Bahasa Tubuh Ini Ternyata Punya Arti Yang Beda Di Setiap Negara

Sobat SPACERS, seperti yang telah kita pelajari sejak kecil, komunikasi manusia terbagi jadi 2, yaitu komunikasi verbal dan non-verbal. Komunikasi verbal biasanya dilakukan dengan cara berbicara satu sama lain dengan lawan bicaranya. Sementara itu, komunikasi non-verbal biasanya dilakukan dengan cara membentuk komunikasi bukan melalui suara, namun melalui gerakan tubuh. Dan, yang mengejutkan adalah bahwa ternyata kebanyakan dari komunikasi yang dilakukan manusia adalah komunikasi secara non-verbal.

Nah, sobat, mungkin kalian juga sering menggunakan gerakan-gerakan tangan atau tubuh untuk membri tahu sesuatu kepada teman atau lawan bicara kalian, bukan? Tapi tahukah kalian kalau sebenarnya, gerakan tubuh yang kalian anggap biasa, bisa jadi tidak biasa di negara lain? Dalam kata lain, gerakan tubuh yang kalian lakukan bisa jadi punya arti lain di negara lain.

Baca lainnya  Pabrik Pembuat Baterai Smartphone Samsung Terbakar!

Kalau misalkan artinya positif tentu tidak jadi masalah. Tapi, bagaimana kalau ternyata gerakan tubuh yang kalian biasa lakukan punya arti “jelek” di negara lain? Tentu jadi bahaya bukan? Karena bisa saja kalian terlibat konflik dengan orang dari negara itu hanya karena gerkaan tubuh kalian yang salah.

Nah, kali ini kita akan membahas beberapa gerakan tubuh yang punya arti “negatif” di negara lain. Kira-kira apa ya? Mari kita simak diskusinya berikut ini.

The Chin Flick

Sumber : Blaze Your Adventure

Apa itu gerakan tubuh The Chin Flick? The Chin Flick sebenarnya hanyalah sebuah gerakan simpel, yaitu gerakan dimana ita mengusap-ngusap dagu kita dengan bagian belakang atau punggung dari tangan kita. Kalau misalkan sulit untuk kalian membayangkannya, untuk lebih jelasnya kalian bisa lihat gambar di bawah ini.

Baca lainnya  Fakta-Fakta Mengenai Ice Shelf Yang Pecah Di Antartika

Nah, sekarang kalian pasti berpikir kalau gerakan tubuh ini biasa-biasa saja dan tidak punya arti yang spesifik. Tapi, tunggu dulu! Tahukah kalian kalau di beberapa negara, gerakan tubuh ini bisa berarti kalian sedang mengejek seseorang? Kalau kalian melakukan¬†gerakan The Chin Flick ini ketika kalian sedang berbicara dengan orang di Belgia, Italia bagian Utara, dan Tunisia, maka kalian dianggap sedang menyuruh orang itu untuk pergi jauh-jauh alias “get lost.” Wah, pastikan kalian tidak menggunakan gerakan tubuh ini ya ketika sedang liburan ke negara-negara diatas.

Baca lainnya  Hidung Tengu Patah Karena Salju, Warga Jepang Menggunakan Plester untuk Memperbaikinya

The Fig

Sumber : Buzzle

Nah, mungkin kalian masih asing dengan gerakan tubuh yang satu ini. Tapi, kalau kalian sudah tahu gerakan apa ini, kalian pasti kaget. Hal ini karena gerakan ini merupakan salah satu gerakan yang populer di Indonesia, dan gerakan tubuh ini juga dianggap “kurang baik” jika digunakan di Indonesia. Gerakan The Fig ini dilakukan dengan cara memasukkan jari jempol diantara jari telunjuk dan jari tengah. Nah, sekarang sudah terbayang kan seperti apa gerakan ini?

Ternyata, tidak hanya di Indonesia saja gerakan ini dianggap buruk. Tapi juga di beberpa anegara lainnya, seperti di Tunisia dan Rusia. Selain dianggap mencela seseorang, gerakan ini juga melambangkan organ kewanitaan wanita.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here