Beberapa Hal Ini Ternyata Bisa Bikin Andoid Kamu Cepat Panas Lho!

Sobat SPACERS, khususnya untuk kalian yang menggunakan smartphone berbasis Android, pernah gak kalian merasa smartphone Android kalian tiba-tiba “memanas” dengan sendirinya? Padahal, kalian merasa kalau smartphone Android kalian sedang tidak digunakan, atau kalian sedang tidak membuka banyak aplikasi di smartphone kalian. Nah, ternyata, kalau kalian merasakan hal tersebut, maka mungkin beberapa hal ini jadi salah satu faktor kenapa smartphone kalian jadi cepat panas. Oh iya. perlu kalian perhatikan juga bahwa hal-hal dibawah ini tidak hanya berlaku untuk smartphone android saja, tapi juga berlaku untuk smartphone non-Android. Ingin segera tahu? Let’s check it out!

Prosesor Yang Terlalu Canggih

Sumber : Tekno Kompas

Sobat, mungkin kalian berpikir kalau hal yang satu ini “non-sense.” Artinya, mungkin kalian berpikir kalau prosesor yang terlalu canggih tidak ada hubungannya dengan smartphone kalian yang cepat panas. Tapi, tunggu dulu. Mungkin, prosesor smartphone yang terlalu canggih memang benar bisa jadi penyebab kenapa smartphone kalian cepat sekali panas. Jadi, menurut analisa, ketika banyak orang menuntut para pembuat smartphone untuk membuat smartphone yang semakin canggih dari waktu ke waktu, maka salah satu komponen yang harus ditingkatkan adalah dengan memasangkan prosesor yang lebih canggih ke smartphon tersebut. Sehingga, smartphone yang kita pakai bisa bekerja lebih akurat, cepat, dan efisien. Tapi, justru hal ini bisa membuat suhu smartphone meningkat karena prosesor yang canggih ini akan mendorong atau mem-“push” smartphone kita untuk bekerja lebih ekstra¬†dari biasanya. Sehingga, komponen-komponen yang ada di dalam smartphone kita juga “dipaksa” untuk bekerja maksimal. Sehingga, hal inilah yang mmebuat suhu atau temperatur HP kita meningkat.

Baca lainnya  Smartphone Meizu M5s Akan Resmi Diluncurkan Pada Akhir Bulan Januari 2017

Nah, kalau kalian masih belum percaya, coba kalian bandingkan dengan HP “jadul” zaman dulu. Zaman dulu, jarang sekali ada laporan dari masyarakat mengenai HP mereka yang tiba-tiba panas. Hal ini karena pada zaman dulu, HP masih belum memakai prosesor secanggih sekarang. Fitur-fiturnya pun biasa-biasa saja. Coba bandingkan dengan smartphone zaman sekarang yang fitur-fitur-nya sudah canggih. Sehingga, tidak heran kalau smartphone era sekarang lebih cepat panas dibandingkan HP “jadul” zaman dulu.

Baca lainnya  Xiaomi Ciptakan dan Kembangkan Prosesornya Sendiri

Bermain Game

Sumber : AndroidPIT

Sepertinya bukan merupakan rahasia umum lagi kalau bermain game di HP dapat membuat smartphone kita jadi cepat panas. Hal ini karena ketika kita bermain game, maka seluruh komponen dalam HP kita, seperti prosesor, RAM, dan baterai, akan bekerja ekstra keras agar game kita berjalan dengan lancar. Sehingga, tidak heran kalau bermain game tidak hanya membuat HP kita jadi cepat panas, tapi juga membuat baterai smartphone kita jadi lebih boros.

Baca lainnya  Ini dia Flagship High-End terbaru di 2017

Fitur Kamera

Sumber : News18.com

Nah, sama seperti bermain game, ternyata terlalu sering menggunakan kamera, terutama untuk merekam, dapat membuat smartphone jadi cepat panas. Hal ini karena ketika kita menggunakan fitur kamera, maka prosesor dan baterai juga akan di-push ke batas maksimal, sehingga temperatur smartphone jadi naik. Kenaikan temperatur ini bisa jadi lebih parah kalau resolusi kamera kita semakin besar, atau ketika kita menggunakan kamera untuk merekam video.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here