Evolusi Industri Smartphone Global Dari Dulu Hingga Sekarang

Sumber : iTechPost
Sumber : TabDroid

Sobat SPACERS, industri smartphone global memang semakin lama semakin berkembang. Jika kita ingat pada waktu ketika handphone pertama kali diciptakan, fungsi handphone hanya sebatas untuk berkomunikasi saja. Namun, pada awal tahun 2000an, para inovator pun berhasil menciptakan handphone yang lebih canggih, dimana handphone tidak hanya dapat digunakan untuk menelepon saja, namun juga dapat digunakan untuk fungsi lainnya, seperti membuat agenda, mendengarkan musik, dan bermain game. Namun, fungsi terbaru dari handphone yang dianggap paling “modern” saat itu adalah kemampuannya untuk dapat menambil gambar (photo). Terciptanya handphone pertama yang memiliki kamera secara tidak langsung telah mengubah industri telekomunikasi global, dimana banyak perusahaan handphone berlomba-lomba untuk menciptakan handphone ber-kamera. Tidak hanya itu, seiring dengan berjalannya waktu, banyak dari perusahaan ini saling bersaing, tidak hanya untuk membuat handphone ber-kamera, namun juga terus bersaing untuk dapat mengembangkan kapabilitas dan kualitas dari kamera tersebut.

Baca lainnya  Fakta Menarik Mengenai Blackberry Key One

Industri handphone global pun kembali mengalami perubahan tren yang signifikan, dimana handphone ber-kamera dianggap belum cukup untuk memenuhi tuntutan pengguna yang menginginkan agar handphone mereka dapat melakukan sesuatu yang “lebih” dari hanya sekedar mengambil gambar. Akhirnya, para inovator pun berlomba-lomba untuk mengembangkan fitur yang terdapat pada handphone. Dan, hasilnya terciptalah handphone yang dapat melakukan aktivitas-aktivitas lain, seperti merekam video, melakukan pekerjaan kantor (office), teknologi wifi, dan sebagainya. Tidak hanya itu, nama handphone pun berubah menjadi smartphone pada era ini. Hal ini pun merujuk pada kemampuan smartphone yang dapat mempermudah aktivitas manusia. Tidak hanya itu, jika pada era sebelumnya kartu memori masih digunakan sebagai sarana penyimpanan data, kini hampir seluurh smartphone sudah menerapkan teknologi “internal storage” sebagai media penyimpanan data. Melalui “internal storage” ini, pengguna dapat menyimpan data langsung ke dalam smartphone mereka, tanpa harus membeli memori card tambahan.

Baca lainnya  Resmi! Ed Sheeran Sambangi Jakarta November Nanti
Sumber : TechArena

Dari segi eksterior, handphone mengalami perubahan yang cukup signifikan dari tahun ke tahun. Dari segi layar misalkan. Pada awalnya, handphone hanya menggunakan layar biasa dan menggunakan tombol keypad untuk mengoperasikannya. Namun, kini, hampir semua smartphone menggunakan layar anti gores dan layar ber-resolusi tinggi. Tidak hanya itu, fungsi tombol keypad pun dihilangkan, dan digantikan dengan teknologi touchscreen. Selain itu, dari segi desain, handphone pun mengalami perubahan yang cukup signifikan. Desain handphone pada waktu pertama kali diperkenalkan memang biasa-biasa saja. Namun, kini, desain smartphone modern sangatlah elegan dan memikat, dimana hal ini menjadikan faktor desain sebagai salah satu faktor yang menentukan jenis dan merek smartphone yang akan dibeli oleh calon konsumen.

Baca lainnya  Beberapa Hal Ini Bisa Buat Kamu Lebih Paham Lagi Tentang Fenomena Equinox!

Namun, ini belum seberapa. Banyak pihak mengatakan bahwa evolusi ini akan terus berlanjut ke-depannya. Bahkan, banyak ilmuwan mengatakan bahwa perkembangan smartphone ini akan sampai ke tahap dimana smartphone akan memiliki fitur-fitur “diluar dari apa yang dapat dibayangkan oleh manusia.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here