Boeing 777x : Pesawat Generasi Baru Yang Siap Ajak Kalian Jelajahi Dunia!

Sobat SPACERS, sudah bukan jadi rahasia umum lagi Boeing dan Airbus telah menjadi 2 perusahaan yang paling menguasai pangsa pasar pesawat terbang dunia saat ini. Keduanya sukses menyingkirkan kompetitor yang lain hingga mereka keluar dari pasar. Alhasil, Boeing dan Airbus pun menjadi 2 perusahaan besar yang tersisa, dan kedua prusahaan ini selalu bersaing ketat satu sama lain untuk dapat menciptakan pesawat terbang terbaik di dunia.

Narrow-Body vs Wide-Body Aircraft

Sumber : AirlineGeeks.com

Di industri pesawat terbang sendiri, ada 2 jenis pesawat yang biasanya diproduksi oleh Boeing dan Airbus, yaitu jenis narrow-body dan wide-body. Narrow-body ini merupakan pesawat berbadan sempit yg biasa ditujukkan untuk penerbangan-penerbangan rute pendek dan singkat. Sementara itu, pesawat wide-body ini merupakan pesawat berbadan lebar yang biasanya digunakan untuk penerbangan yang rute-nya panjang dan lama. Selain itu, pesawat wide-body juga memiliki daya tampung yang lebih banyak dari pesawat jenis narrow-body.

Baca lainnya  Bixby : Saingan Terbaru Siri Yang Dikembangkan Oleh Samsung

Nah, Boeing dan Airbus sendiri bersaing ketat daam hal memproduksi kedua jenis pesawat terbang tersebut. Untuk kategori Narrow-body, Boeing memiliki produk unggulan, yaitu boeing 737 series. Sementara, Airbus juga memiliki produk tandingan yang tidak kalah dengan Boeing, yaitu Airbus A320 series. Keduanya pun terbukti sukses, dimana sekitar 70% dari maskapai dunia menggunakan kedua jenis pesawat ini. Sehingga, bisa dibilang tidak ada jarak atau gap yang terlalu signifikan diantara keduanya.

Persaingan antara Boeing dan Airbus sesungguhnya baru terjadi di kategori Wide-Body Aircraft. Setelah generasi Boeing 747 yang popularitasnya mulai menurun, Airbus dan Boeing pun kini punya produk unggulan baru di kategori ini, yaitu Airbus A330 dan Boeing B777. Tapi, diantara kedua produk ini, Boeing berhasil mengungguli Airbus, dimana Boeing berhasil menjual B777 lebih banyak daripada A330. Hal ini karena B777 dapat mengangkut ppenumpang lebih banyak dari A330. Selain itu, B777 juga dapat menempuh jarak yang yang lebih jauh dari A330, sehingga banyak maskapai besar dunia lebih memilih B777 dibandingkan A330. Airbus pun merespons hal ini dengan meluncurkan pesawat tandingan, yaitu A350. Namun, tidak mau kalah dengan Airbus, Boeig pun meluncurkan pesawat B777 generasi baru yang diberi nama B777x.

Baca lainnya  Alasan Kenapa Sony Xperia XA1 & XA1 Ultra Cocok Untuk Kalian Yang Suka Selfie & Nge-Vlog!

Boeing B777x

Sumber : CNN.com

Boeing B777x ini sebenarnya adalah versi “upgrade” dari B777, dimana B777x ini mampu menempuh jarak yang lebih jauh serta mampu mengangkut penumpang lebih banyak dari B777 edisi lama. Selain itu, teknologi yang digunakan di B777x juga lebih canggih dibandingkan dengan B777. B777x ini pun juga di-klaim bakal lebih hemat bensin dibandingkan dengan B777. Tidak hanya lebih baik dari B777, pesawat yang rencanya akan dirilis pertama kali tahun 2020 ini juga lebih di-klaim banyak pihak masih lebih baik dibandingkan dengan Airbus A350. Sehingga, diprediksi B777x bakal lebih sukses dari A350.

Baca lainnya  Gita: Robot serbaguna yang dapat mengikuti kamu berjalan

B777x tersedia dalam 2 varian, yaitu B777-8 dan B777-9, dimana perbedaan diantara keduanya adalah B777-8 dapat menempuh jarak yang lebih panjang dari B777-9, sementara B777-9 dapat mengangkut penumpang lebih banyak dari B777-8. Boeing B777-9 ini jugabakal menjadi pesawat terpanjang di dunia ketika dirilis nanti, dengan panjang total mencapai mencapai 76,7 meter (pesawat terpanjang saat ini adalah B747-8 dengan panjang 76,3 meter). Namun, apapun variannya, pesawat B777x series ini di-klaim bakal memberikan pengalaman terbang baru buat kalian para travellers!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here