Deretan Faktor Ini Jadi Alasan Kenapa iPhone Masih Lebih Baik dari Smartphone Lainnya

Sobat SPACERS, persaingan industri smartphone global memang mengalami perubahan yang sangat pesat. Misalkan, pada zaman dulu, Nokia dan Siemens menjadi 2 perusahaans smartphone paling dominan di dunia. Hampir seluruh HP yang digunakan oleh masyarakat pada zaman itu merupakan HP yang diproduksi oleh kedua perusahaan ini. Namun, karena kalah saing dan inovasi, Siemens pun “takluk” oleh Nokia. Alhasil, Nokia berhasil mengambil pasar yang sebelumnya dikuasai oleh Siemens, dan berhasil menjadi penguasa industri HP di dunia.

Namun, ternyata faktor “kalah inovasi” juga menjadi hal utama yang merusak dominasi Nokia di pasar ini. Sejak tahun 2007an, popularitas Nokia mulai menurun setelah Blackberry masuk sebagai pemain baru di Industri ini. Lewat fitur andalannya, yaitu Blackberry Messenger, Blackberry berhasil menyingkirkan Nokia dan berhasil men-dominasi pasar smartphone global sejak saat itu.

Baca lainnya  iPhone vs Samsung : Manakah Yang Lebih Baik?

Tapi, lagi-lagi, faktor Inovasi menjadi hal menakutkan di industri ini yang dapat menghancurkan sebuah perusahaan. Merasa nyaman dengan posisinya, Blackberry memutuskan untuk tidak terlalu banyak melakukan inovasi ada HP-nya. Alhasil, 2 perusahaan smartphone dunia, yaitu Apple dan Samsung pun sukses masuk ke pasar lewat kedua produk mereka, yaitu iPhone dan Samsung. Memiliki fitur yang lebih canggih dari Blackberry , iPhone dan Samsung pun berhasil menarik banyak konsumen, termasuk konsumen yang sebelumnya menggunakan Blackberry. Alhasil, Balckberry pun “jatuh”, dan pemegang posisi “market leader” di industri ini pun kini diambil alih oleh Apple dan Samsung hingga sekarang.

Namun, kini kedua perusahaan ini pun mendapat ancaman serius dari para pesaingnya dari negeri tirai bambu. Beberapa perusahaan seperti Xiaomi, Vivo, dan Oppo, kini mulai mencoba untuk mengambil atau merebut pasar yang sebelumnya dikuasai oleh Apple dan Samsung. Hal ini pun membuat kedua perusahaan ini harus lebih giat ber-inovasi lgi agar posisi mereka sebagai market leader tidak tergoyahkan.

Baca lainnya  Three Square Market, Perusahaan Pertama Yang Menanamkan 'Chip' Ke Karyawannya!

Namun, meski demikian, masih banyak masyarakat dan pengamat industri yang berpendapat bahwa iPhone masih menjadi smartphone terbaik saat ini. Kira-kira kenapa ya? Nah, berikut beberapa hal yang menjadi dasar kenapa iPhone masih dipandang lebih baik dari smartphone lainnya.

Aplikasi Akan Dirilis Pertama Kali di App Store

Sumber : Tech Crunch

Faktor pertama adalah dari segi Aplikasi. Kalau kalian perhatikan, setiap aplikasi atau game baru yang dirilis oleh para pengembang (developer) akan dirilis terlebih dahulu di Apple App Store. Artinya, masyarakat dapat men-download aplikasi atau game tersebut lebih cepat di App Store dibandingkan dengan “store” yang lain.

Baca lainnya  Pabrik Pembuat Baterai Smartphone Samsung Terbakar!

Selain itu, jumlah aplikasi atau game yang terdapat di App Store masih lebih banyak dibandingkan dengan “store” yang lain, seperti Google PlayStore. Sehingga, banyak orang lebih memilih untuk menggunakan iPhone ketimbang merek lain karena faktor ini.

Kualitas Game Yang Lebih Baik

Sumber : IT Pro

Faktor berikutnya adalah faktor kualitas game. Meskipun faktor ini sifatnya subjektif (setiap orang berbeda-beda), tapi sepertinya mayoritas masyarakat setuju dengan kalau kualitas dari game yang dimainkan di iPhone masih lebih baik dibandingkan dengan apabila game yang sama dimainkan di smartphone lain. Selain itu, kualitas grafis, kecepatan loading, hingga kemampuan iPhone yang tidak cepat panas ketika game dimainkan dalam waktu lama, menjadi alasan tambahan yang membuat banyak orang lebih “mencintai” iPhone dibandingkan dengan merek lainnya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here