Bixby : Saingan Terbaru Siri Yang Dikembangkan Oleh Samsung

Sobat SPACERS, persaingan antar perusahaan di industri smartphone dunia bisa dibilang makin “menggila.” Bukan hanya karena jumlah “pemain” di industri ini yang bertambah banyak, tapi juga karena setiap perusahaan berlomba-lomba untuk bisa membuat smartphone yang lebih canggih dari para kompetitornya. Parahnya lagi, setiap perusahan ini bisa merilis lebih dari 1 tipe smartphone dalam kurun waktu 1 tahun. Hal ini pun memberikan pilihan yang lebih banyak bagi konsumen dalam hal memilih smartphone idaman mereka, tapi juga disisi lain bisa membuat masyarakat bingung karena rata-rata, setiap smartphone yang ditawarkan oleh setiap perusahaan memiliki kemiripan fitur satu dengan yang lainnya.

Sumber : Samsung Rumors

Nah, para perusahaan ini bersaing ketat dari segi teknologi yang mereka kembangkan untuk smartphone-nya masing-masing. Dan, salah satu teknologi yang cukup “menggebrak” dunia adalah teknologi “asisten suara” bernama Siriyang dikembangkan oleh Apple. Teknologi yang pertama kali diperkenalkan pada iPhone 4S pada tahun 2011 ini bertindak sebagai “asisten sang pemilik” iPhone, dimana melalui teknologi ini, sang pengguna dapat “berkomunikasi” dengan siri melalui smartphone-nya. Selain itu, setiap pertanyaan atau permintaan yang disampaikan pengguna akan dipenuhi oleh Siri. Misalkan, ketika kita bertanya kepada Siri, “Apakah anda tahu tentang Justin Bieber?”, maka Siri akan langsung mencarikan “Justin Bieber” pada browser kita, tanpa kita perlu membuka browser tersebut. Nantinya, setelah selesai mencari, maka Siri akan langsung mengarahkan kita ke browser tersebut. Canggih ya!

Baca lainnya  Mengintip Kerennya Sony Cybershot HX 350

Nah, setelah perilisan perdananya pada iPhone 4S, Apple pun membuat fitur Siri available pada setiap perangkat yang dirilis setelah iPhone 4S. Namun, kepopuleran Siri tidak bertahan lama setelah saingan terberatnya, Samsung, turur mengembangkan teknologi serupa yang diberi nama “S Voice.” Fungsinya pun sama dengan Siri, dimana S Voice bertindak sebagai asisten pribadi si pemilik HP, dimana segala sesuatu yang di-request oleh pengguna smartphone tersebut akan dipenuhi oleh S Voice. Setelah itu, Siri semakin mendapatkan “saingan” setelah beberapa pengembang software juga menciptakan teknologi dengan fungsi serupa, seperti Google Assistant, Cortana (Microsoft), dan Alexa (Amazon).

Baca lainnya  Smartphone Meizu M5s Akan Resmi Diluncurkan Pada Akhir Bulan Januari 2017

Bixby : Generasi Terbaru Penerus S Voice

Sumber : NewsMobile

Nah, ingin selangkah lebih maju dari pesaingnya, Samsung pun berhasil mengembangkan teknologi terbaru bernama Bixby. Bixby, yang digadang-gadang sebagai penerus Samsung S Voice, di-klaim Samsung memiliki fitur dan fungsi yang jauh lebih canggih dari S Voice. Melalui Bixby, penggunna smartphone dapat berinteraksi dan meminta bantuan Bixby untuk melakukan segala hal, mulai dari membuka browser, mencarikan data, mencarikan gambar di Gallery, bahkan hingga memproses sebuah gambar melalui Bixby. Sistem Bixby ini sendiri juga ter-integrasi dengan fitur kamera, dimana nantinya, Bixby dapat membantu kita untuk mengidentifikasi benda atau hal apa saja yang kita foto (in case kita tidak tahu benda atau objek apa yang kita foto). Selain itu, Bixby ini juga di-klaim memiliki tingkat intelejensi yang lebih tinggi dibandingkan dengan teknologi “voice-asisstant” lainnya.

Baca lainnya  Aplikasi Augmented Reality (AR) Yang Bantu Manusia Jelajahi Dunia

Bixby ini sendiri akan dirilis perdana pada perangkat Samsung Galaxy S8. Bixby ini sendiri juga akan dirilis dalam berbagai bahasa, speerti Inggris, Mandarin, dan Korea.

Nah, bagaimana sobat? Apakah kalian jadi tertarik untuk mencoba teknologi baru ini?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here