5 Kendaraan Darat Terbesar di Dunia, Ada Yang Tingginya 95 Meter!

5 Kendaraan Darat Terbesar di Dunia - 5
Source Photo: http://www.rp-online.de/

Halo sobat Spacer! Kendaraan memang selalu menjadi kebutuhan utama masyarakat saat ini. Fungsinya pun bermacam – macam, ada yang untuk sebagai transportasi sehari – hari hingga mengangkut barang dengan jumlah yang sangat besar. Tahukah Spacer? Jika sebetulnya ada Kendaraan – Kendaraan Darat Terbesar di Dunia Yang pernah dibuat oleh manusia? Salah satunya ada yang mempunyai tinggi hingga 95 meter, lho! Penasaran? Ini dia 5 Kendaraan Darat Terbesar di Dunia!

5Terex  33-19 ‘Titan’

Source Photo: http://www.carfunblog.com/

Terex 33-19 ‘Titan’ adalah truk bermuatan besar yang diproduksi oleh General Motors pada tahun 1973. Versi Terex ini sejatinya hanya diproduksi 1 unit saja untuk keperluan prototype dan menjadi model yang paling terbesar. Kendaraan ini mempunyai tinggi sekitar 6.88 meter. Jika sedang beroperasi, kendaraan ini dapat mengangkut muatan hingga 548 ton!

Terex 33-19 ‘Titan’ ini dinobatkan menjadi truk dengan muatan terbesar di dunia selama 25 tahun. Setelah 13 tahun beroperasi, truk ini dipensiunkan dan dipamerkan untuk umum.

4Caterpillar 797

Source Photo: http://aermech.com/

Caterpillar 797 adalah sebuah kendaraan darat yang mempunyai tinggi kendaraan hingga 7 Meter! Kendaraan mobil satu ini memang didesain untuk di area pertambangan. Karena seperti yang kita ketahui, dibutuhkan kendaraan yang bermuatan sangat besar untuk mengangkut hasil – hasil pertambangan. Ukuran ban dari kendaraan Caterpillar ini saja mempunyai tinggi sekitar 3 meter!

Caterpillar 797 ini dapat menampung muatan hingga 360 ton. Mesin kendaraan yang dinobatkan jadi salah satu kendaraan terbesar di dunia ini dilengkapi dengan spesifikasi mesin yang dapat menghasilkan 3.793 Horse Power. Dengan body truk yang sangat besar dan tenaga sebesar itu, Caterpillar 797 diclaim tetap dapat melaju hingga kecepatan 68km/hour.

3Bucyrus-Erie 1850B

Source Photo: https://www.kansassampler.org/

Bucyrus-Erie 1850B atau dikenal juga sebagai ‘Big Brutus‘ ini adalah kendaraan escavator atau shover kedua terbesar didunia dalam rentang waktu 1960an-1970an. Bucyrus-Erie 1850B ini beroperasi di daerah penambangan mineral, Kansas. Big Brutus ini memiliki total tinggi 49 meter dan dapat mengangkut sebuah muatan hingga 136 meter persegi dalam sekali angkut.

Kendaraan ‘Big Brutus‘ Bucyrus-Erie 1850B ini sekarang dimuseumkan di musium pertambangan pada tahun 1985.

2Marion 6360

Source Photo: https://www.flickr.com/

Marion 6630 ini adalah salah satu escavator terbesar di dunia yang pernah dibuat. Kendaraan ini juga dijuluki ‘The Captain‘. Shovel raksasa ini dibuat oleh Southwestern Illinois Coal Corporation pada tahun 1965. Jika ditotal, kendaraan escavator ini memiliki total tinggi hingga 64 meter dan dapat mengangkut sebuah muatan hingga 140 meter persegi sekali angkut.

Tetapi The Captain Marion 6360 ini sempat mengalami kerusakan parah pada 9 september 1991. Terjadi kebakaran yang berasal sistem hydraulic yang menyemprotkan cairan panas ke panel listrik. Para engineer pun berusaha membenarkan kembali kendaraan ini tetapi biaya untuk memperbaikinya ternyata sangat besar. Oleh karena itu, The Captain Marion 6630 ini dipensiunkan satu tahun setelah kejadian tersebut.

1Bagger 288

Source Photo: http://www.rp-online.de/

Bagger 288 ini bisa dibilang kendaraan darat terbesar yang pernah ada & dibuat. Bagger 288 atau Excavator 288 dibuat oleh perusahaan Jerman dibidang energi & tambang yang bernama Thyssen Krupp. Biaya pembuatan Bagger 288 ini menghabiskan US$100juta! Kendaraan Darat 288 ini berfungsi untuk menambang di daerah pertambangan batu bara Hambach Stripmine.

Jika dilihat spesifikasinya, kendaraan ini memilliki berat 135.000 ton dengan panjang 215 meter dan tinggi.. 95 meter! Untuk mengangkut kendaraan ini saja, dibutuhkan salah satu kendaraan pengangkut terbesar milik NASA yang bernama NASA Crawler Transporter. Untuk lama perakitan setelah selesai masa produksi Bagger 288 ini saja, dibutuhkan waktu sektiar 5 tahun lamanya.

Nah bagaimana Spacer? Itu dia 5 Kendaraan Darat Terbesar di Dunia Yang Pernah Dibuat! Kira – kira nanti akan ada kendaraan yang lebih besar dibuat lagi gak ya, Spacer?

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here