The Big Bend, Calon Gedung Terpanjang di Dunia Yang Berbentuk ‘U’

The Big Bend, Calon Gedung Terpanjang di Dunia Yang Berbentuk 'U' - 2
Source Photo: http://geekologie.com/

Sobat Spacer! Seiring perkembangan zaman dan teknologi, tentu berdampak terhadap ide & konsep sesuatu. Salah satunya adalah desain sebuah bangunan / gedung yang semakin futurustik. Nah jika berbicara tetang gedung pencakar langit, mungkin dipikiran kalian terpintas Burj Khalifa, gedung tertinggi di dunia. Tapi, bagaimana jika akan ada gedung terpanjang di dunia? Yup, The Big Bend! Sebuah gedung yang digadang – gadang menjadi gedung terpanjang di Dunia dan mempunyai bentuk lengkungan ‘U‘. Wah, kira – kira seperti apa ya?

The Big Bend, Calon Gedung Terpanjang di Dunia Yang Berbentuk ‘U’ di New York

Kota New York sepertinya tidak ada kehabisan ide untuk membangun gedung – gedung pencakar langit. Belakangan ini, lahirlah konsep gedung pencakar langit dengan bentuk ‘U‘ terbalik. Gedung berbentuk ‘U‘ tersebut adalah The Big Bend. The Big Bend adalah gedung yang akan menjadi gedung terpanjang di dunia.

The Big Bend, Calon Gedung Terpanjang di Dunia Yang Berbentuk 'U' - 1
Source Photo: cnn.com/

Proyek gedung terpanjang di dunia yang akan dibangun di New York ini rencananya akan mempunyai panjang sekitar 4.000 feet atau 1.22 kilometer jika dihitung dari titik ujung ke titik ujung lainnya. Panjang tersebut sudah melewati tingginya Gedung Burj Khalifa yang hanya 828 meter dan Gedung Tertinggi di Barat Hemipshere, One World Trade Center.

Mengapa Gedung The Big Bend ini mempunyai bentuk gedung yang melengkung? Ide desain gedung ini berasal dari isu bahwa di daerah kompleks manhattan sudah susah ditemui lahan kosong untuk dibangun pencakar langit. Dengan desain Gedung The Big Bend yang lebih ‘ramping‘ ini, memungkinkan gedung ini dibuat dengan lahan yang terbatas.

The Big Bend Dilengkapi Lift Dengan Sistem Melengkung & Loops

The Big Bend, Calon Gedung Terpanjang di Dunia Yang Berbentuk 'U' - 3
Source Photo: https://www.thesun.co.uk/

Mungkin jika kita berpikir tentang gedung yang sangat tinggi, maka kita berpikir bagaimana sistem liftnya? Mungkin jika sistem lift seperti di gedung pada umumnya mungkin akan terjadi ‘penumpukan‘. Nah, Gedung The Big Bend ini nantinya mempunyai sistem lift yang melengkung & dapat melakukan loops tanpa batas. Jadi sistem elevator ini dinilai akan lebih efektif dan lebih cepat untuk memindahkan banya orang dari satu lantai ke lantai lainnya bahkan berbeda sisi gedung.

Gedung ini nantinya akan mempunyai tempat yang ditunggu – tunggu oleh banyak orang, yaitu titik lengkungan pada puncak gedung. Orang – orang akan dapat merasakan sensasi berada ditengah – tengah ketinggian. Apakah Spacer penasaran mau mencoba nanti? hehe.

Namun, The Big Bend Ini Masih Sekedar Ide & Konsep

Sayangnya, konsep gedung unik & melengkung satu ini ternyata masih sebatas ide & konsep rancangan saja. Ide gedung dibuat oleh Oiio Studio dan desainer The Big Bend itu sendiri ialah Ioannis Oikonomou. Sekarang mereka masih mencari para investor yang tertarik dengan ide & konsep gedung melengkung ‘U‘ The Big Bend.

Wah gedungnya unik banget ya Spacer? Well, semoga saja ya ide & konsep gedung terpanjang di dunia ini secepatnya terlealisasi. Bagaimana tanggapan ide gedung ini menurut Spacer? Yuk share jawaban kalian di kolom komentar dibawah ya 🙂

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here