Bom Ini Jauh Lebih ‘Mengerikan’ & ‘Mematikan’ Dari Bom Atom Perang Dunia II !

Bom Ini Jauh Lebih 'Mengerikan' & 'Mematikan' Dari Bom Atom Perang Dunia II - Tsar
Source: http://www.dailymotion.com/

SPACER ! Mungkin jika mendegar kata ‘Bom Terdahsyat‘, didalam pikiran Spacer mungkin akan muncul Bom Atom Hiroshima & Nagasaki saat perang dunia ke 2 lalu. Benar gak? Tetapi, sebetulnya ada beberapa Bom Atom / Nuklir yang telah dibuat dan kekuatannya berkali – kali lipat dari Bom Atom Hiroshima & Nagasaki, lho! Kira – kira apa aja ya bom – bom tersebut yang pernah diciptakan? Pastinya jauh lebih ‘mengerikan‘ & ‘mematikan‘. Ini dia Bom yang lebih Mengerikan & Memarikan dari Bom Atom Perang Dunia II !

1MK-16 / TX-16 (7 Megaton)

Source: http://www.castleairmuseum.org/

Jika bom atom yang dijatuhkan di kota Hiroshima & Nagasaki pada tahun 1945 lalu mempunyai kekuatan ledak sekitar 6 Megaton. Bom MK-16 / TX-16 ini mempunyai kekuatan ledak yang lebih besar sedikit yaitu sekitar 7 Megaton. Bom ini adalah bom termonuklir berbahan bakar cair yang dibuat oleh Amerika Serikat pada tahun 1954. Saat itu, Amerika Serikat telah memproduksi sekitar 5 buah bom MK-16 / TX-16 ini. Tetapi pada tahun yang sama, Amerika Serikat mempensiunkan bom jenis ini lantaran memang dibuat untuk keperluan eksperimen saja.

Baca lainnya  Tema Game 'Call of Duty' Mana Yang Menjadi Favorit Kamu?

2MK-53 / B-53 (9 Megaton)

Source: https://commons.wikimedia.org

Bom B-53 ini mulai dikembangkan pada tahun 1955. Bom MK-53 atau B-53 ini mempunyai panjang sekitar 3.8 M dan diameter sekitar 1.27 M dengan berat sekitar 4 Ton. Bom ini pernah diuji coba menggunakan pesawat pembom B-47, B-52, dan B-58 yang menggunakan 5 parasut. Hasilnya adalah, bom ini menghasilkan ledakan sektiar 9 Megaton dengan tinggi bola api mencapai 5 km. Dalam radius 5 km maka akan meratakan seluruh bangunan dengan tingkat korban jiwa mencapai 100%. Bahkan radiasinya dapat membakar kulit dengan luka bakar mematikan hingga jarak 28 km! Bom ini telah diproduksi sebanyak 340 bom dan dipensiunkan pada tahun 1997.

3Ivy Mike (10.4 Megaton)

Source: http://nuclearweaponarchive.org/

Ivy Mike adalah bom hidrogen yang pertama kali diuji coba pada 1 November 1952 di Enewetak, Samudra Pasifik. Bom ini mempunyai panjang 6 meter dan diameter sekitar 2 meter. Beratnya pun mencapai 82 ton! Saat diuji coba, ledakan yang berasal dari Bom Hidrogen Ivy Mike ini mencapai 10.4 Megaton atau setara 700 kali ledakan Bom atom yang pernah dijatuhkan di Kota Hiroshima! Bola api yang tercipta pun mempunyai radius 3.8 km dan mempunyai tinggi hingga 33 kilometer dalam waktu 1 menit saja! Bom satu ini tidak dibuat untuk senjata, melainkan hanya sebagai studi untuk konsep bom nuklir di masa mendatang.

Baca lainnya  Dunkirk (2017): Mengisahkan Evakuasi Paling Tragis Dalam Perang Dunia II

4MK-21 / Shrimp (14.8 Megaton)

Source: http://nuclearweaponarchive.org/

MK-21 atau dikenal juga dengan nama ‘Shrimp‘ ini adalah bom buatan Amerika Serikat dengan panjang 3,81 meter dan berdiameter 1.42 meter. Bobotnya pun mencapai sekitar 6 ton. Uji coba prototipe MK-21 pertama ini dilakukan di Pulau Bikini Atoll, Kepulauan Marshall pada 1 Maret 1954. Dari hasil ledakan tersebut, didapatkan kekuatan bom ini mencapai 14.8 megaton dan efek radiasnya pun menyebar hingga 11.000 kilometer persegi yang menyebar ke kawasan Asia, Australia, Eropa, hingga Amerika itu sendiri. Waduh, senjata makan tuan?

5Tsar Bomba atau RDS-220 (50 Megaton)

Source: http://www.dailymotion.com/

Jika bom – bom diatas didominasi oleh buatan Amerika Serikat, tetapi bom yang paling terkuat pernah diciptakan dalam sejarah dunia militer hingga saat ini adalah bom buatan Rusia, yaitu dikenal Tsar Bomba. Pengambilan nama ‘Tsar‘ sendiri berarti Raja. Bom ini mempunyai panjang 8 meter dan diameter 2 meter. Bobotnya mencapai 27 ton. Bom ini diuji coba pada 30 Oktober 1961 di kepulauan Novaya Zemlya, Laut Arktik, Rusia. Saat diuji coba, bom ini menghasilkan ledakan yang sangat luar biasa! Kekuatan ledakannya mencapai 50 megaton atau setara 3.800 kali ledakan Bom Hiroshima! Bahkan disebut juga, kekuatan ledakan bom ini setara dengan seperempat kekuatan letusan Gunung Krakatau! Sampai – sampai, pesawat yang menerjunkan bom ini, Tu-95, turun hingga 1 kilometer setelah karena efek gelombang ledakan Tsar Bomba ini.

Baca lainnya  Dunkirk (2017): Mengisahkan Evakuasi Paling Tragis Dalam Perang Dunia II

Wah, ternyata ada aja ya bom yang lebih mematikan daripada Bom Atom pada saat Perang Dunia ke II. Semoga saja bom – bom tersebut tidak salah dipergunakan ya, guys! Soalnya serem banget, kan?

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here