Sobat SPACERS, para 2 artikel sebelumnya (part 1 dan part 2) kita sudah membahas anime-anime Jepang yang pernah menghiasi layar kaca di industri pertelevisian di Indonesia. Tidak hanya sukses memikat masyarakat di Indonesia, baik dari kaum anak-anak hingga dewasa, namun anime-anime ini juga sukses menarik perhatian dan minat masyarakat di negara lainnya.

Nah, pada artikel kali ini kita akan kembali melanjutkan ulasan kita mengenai film seri anime Jepang yang pernah populer dan kerap kali menjadi “Jam Alami” bagi anak-anak di Indonesia untuk bangun pagi. Kira-kira anime-anime apa saja ya? Yuk, kita simak ulasannya berikut ini.

Detective Conan

Sumber : Anime Herald

Sama seperti anime-anime lainnya, anime karya Gosho Aoyama ini menjadi salah satu anime ter-laris dan ter-sukses di dunia. Sangat Populer di Jepang, anime yang mengusung tema “detective cilik” ini juga berhasil memikat banyak pecinta anime di seluruh dunia. Pertama kali dipublikasikan pada tahun 1994, komik anime ini pun langsung populer di Jepang. Saking populernya, hanya berselang 2 tahun setelah komik-nya dirilis, anime yang juga terkenal dengna nama “Case Closed” ini pun dibuat versi film seri-nya. Sama seperti komik/manga-nya, film seri Detective Conan pun juga laris manis dan populer di Jepang. Beberapa tahun setelahnya, anime ini sukses mendomiasi pasar anime dunia.

Baca lainnya  Tahukah Kamu Ada Kisah Kelam Di Balik Asal Usul Jurus Kamehameha?

Anime ini sendiri bercerita mengenai seorang detective muda bernama Shinichi Kudo yang diracun oleh sebuah organisasi hitam. Namun, bukannya membunuhnya, racun ini justru membuat tubuh Shinichi menjadi kecil seperti anak-anak. Alhasil, ia pun harus menyamar dengan tujuan agar tidak kembali diincar oleh organisasi hitam tersebut. Ia pun mengganti namanya menjadi Detective Conan. Anime ini pun juga sudah beberapa kali dibuat versi film layar lebarnya, dan sama seperti film seri-nya, film layar lebar dari anime ini terbukti sukses di pasaran.

Baca lainnya  Anime-Anime "Jadul" Era 90an ini Mampu Jadi "Jam Alami" Bagi Anak Untuk Bangun Pagi (Part 2)

Captain Tsubasa

Sumber : Captain Tsubasa Wiki

Anime yang satu ini memang sangat populer di Indonesia, bahkan sampai sekarang. Anime karya Yōichi Takahashi yang telah dipublikasikan dalam bentuk komik sejak tahun 1981 ini menjadi salah satu anime terlama yang hingga sekarang tetap eksis di industri anime dunia. Di Indonesia sendiri, Captain Tsubasa merupakan anime yang sangat populer, terutama di kalangan anak laki-laki. Selain alur ceritanya yang unik, tema “sepakbola” yang diusung oleh anime ini juga menjadi salah satu faktor “krusial” yang membuat banyak masyarakat Indoensia, khususnya anak-anak, menjadi tertarik untuk membaca maupun menyaksikan anime ini.

Baca lainnya  Anime-Anime "Jadul" Era 90an ini Mampu Jadi "Jam Alami" Bagi Anak Untuk Bangun Pagi (Part 1)

Dragon Ball

Sumber : Konbini

Anime yang satu ini juga tidak kalah terkenalnya dengan anime-anime diatas. Mulai dipublikasikan pada tahun 1984, popularitas Dragon Ball meningkat secara drastis pada tahun-tahun berikutnya. Anime ini menjadi sangat populer dan sangat diminati oleh masyarakat Jepang, khususnya dari kalangan anak-anak. Setelah populer di Jepang, anime ini pun mulai ditayangkan di negara-negara lain, termasuk Indonesia, dan kembali menuai kesuksesan yang sama di negara-negara tersebut. Bahkan, Dragon Ball menjadi salah satu anime ter-laris sepanjang sejarah di dunia, dengan total pendapatan mencapai 30 Juta dolar amerika.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here