7 Bintang Terbesar Di Alam Semesta: 2,000 Kali Lebih Besar Dari Matahari Kita!

7 Bintang Terbesar Di Alam Semesta
Source Photo: Wikipedia

Halo Sobat Spacer! Jika membayangkan bintang, pastinya sesuatu yang kelap kelip atau terang di langit saat malam hari bukan? Sejatinya, bintang adalah benda di luar angkasa yang dapat menghasilkan cahaya sendiri. Seperti Matahari, Matahari adalah satu dari sekian miliaran bahkan triliunan bintang di alam semesta ini.

Matahari adalah bintang terbesar di tata surya kita. Untuk gambaran, matahari memiliki diameter 1.392.684 kilometer atau sekitar 109 kali diameter Bumi. Luas permukaannya pun 11.990 kali luas Bumi! Sudah terbayang guys bagaimana besar matahari ini? Namun di alam semesta ini, ternyata masih banyak bintang – bintang yang jauh lebih besar dari matahari kita ini! Penasaran? Ini dia 7 bintang terbesar di alam semesta!

7 Bintang Terbesar di Alam Semesta Yang Diketahui Saat Ini

7Aldebaran (44,2 kali lebih besar dari ukuran matahari)

Aldebaran, mungkin nama ini tidak asing jika kalian pernah bermain Game Ragnarok hehe.. Aldebaran adalah salah satu bintang raksasa yang berwarna orange yang berjarak 65 tahun cahaya dari bumi. Suhu permukaannya diperkirakan sebesar 3,910 K dan lebih terang 425x dari matahari kita. Besar bintang Aldebaran ini adalah 44,2 kali lebih besar dari matahari.

Baca lainnya  5 Penemuan Benda Kuno Ini Gak Disangka Ternyata Berupa Teknologi Canggih!

6Rigel (78 kali kali lebih besar dari ukuran matahari)

Rigel adalah bintang yang paling terang di rasi Orion dan menjadi salah satu bintang yang paling terang yang dapat dilihat dari Bumi pada malam hari lho! Terangnya bintang Rigel ini mencapai 12,000 kali lebih terang dari matahari kita. Jarak Rigel dari Bumi ini yaitu 860 tahun cahaya dan memiliki ukuran 78 kali lebih besar dari ukuran matahari.

5Betelgeuse (700 kali lebih besar dari ukuran matahari)

Betelgeuse adalah bintang merah raksasa yang sekaligus menjadi bintang paling terang di rasi Sirius. Bintang ini berjarak 640 tahun cahaya dari bumi. Bintang Betelgeuse ini memiliki ukuran 700 kali lebih besar dari matahari. Sayangnya, Betelgeuse ini menjadi salah satu bintang yang diprediksi memiliki umur yang sebentar lagi.

Baca lainnya  5 Hewan Ini Dapat Hidup 'Hampir' Abadi Jika Tidak Dimangsa / Dibunuh!

4Antares (850 kali lebih besar dari ukuran matahari)

Antares adalah bintang yang paling terang di rasi Scorpius. Jarak dari bumi ke bintang Antares ini adalah 550 tahun cahaya. Terangnya bintang Antares ini mencapai 57,500 kali lebih terang dari matahari! Saking besarnya yaitu 850 lebih besar dari ukuran matahari, jika Antares ini adalah matahari kita, maka ujung Antares ini akan mencapai orbit planet Mars!

3Mu Cephei (1,420 kali lebih besar dari radius matahari)

Mu Cephei diketahui sebagai bintang paling besar & terang di Galaksi Bima Sakti. Jarak bintang Mu Cephei dari bumi diperkirakan 6,000 tahun cahaya dan 38,000 kali lebih terang dari matahari. Mu Cephei memiliki radius lebih besar 1,420 kali dari radius matahari, membuat bintang Mu Cephei menjadi bintang ke 3 terbesar di alam semesta yang diketahui saat ini.

2VV Cephei A (1,600 – 1,900 kali lebih besar dari ukuran matahari)

VV Cephei A adalah bintang super raksasa yang berada di rasi Cepheus. Jaraknya dari bumi sekitar 5,000 tahun cahaya. Ukurannya pun sekitar 1,600 – 1,900 kali lebih besar dair ukuran matahari. VV Cephei A menjadi bintang ke 2 terbesar di alam semesta yang diketahui hingga saat ini.

Baca lainnya  7 Hewan Yang Memiliki Umur Hidup Paling Panjang! Ada Yang Berumur Abadi!

1VY Canis Majoris (2,000 kali lebih besar dari ukuran matahari)

Source Photo: Wikipedia

Nah, ini dia bintang yang dikenal menjadi bintang paling besar di jagat alam semesta ini, yaitu VY Canis Majoris! Bintang VY Canis Majoris adalah bintang hyper raksasa yang berada di rasi Canis Majoris. Jarak dari bumi ke bintang ini sekitar 4,900 tahun cahaya. Saking besarnya bintang ini yaitu mencapai 2,000 kali lebih dari ukuran matahari, membuat bintang ini jika ditempatkan di matahari kita, maka akan mencapai orbit Planet Saturnus! Wah, gede banget ya?!

Nah itu dia Spacer 7 Bintang Paling Besar Yang Berada Di Jagat Raya Alam Semesta ini. Untung saja ya matahari ga sebesar VY Canis Majoris, hehehe.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here