5 Pesawat Tercepat di Dunia, Bisa Mengitari Bumi 1.4 Jam Saja!

5 Pesawat Tercepat di Dunia - 2
Source Photo: http://www.lockheedmartin.com

Spacer! Mungkin jika berbicara tentang kecepatan sebuah kendaraan, maka hingga saat ini mungkin pesawat adalah satu transportasi tercepat. Dengan berkembangnya teknologi dengan pesat, maka kecepatan pesawat pun semakin cepat untuk berbagam tujuan. Mulai dari untuk mempercepat sampainya logistik hingga keperluan militer. Tetapi tahukah Spacer tentang pesawat – pesawat tercepat di dunia yang dibuat oleh manusia? Penasaran? Yuk simak ulasan berikut ini! Ini dia 5 Pesawat Tercepat di Dunia Yang Pernah Dibuat!

5 Pesawat Tercepat di Dunia Yang Pernah Dibuat

5Mikoyan MiG-31

Source Photo: http://palmflying.com/

Mikoyan ‘Foxhound‘ MiG-31 ini adalah pesawat tempur buatan Uni Soviet yang pertama kali diterbangkan pada tahun 1975. Pesawat tempur Mikoyan MiG-31 ini dipakai oleh Uni Soviet & Kazakhtan hingga akhir perang dingin. Rencananya, Rusia akan mempensiunkan seluruh pesawat Mikoyan MiG-31 ini pada tahun 2030.

Pesawat Mikoyan MiG-31 ini adalah pesawat supersonik yang dapat melesat hingga 2.993 kilometer per jam! Jika mengelilingi bumi dengan pesawat Mikoyan MiG-31 ini, maka dibutuhkan sekitar 13.3 jam perjalanan.

4North American XB-70 Valkyrie

Source Photo: https://www.pinterest.com/

Pesawat North American XB-70 Valkyrie adalah pesawat militer buatan Amerika Serikat yang dikhususkan untuk membawa Bom Nuklir. Karena bom nuklir mempunyai daya ledak yang sangat besar, maka dibutuhkan pesawat yang sangat cepat untuk keluar dari zona ledakan sesaat setelah menjatuhkan Bom tersebut. Pesawat ini dapat terbang hingga ketinggian 70.000 kaki.

Walaupun masih berupa prototype dan belum pernah digunakan untuk tugas militer. XB-70 Valkyrie ini dilengkapi 6 mesin yang dapat melesat hingga kecepatan 3.200 kilometer per jam. Jika untuk mengelilingi bumi dengna pesawat ini, maka hanya membutuhkan waktu sekitar 12.4 Jam saja.

3Mikoyan-Gurevich MiG-25

Source Photo: https://www.pinterest.com/

Mikoyan-Gurevich ‘Foxbat‘ MiG-25 ini masih dalam satu keluarga dari Mikoyan ‘Foxhound‘ MiG-31. Pesawat tempur supersonik buatan Uni Soviet ini pada masanya menjadi salah satu pesawat tempur tercepat yang pernah dibuat. Hingga pada saat perang dingin dikalahkan oleh ‘Sr-71 Blackbird’ milik Amerika Serikat. Pesawat ini pertama kali diterbangkan pada tahun 1964 dan diproduksi hingga tahun 1984. Hingga saat ini, Mikoyan-Gurevich MiG-25 masih digunakan oleh militer dari beberapa negara, seperti Suriah & Algeria.

Mikoyan-Gurevich MiG-25 ini mampu terbang dengan kecepatan 3.500 kilometer per jam! Jika Spacer mengelilingi Bumi dengan pesawat ini, maka hanya dibutuhkan waktu 11.35 jam saja.

2SR-71 ‘Blackbird’

Source Photo: http://www.lockheedmartin.com

Sama seperti pesawat dalam list – list pesawat tercepat di dunia sebelumnya, pesawat SR-71 Blackbird ini juga termasuk pesawat militer. Pesawat ini dibuat oleh Militer Amerika Serikat & Lockheed Martin untuk menandingi kecepatan MiG-31 yang saat itu memegang title pesawat tempur tercepat di Dunia. Selain digunakan oleh Militer Amerika Serikat, pesawat yang disebut juga dengan nama ‘Habu’ ini juga dipakai oleh NASA. Sayang, dari tahun 1964 hingga 1998, 12 dari 32 total SR-71 yang diproduksi ini mengalami kecelakaan. Sehingga Militer Amerika Serikat & NASA mempensiunkan pesawat ini pada tahun 1999 dan 1998.

SR-71 Blackbird ini dapat menjelajah di udara dengan kecepatan 4.020 kilometer per jam, lho! Spacer bisa mengelilingi Bumi dengan pesawat ini hanya dengan sekitar 9.9 saja!

1NASA Space Shuttle

Source Photo: tumblr.com

Jika sebelumnya pesawat – pesawat tercepat diciptakan oleh kalangan militer. Untuk satu ini tidak dibidang militer. Yaitu Space Shuttle milik NASA. Space Shuttle adalah roket peluncur pesawat ulang alik milik nasa untuk diterbangkan ke luar angkasa. Space Shuttle ini dapat dipakai kembali untuk mis selanjutnya. Roket Space Shuttle ini telah menjalani 135 kali misi peluncuran dari tahun 1981.

Karena berfungsi untuk menembus atmosphere Bumi, maka dibutuhkan kecepatannya yang ‘tidak‘ biasa. Space Shuttle dapat meluncur dengan kecepatan hingga 28.100 kilometer per jam atau.. 1.4 jam untuk mengelilingi Bumi!

Demikianlah 5 Pesawat Tercepat di Dunia Yang Pernah Dibuat. Apa Spacer mau mengelilingi Bumi dengan Space Shuttle milik NASA? hehe.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here