Enceladus, Bulan Saturnus Yang Dapat Mendukung Kehidupan?

Enceladus, Bulan Saturnus Yang Dapat Mendukung Kehidupan - 4
Source Photo: https://saturn.jpl.nasa.gov/

Spacer! Sepertinya eksplorasi luar angkasa di alam semesta ini terus dilakukan oleh para ilmuwan. Bulan Maret kemarin, kita mendapat kabar jika NASA menemukan 7 planet kerdil yang dapat mendukung kehidupan manusia dan layak huni. Nah, baru – baru ini, sepertinya ada berita yang cukup mengejutkan juga. Dilansir dari BBC, NASA mengatakan jika salah satu satelit planet Saturnus, Enceladus, mempunyai kondisi yang dapat mendukung kehidupan! Penasaran? Yuk Simak Berita Berikut!

Enceladus, Bulan Saturnus Yang Dapat Mendukung Kehidupan

Planet Saturnus, yang terkenal karena memiliki ‘cincin‘ ini dikenal mempunyai satelit sebanyak 62 satelit. Nah, salah satu dari satelit planet Saturnus tersebut, Enceladus, diyakini dapat mendukung kehidupan. Diambil dari The Guardian, hal ini awalnya mencuat karena modul luar angkasa yang untuk meneliti planet Saturnus, Cassini, mendeteksi adanya hydrogen di satelit tersebut pada tahun 2015 lalu. Hydrogen saja sebetulnya sudah menjadi komponen penting sebagai penunjang kehidupan.

Enceladus, Bulan Saturnus Yang Dapat Mendukung Kehidupan - 1
Source Photo: http://www.bbc.com/

Namun, ada hal yang lebih mengejutkan lagi. NASA telah merilis jurnal yang sudah dipublish di Journal Science yang mengatakan bahwa Cassini menemukan air, es, gas metana, garam, dan komponen karbon lainnya. Cassini juga menemukan adanya silikon dan hydrogen yang menandakan adanya sumber energi dibawah permukaan Enceladus.

“We now know that Enceladus has almost all of the ingredients that you need to support life as we know it on Earth,”

Menurut Linda Spilker, Project Scientist yang menemukan komponen penting untuk kehidupan ini mengatakan “Kami sekarang tahu bahwa Enceladus mempunyai hampir seluruh komponen yang anda butuhkan untuk mendukung kehidupan seperti yang kita tahu di Bumi

Penemuan Tempat Tinggal Yang Layak Huni Terdekat Dari Bumi

“This distant moon now joins Mars and Europa as the best potential locations for life beyond Earth in our solar system.”

Indikasi Enceladus yang dapat mendukung kehidupan ini menjadikan tempat paling terdekat diluar Bumi yang mendukung kehidupan. Walaupun sebelumnya NASA juga pernah menemukan adanya air di Mars dan potensi untuk kehidupan di salah satu bulan Jupiter, Europa. Andrew Coates, Profesor Fisika dari University College London mengatakan “Bulan yang berjarak (Enceladus) sekarang telah bergabung dengan Mars & Europa sebagai calon potensial lokasi terbaik untuk kehidupan diluar bumi di tata surya kita“.

Enceladus, Bulan Saturnus Yang Dapat Mendukung Kehidupan - 3
Source Photo: https://www.nasa.gov/

Modul luar angkasa Cassini diperkirakan tahun ini menjadi tahun terakhirnya beroperasi. Karena Cassini tahun ini sudah diperkirakan akan kehabisan bahan bakar dan sudah beroperasi sekitar 20 tahun lamanya. Para ilmuwan akan menghancurkan Cassini tidak dengan menabraknya ke Enceladus, namun akan menabrakanya ke Planet Saturnus karena agar mencegah adanya kontaminasi ke lingkungan Enceladus jika ternyata adanya makhluk hidup di Enceladus.

Nah, bagaimana Spacer? Kira – kira suatu saat nanti apakah manusia bisa tinggal ditempat selain Bumi? Yuk tulis komentar kamu di kolom komentar ya 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here