AirSim, Simulator Canggih Dari Microsoft Untuk Drone Simulation!

AirSim, Simulator Canggih Dari Microsoft Untuk Drone Simulation - 2
Source: https://www.microsoft.com/

Hi Spacer! Disini ada Spacer yang hobi bermain game bergenre Simulator? Biasanya Simulator hanyalah berbasis virtual saja, tetapi bagaimana jika ada simulator yang bisa menghubungkan ke dunia nyata? Kira – kira ada gak ya? Eits.. ternyata ada lho! Mungkin berita satu ini bisa bikin kalian semangat nih! hehe. Karena baru – baru ini, Microsoft meluncurkan Simulator Canggih untuk simulasi drone! Wah apa ya? Yuk kita simak berita berikut!

AirSim, Simulator Canggih Dari Microsoft Untuk Drone Simulation

AirSim, Simulator Canggih Dari Microsoft Untuk Drone Simulation - Featured
Source: https://www.microsoft.com/

Apakah Spacer bisa bayangkan jika ada simulator layaknya seperti ujian SIM atau simulator di pusat permainan dan dapat terhubung dengan sebuah perangkat di dunia nyata? Sepertinya tidak lama lagi, kamu bisa mencobanya nih! Microsoft meluncurkan simulator canggih untuk simulasi drone, yaitu AirSim. AirSim dikembangkan oleh divisi riset Aerial Informatics and Robotic Platform. Dengan AirSim, kamu bisa bebas mengendalikan drone dengan bebas oleh sebuah perangkat simulator! Wah, jika sebelumnya bagi Spacer yang hobi bermain Drone dan mainin Drone penuh kehati – hatian, nanti mungkin kamu bisa mengendalikan Drone layaknya bermain di sebuah wahana simulator, deh!

Baca lainnya  Sony & Microsoft Akan Melakukan Crossover?

AirSim, Platform Berbasis Open-Source

AirSim, Simulator Canggih Dari Microsoft Untuk Drone Simulation - 2
Source: https://www.microsoft.com/

Selain membuat orang – orang dapat merasakan Simulator yang lebih real atau nyata ini. Ternyata salah satu keistimewaan AirSim ini adalah platformnya open-source berbasis Unreal Engine. Jadi, semua kalangan developer baik developer software besar maupun kecil dapat menggunakan platform ini dan lebih berkreasi untuk kedepannya. Para developer bisa memasukkan banyak input – input seperti semacam sensor atau kontrol yang telah tersedia.

Sepertinya AirSim ini kedepannya akan menjadi salah satu platfrom yang dapat dinikmati oleh kalangan luas sebentar lagi. Karena, saat ini AirSim telah disupport oleh data – data dari Produsen Drone terkenal seperti DJII dan MavLink. Wah, bisa jadi kedepannya produk – produk drone yang tersedia dipasaran nanti sudah dilengkapi dengan AirSim ini lho!

Baca lainnya  Jeff Bezos Menjadi Orang Terkaya di Dunia Dalam Beberapa Jam! Kok Bisa?

AirSim, Memajukan Teknologi di Industri Training & Testing

Dengan AirSim ini, otomatis dunia industri training & testing akan mengalami kemajuan. Karena dengan simulator ini, akan membantu banyak orang, peneliti, dan perusahaan untuk mempunyai testing system yang sebelumnya tidak mungkin, menjadi mungkin. Dan juga, dapat membantu pelatihan dibidang – bidang yang penuh denagn resiko. Jadi, dengan adanya simulator ini, dapat mengurangi peran manusia di dalam aktifitas nyata dan mengurangi resiko timbulnya korban jiwa.

Baca lainnya  Google Jamboard: Papan Tulis Pintar Google Berbasis Cloud Seharga 65 Juta!

Penggunaan simulator drone AirSim ini juga dipercaya lebih baik dibanding menggunakan simulator – simulator yang ada. Selain dihubungkan dengan drone, AirSim juga dilengkapi dengan fitur teknologi canggih. Seperti kemampuan penglihatan di malam hari, membedakan mana bayangan atau tidak, hingga kemampuan menganalisis rintangan / tembok untuk menghindar dari tabrakan. Mungkin saja, simulator ini kedepannya tidak hanya untuk drone saja, tetapi dapat dikembangkan dan diintegrasikan ke teknologi lainnya seperti Mobil Otomatis.

Penasaran Dengan AirSim?

Jika Spacer penasaran dengan AirSim ini, kalian bisa lihat video dibawah ini tentang AirSim! Atau kamu bisa cek juga langsung ke Website Resmi Aerial Informatics and Robotics Platform Microsoft.

Spacer udah gak sabar ingin mencoba serunya menggunakan AirSim ini? Sabar aja ya! Semoga secepatnya dapat kita rasakan di Indonesia ini 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here