Deretan Film “Kontroversial” Ini Dilarang Tayang di Beberapa Negara!

Sobat SPACERS, tentu kita semua tahu bahwa industri perfilman Hollywood seringkali dianggap banyak orang sebagai industri perfilman terbaik dunia. Hal ini bukan hanya karena film-film Hollywood rata-rata memiliki alur cerita yang menarik untuk ditonton dan sukses di Box Office dunia, tapi juga karena pangsa pasar film Hollywood sangatlah besar di dunia.

Tapi, ternyata tidak semua film Hollywood sukses di pasaran dunia. Ada beberapa film yang dianggap kontroversial dan dilarang¬†tayang di beberapa negara karena berbagai alasan, mulai dari alasan politik, agama, hingga karena masalah konten dari film itu yang dianggap “tidak layak ditayangkan.” Nah, kalian penasaran kan ingin tahu film-film “kontroversial”¬†yang ternyata dilarang tayang di beberapa negara? Yuk kita simak ulasannya berikut ini.

Borat

Sumber : Amazon.com

Film yang dirilis tahun 2006 ini disutradarai oleh salah seorang aktor papan atas Hollywood, yaitu Sacha Baron Cohen. Nah, kalian mungkin belum pernah menonton film ini. Maklum, karena film ini sendiri tidak dirilis di Indonesia. Tapi, film ini merupakan salah satu film komedi yang sukses merajai box office Amerika pada tahun 2006. Jalan cerita dari film ini sebenarnya cukup simpel, dimana film ini menceritakan petualangan seorang jurnalis asal Kazakhstan bernama Borat Sagdiyev yang berkunjung ke Amerika untuk melihat dan mempelajari kultur yang ada di Amerika. Nah, tapi, ternyata banyak adegan dalam film ini yang dianggap “kurang pantas” untuk ditayangkan, sehingga film ini lumayan banyak menuai kritik dari negara-negara di luar Amerika. Tidak hanya itu, karena dianggap menjelek-jelekkan Kazakhstan dan juga dianggap mencela suatu agama tertentu, film ini pun dilarang tayang di semua negara Arab (selain lebanon) dan rusia. Meskipun begitu, film ini sukses di Amerika, dan pemeran utamanya, yaitu Sacha Cohen, berhasil meraih penghargaan Golden Globe Awards untuk kategori Best Actor.

Baca lainnya  Aktor Dan Aktris Ini Ternyata Belum Pernah Raih Oscar Lho!

Cannibal Holocaust

Sumber : Blu-ray.com

Nah, dari judulnya saja, mungkin kalian sudah mulai paham kenapa film ini jadi salah satu film terkenal yang kena “banned.” Film yang dirilis tahun 1980 ini memang terkenal karena dianggap sebagai salah satu film paling kontroversial sepanjang sejarah. Film ini sendiri bercerita mengenai sekelompok tim pembuat film yang tiba-tiba menghilang di hutan Amazon. Merkeka berencana untuk membuat film tentang suku kanibal yang ada di sana. Setelah menghilang, seorang professor bernama Harold Monroe pun bertujuan untuk pergi ke Amazon untuk mencari para anggota kru. Tapi, setelah sampai disana, ia pun mendapati kalau seluruh kru sudah dibunuh oleh suku kanibal tersebut. Setelah itu, Monroe pun menemukan hasil rekaman dari kru tersebut. Setelah menyaksikan rekaman itu, Monroe pun menyimpulkan kalau rekaman itu tidak layak dijadikan film, dan akhirnya dihancurkan.

Baca lainnya  5 Aktor Hollywood Dengan Fee Termahal di Dunia

Nah, film ini sendiri menuai berbagai kontroversi karena kebanyakan dari adegan dalam film itu dianggap “sangat tidak layak” untuk ditayangkan ke publik. Bahkan, film ini di-“banned” di banyak negara, seperti Australia, Norwegia, Inggris, Kazakhstan, dan Italia. Yang lebih heboh, sutradara dari film in ibahkan sempat ditahan di Italia karena mereka menduga kalau adegan pembunuhan dalam film itu adalah nyata. Namun, tuduhan itu akhirnya tidak terbukti dan sang sutradara pun bebas. Selain itu, film ini juga banya dikritik karena menampilkan adegan kekerasan terhadap hewan.

Baca lainnya  Apa yang Harus Dimiliki Untuk menjadi Geek

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here