Asal Usul Sejarah Academy Awards atau Piala Oscar

Asal Usul Sejarah Academy Awards atau Piala Oscar - Featured
Source: http://www.cinemablend.com/

SPACER! Kemaren – kemaren ini Spacer pasti mendengar tentang Penghargaan Piala Oscar atua sering disebut juga Academy Awards? Yup! Academy Awards adalah sebuah penghargaan tertinggi untuk perfilman di Amerika Serikat. Jadi ibaratnya, Academy Awards atau piala oscar ini seperti Piala ‘Suci‘ bagi aktor & aktris Hollywood. Sekali memenangi penghargaan ini, otomatis semakin prestige dan bisa jadi bayarannya pun menjadi semakin mahal. Makanya, setiap Academy Awards ini digelar, pasti berbagai media sangat ramai memberitakan penghargaan ini. Tapi, apakah Spacer sudah tau asal – usul dari Academy Awards atau Piala Oscar ini? Yuk simak ulasan berikut!

Asal Usul / Sejarah Academy Awards atau Piala Oscar

Sejarah Piala Oscar atau Academy Awards ini berawal pada 16 May 1929 di Hollywood Roosevelt Hotel. Saat itu pergelaran ini hanyalah sebuah private dinner yang dihadiri dengan 270 orang saja. Saat itu hanya ada 15 kategori awards dan acara ini hanya berlangsung sekitar 15 menit saja. Wah, sebentar banget ya? Uniknya lagi, pada Penghargaan Piala Oscar yang pertama ini, pemenang dari nominasi sudah diumumkan 3 bulan sebelumnya! Jadi belum dibuat deg-degan kayak sekarang ini.

Baca lainnya  Dari Umur Bibi May 54 Tahun Sampai Harus Masuk SMA, Ini Kenyataan Mengejutkan Spiderman Homecoming

Tetapi pada tahun 1930, format pengumuman pun diubah. Dari para pemenang yang diumumkan 3 bulan sebelumnya, diubah menjadi diumumkan lewat koran Los Angeles Times pada jam 11 Malam sebelum acara penghargaan dimulai. Metode ini hanya sampai pada tahun 1940 saja. Pada tahun 1941, metode pengumuman pun baru diubah seperti sekarang ini, yaitu para pemenang diumumkan pada saat acara berlangsung dengan amplop yang tersegel rapat.

Mengapa Piala Penghargaan Oscar / Academy Awards Dinamakan ‘Oscar’ ?

Asal Usul Sejarah Academy Awards atau Piala Oscar - 2
Source: http://www.3ders.org/

Piala Oscar yang hingga sekarang dipakai adalah hasil desain dari Cedric Gibbons. Pemahat patung tersebut pertama kali adalah George Stanley. Piala Oscar ini memiliki desain patung seorang ksatria yang memegang pedang dan berdiri diatas gulungan film dengan tinggi 34.3 cm dan berat 3,8 kg. Setelah mengetahui sejarah asal usul Piala Oscar tersebut, mungkin Spacer sudah ada yang bertanya – tanya mengapa sih pialanya dinamakan ‘Oscar‘? Untuk sejarah atau asal mula penamaan ‘Oscar’ pada piala tersebut sampai saat ini masih tanda tanya atau misterius. Karena terdapat beberapa versi mengenai sejarah atau asal usul penamaan ‘Oscar’ tersebut.

Baca lainnya  Para Selebritis Ini Miliki Wajah Yang Awet Muda Meski Sudah Mengalami Pertambahan Usia (Part 3)

Versi pertama datang dari aktris Bette Davis. Ia menyatakan bahwa nama Oscar berasal dari bentuk patungnya yang mirip dengan suaminya, Harmon Oscar Nelson. Lalu, versi lainnya berasal dari seorang pustakawan, Margaret Herrick, yang menyatakan sosok patung tersebut mirip dengan sosok pamannya, Oscar. Sampai sejauh ini, masih belum ada sejarah yang resmi mengenai asal usul dinamakan ‘Oscar‘. Waduh, ternyata berasal dari kemiripan patung dengan seseorang saja, ya?

Fakta Mengenai Piala Oscar atau Academy Awards Yang Tidak Kamu Ketahui!

Setelah mengetahui asal usul academy awards diatas, ini dia beberapa fakta tentang penghargaan piala oscar atau academy awards yang mungkin belum kamu ketahui! Apa aja ya?

  • Tahukah Spacer? Jika Piala Oscar dibuat dari Perunggu yang dilapisi emas 24 karat.
  • Tahukah Spacer? Piala Oscar sempat terbuat dari plaster karena kekurangan pasokan logam akibat perang dunia ke 2.
  • Tahukah Spacer? Jika pemenang Piala Oscar termuda adalah Shirley Temple, anak berusia 5 tahun pada tahun 1934.
  • Tahukah Spacer? Walt Disney sepanjang karirnya telah memenangi 26 kali penghargaan Academy Awards.
  • Tahukah Spacer? Hanya 3 Film yang berhasil memenangkan 11 piala oscar dalam satu kali acara penghargaan. Yaitu ‘Lord of The Rings: The Return of The King (2003)’, ‘Titanic (1997)’, dan ‘Ben-Hur (1959)’
Baca lainnya  Tahukah Kalian Kalau Nicolas Cage Hampir Jadi Superman? Kira-Kira Siapa Lagi Ya Aktor Yang Mengalami Hal Serupa?

Itu dia sekilas tentang sejarah & asal usul Academy Awards atau Penghargaan Piala Oscar. Semoga menambah pengetahuan untuk para Spacer ya! Terutama yang suka banget dengan perfilman Hollywood 🙂

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here