacanth

Source Photo: http://wg.convio.net/

Ikan Coelacanth yang mempunyai arti ‘berongga’ dari bahasa Yunani ini memiliki cerita yang unik. Sebelumnya, Ikan Coelacanth ini hanyalah sebuah ikan yang dianggap sudah punah sejak 65 juta tahun yang lalu (masa Cretaceous) & hanya diketahui dari fosil – fosil yang ditemukan saja. Namun pada tahun 1938, seorang nelayan di timur afrika selatan menemukan ikan Coelacanth yang menyangkut pada jaringnya. Setelah diteliti, memang benar ikan tersebut adalah Ikan Coelacanth yang dianggap sudah ‘punah’ sebelumnya.

Pada tahun 1998, ternyata para peneliti baru mengetahui jika Ikan Coelacanth ini sebetulnya sudah dikenal luas oleh masyarakat di perairan Pulau Manado Tua, Sulawesi Utara, Indonesia. Namun sayangnya hingga tahu tersebut, belum diketahui keberadaannya oleh para peneliti. Ikan Coelacanth yang tadinya sudah dianggap punah ternyata juga banyak ditemui di perairan Indonesia, Samudra Hindia, dan Afrika.

Baca lainnya  Ternyata, Daging Kuda Mentah Jadi Salah Satu Makanan Favorit di Jepang Lho!

1Komodo

Pastinya Spacer tahu dong tentang Komodo? Yup, salah satu reptil kebanggaan fauna Indonesia ini sebetulnya juga berasal dari Zaman Purbakala lho! Komodo ini disebut – sebut memiliki kerabat yang sangat dekat dengan Dinosaurus. Hal ini ditunjukkan dari fosil – fosil dinosaurus yang ditemukan banyak yang memiliki struktur yang mirip dengan struktur komodo. Hewan satu ini dikatakan sangat rentan oleh kepunahan dan menjadi hewan yang dilindungi oleh Pemerintah Indonesia di Taman Nasional Komodo.

Nah itu dia 5 Hewan Purbakala yang masih ada & hidup hingga saat ini disekitar kita. Hewan Purbakala apa yang masih bikin kalian tercengang? Yuk share jawaban kalian di kolom komentar dibawah ya 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here