Dua Hal Ini Sukses Bikin K-Pop Terkenal Seperti Sekarang Ini

Sobat SPACERS, tidak dapat kita pungkiri kalau K-pop telah mengubah wajah industri musik dunia di era modern ini. K-Pop atau Korean Pop sendiri merupakan istilah yang sering digunakan oleh para pecinta musik dunia untuk mendeskripsikan segala jenis musik yang berasal dari negeri ginseng, Korea Selatan. Kehadiran K-Pop di industri ini sendiri secara tidak langsung telah memberikan warna baru bagi dunia musik internasional.

K-Pop : Rise in Popularity

Sebenarnya, K-Pop ini sudah ada sejak lama. Namun, pamornya baru naik pada akhir tahun 1990an, dimana ketika itu, 2 boyband dan girlband asal korea yang masing-masing bernama H.O.T dan S.E.S memulai debutnya di korea. Sejak saat itu, musik K-Pop pun jadi dikenal banyak orang dari seluruh dunia. Tidak hanya itu, kemunculan kedua grup ini digadang-gadang sebagai awal dari kebangkitan K-Pop dan telah membuka peluang bagi K-Pop untuk sukses di industri ini.

Baca lainnya  Coldplay Masukkan 3 Budaya Indonesia di Video Klip "Amazing Day"

Tapi, apa yang membuat kedua grup ini begitu terkenal waktu itu? Ternyata, ada 2 aspek yang membuat kedua grup ini dapat begitu populer pada saat itu. Kedua aspek ini menjadi pembeda utama antara K-Pop dengan musik-musik lain di dunia, dan masih terus digunakan oleh banyak grup hingga saat ini. Dan, kedua hal itu adalah konsep “Dance & Sing” dan konsep Group with a Leader.

Dance & Sing

Sumber : SBS

Konsep Dance & Sing merupakan sebuah konsep dimana seorang penyanyi, atau sebuah grup, bernyanyi dan menari di atas panggung secara bersamaan. Sebelum era K-Pop, konsep ini jarang digunakan oleh para musisi dunia. Hal ini karena pada saat itu, biasanya para musisi dunia hanya bernyanyi sambil berdiri di atas panggung.

Baca lainnya  Ternyata Inilah Arti Angka dan Huruf "Besar" Yang Ada Di Setiap Runway!

Namun, sejak kehadiran K-Pop, justru konsep “Dance & Sing” yang masih “asing” pada saat itu menjadi batu utama yang menentukan suksesnya musik K-Pop. Setelah itu, konsep ini pun jadi terkenal dan jadi banyak digunakan oleh para musisi dunia hingga sekarang ini. Sampai saat ini pun, hampir semua musisi di K-Pop menerapkan konsep ini, dimana mereka, baik grup atau individu, bernynayi sambil menari di atas panggung. Dan, hal inilah yang membuat K-Pop begitu terkenal.

Group with a Leader

Sumber : SBS

Selain konsep “Dance and Sing“, faktor lain yang bikin K-Pop begitu terkenal adalah konsep Group with a Leader-nya. Konsep ini merupakan konsep dimana para agensi artis membentuk grup yang terdiri dari beberapa anggota, dimana nantinya, dari anggota tersebut akan dipilih 1 orang leader untuk memimpin grup tersebut. Biasanya, alasan seorang anggota terpilih jadi Leader adalah karena mereka yang paling tua, berkarisma, ataupun karena mereka yang paling berbakat dan memang punya sifat leadership yang baik. Nah, konsep seperti ini pun waktu itu masih jarang digunakan di kancah musik dunia. Sehingga, konsep ini menjadi salah satu alasan kenapa banyak orang tertarik untuk “meng-explore” musik K-Pop lebih jauh lagi. Alhasil, K-Pop pun jadi terkenal dan populer seperti saat ini.

Baca lainnya  Beberapa Hal Ini Bisa Buat Kamu Lebih Paham Lagi Tentang Fenomena Equinox!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here