Beberapa Fakta Tentang Equinox Yang Belum Banyak Orang Ketahui

Sobat SPACERS, pada tanggal 21 Maret kemarin, apakah kalian merasa bahwa cuaca jadi lebih panas dari biasanya? Atau kalian juga merasa kalau sepertinya sinar matahari pada hari itu terik sekali? Nah, kalau kalian merasakan hal-hal itu di tanggal 21 Maret kemarin, itu bukan karena kejadian atau hal yang aneh-aneh kok. Tanggal 21 Maret kemarin memang lebih panas dari biasanya karena efek dari peristiwa Equinox.

Nah, pasti banyak dari kalian yang ingin tahu apa itu Equinox? Equinox itu sendiri adalah suatu peristiwa alam, dimana garis khatulistiwa bumi berpapasan dengan titik tengah dari matahari, alias sejajar dengna matahari. Kejadian ini pun tidak hanya terjadi sekali, tapi 2x dalam setahun. Pada saat ini, matahari akan langsung memancarkan sinarnya ke ekuator bumi. Karena alasan itulah, maka setiap terjadinya Equinox, maka saat itulah temperatur bumi akan mencapai titik panas puncaknya.

Baca lainnya  Takut Kalah Saing Dengan Robot Pintar? Beberapa Pekerjaan Ini Mungkin Bisa Jadi Alternatif Bagus Buat Kamu Untuk Bekerja

Nah, ternyata ada beberapa fakta uni tentang Equinox yang belum banyak orang ketahui. Mau tahu apa saja faktanya? Yuk kita simak ulasannya berikut ini.

Equinox “Pasti” Terjadi Saat Bulan Maret dan September

Sumber : Twitter

Seperti yang telah dibahas diatas, peristiwa Equinox biasnaya dan “pasti” akan terjadi 2 kali setahun. Masalahnya, pada tanggal berapa saja Equinox itu kan terjadi? Nah, ternyata, Equinox terjadi 2x setahun, yaitu pada tanggal 21 maret dan 23 september. Namun, perlu diingat kalau kedua tanggal ini tidaklah permanen. Artinya, ada kemungkinan peristiwa equinox tidak terjadi pada kedua tanggal ini. Meskipun demikian, kecil kemungkinan equinox akan terjadi di tanggal lain. Dan, kalaupun hal tersebut terjadi, tanggal terjadinya Equinox hanya akan berbeda 1 hari dari tanggal semestinya, yaitu pada tanggal 20 maret dan 22 september.

Baca lainnya  Nokia 6 Laris Manis di Pasar Smartphone China

Tapi, secara umum, Equinox memang terjadi tanggal 21 Maret dan 23 September.

Equinox dan Solstice

Sumber : Making Money with Networking

Nah, di dunia astronomi, apabila kita membicarakan Equinox, maka secara tidak langsug kita juga membicarakan solstice. Jika Equinox adalah saat ketika garis ekuator bumi sejajar dengan matahari, dimana bumi akan langsung terkenal pancaran sinar matahari, maka Solstice adalah hal yang berbeda.

Baca lainnya  Hidung Tengu Patah Karena Salju, Warga Jepang Menggunakan Plester untuk Memperbaikinya

Bumi terdiri dari 2 kutub, yaitu kutub utara dan selatan. Ketika bumi ber-revolusi dan ber-rotasi mengelilingi matahari, maka akan ada saatnya dimana matahari akan menyinari satu dari kedua kutub ini, dimana hal ini mengakibatkan bagian kutub lainnya hanya mendapatkan pancaran sinar yang sedikit. Nantinya, ketika matahari kembali berputar dan mengelilingi matahari, maka kedadaan akan terbalik. Nah, untuk itulah, Solstice juga terjadi 2x dalam setahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember, tepatnya pada tanggal 21 Juni dan 21 Desember.

Hal inilah yang membuat equinox dan solstice saling berhubungan satu sama lain.

Nah, ingin tahu fakta-fakta lainnya? Tunggu pembahasannya di artikel berikutnya ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here