Apple Bersiap Gantikan Teknologi Touch ID Dengan Teknologi Pengaman Biometris

Sumber : TechWeekEurope.co.uk

Sobat SPACERS, Apple sedang mengembangkan sebuah teknologi baru untuk menggantikan teknologi Touch ID yang sekarang dipasang di perangkat-perangkat Apple. Teknologi terbaru yang dikenal dengan nama Biometric Security Technology ini sendiri terdiri dari 2 komponen, yaitu teknologi pengenal wajah (facial recognition technology), dan teknologi sidik jari optis (optical fingerprint). Mengenai teknologi terbarunya ini, Apple yakin bahwa teknologi ini akan menjadikan perangkat-perangkat Apple menjadi lebih aman dari sebelumnya. Selain itu, Apple juga yakin bahwa teknologi biometris terbarunya ini akan jauh lebih aman dan lebih “user-friendly” dibandingkan dengan teknologi Touch ID yang sebelumnya telah terpasang pada banyak perangkat Apple, sejak diperkenalkan pada perangkat iPhone 5s.

Sumber : Gizmodo

Teknologi terbaru ini dipercaya dapat meningkatkan tingkat keamanan untuk perangkat-perangkat terbarunya yang akan diluncurkan di masa mendatang. Slaah satu teknologinya, yaitu Facial Recognition technology, dipercaya akan bekerja dengan baik di perangkat terbaru Apple yang akan menggunakan konsep “zero-bezel display.” Cara kerja teknologi Facial Recognition adalah dengan “mengenali” wajah dan iris mata dari si pengguna, dimana nantinya, iPhone dapat di-unlocked apabila wajah dan iris mata yang telah “terekam” oleh sistem sesuai dengan si penggunanya. Selain itu, Apple juga sedang mengembangkan teknologi sidik jari terbarunya yang diberi nama “Optical Fingerprint Sensing”, dimana teknologi ini akan menggantikan teknologi Touch ID.

Baca lainnya  Teknologi Giroskop Dapat Hindarkan Kapal dari Kecelakaan

Touch ID vs Optical Fingerprint Sensor

Kedua teknologi ini memang dikembangkan oleh Apple dengan tujuan untuk meningkatkan sistem keamanan pada perangkat-perangkat Apple. Teknologi Touch ID sendiri mulai diperkenalkan pada perangkat iPhone 5s. Teknologi ini diletakkan pada tombol “Home” (Home Button) yang telah dilengkapi oleh sensor khusus, dimana nantinya, pengguna iPhone maupun iPad akan menempalkan jarinya pada “Home” button ini. Setelah itu, sensor-sensor yang telah terpasang pada akan mendeteksi bentuk sidik jari dari penggunanya. Setelah itu, sistem akan membaca bentuk sidik jari ini secara tiga dimensi dan secara otomatis akan “mengenali” siapa pemilik dari perangkat tersebut dari bentuk sidik jari si pengguna. Dengan demikian, hanya si pemilik iPhone atau iPad tersebut lah yang dapat me-“unlock” perangkatnya dengan sistem Touch ID ini. Teknologi ini pun banyak diapresiasi oleh banyak orang sebagai teknologi masa depan yang akan meningkatkan sekuritas dari perangkat Apple di masa mendatang.

Baca lainnya  5 Pemain Bulutangkis Tunggal Putra Paling Populer di Era Modern (Part 1)
Sumber : Inferse

Sementara itu, teknologi “Optical Fingerprint” dikembangkan oleh Apple untuk mengantisipasi konsep terbaru iPhone, yaitu “Full-Screen OLED iPhone.” Mengenai konsep barunya ini, Apple diprediksi akan “membuang” Home button yang terletak pada bagian depan layar. Hal ini membuat teknologi Touch ID yang dipasang pada tombol Home dianggap tidak lagi efektif untuk di-implementasikan ke konsep iPhone terbaru ini. Sehingga, teknologi “Optical Fingerprint” ini dikembangkan. Memiliki cara kerja yang hampir sama dengan Touch ID, teknologi ini akan dipasang pada bagian layar dari iPhone, dimana layar ini sendiri telah dilengkapi dengan berbagai macam sensor untuk mengenali sidik jari penggunanya. Teknologi ini di-klaim mampu bekerja lebih cepat, akurat dan lebih aman dibandingkan dengan teknologi sebelumnya.

Baca lainnya  Ternyata, Jalur Kuning di Jalan atau Tempat Umum Ini Ada Fungsi Khususnya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here