Facebook Luncurkan Fitur Untuk Membantu Mengurangi Angka Bunuh Diri?

Facebook Luncurkan Fitur Untuk Membantu Mengurangi Angka Bunuh Diri - 1
Source Photo: https://tech.idntimes.com/

Sobat Spacer! Dalam kemajuan zaman teknologi ini, ternyata masih saja ada beberapa isu & masalah yang menjadi masalah dunia. Mulai dari kesejahteraan hingga kesehatan. Tetapi, tahukah kamu Spacer? Jika ternyata perbuatan bunuh diri khususnya untuk remaja menjadi isu & masalah secara global? Oleh karena itu, Facebook meluncurkan sebuah fitur untuk membantu masalah tersebut, yaitu untuk mengurangi atau menekan angka bunuh diri. Seperti apakah fitur tersebut? Simak ulasan berikut ini!

Facebook Luncurkan Fitur Pada Facebook Live Untuk Membantu Mengurangi Angka Bunuh Diri

Facebook Luncurkan Fitur Untuk Membantu Mengurangi Angka Bunuh Diri - 1
Source Photo: https://tech.idntimes.com/

Tahukah kamu, Spacer? Jika isu bunuh diri di Amerika Serikat menjadi salah satu isu yang sering diangkat di negara tersebut. Menurut CNN, sejak tahun 2007, kasus bunuh diri pada anak remaja di Amerika Serikat yang berumur 10 – 14 tahun meningkat 2x lipat. Lalu kemarin pada awal bulan Januari tahun ini, publik Amerika Serikat juga digegerkan oleh aksi seorang remaja berumur 12 tahun yang melakukan bunuh diri saat melakukan ‘live videos‘ di Facebook. Tentu hal ini langsung mengundang berbagai kalangan di Amerika Serikat untuk menyelesaikan masalah yang menjadi semakin serius ini. Salah satunya adalah Facebook, salah satu perusahaan internet terbesar di Dunia.

Baca lainnya  Facebook Akhirnya Uji Coba Tombol Dislike, Untuk Apa? Memerangi Hoax?

Facebook meluncurkan sebuah fitur yang disebut ‘Suicide Prevention‘ atau ‘Anti Bunuh Diri‘. Fitur tersebut terdapat dalam salah satu fitur Facebook yang juga tergolong baru diluncurkan, yaitu Facebook Live Videos. Mungkin pihak Facebook mendapatkan inspirasi untuk mencegah bunuh diri dari kasus bunuh diri remaja berumur 12 tahun kemarin dan juga untuk mencegah perbuatan bunuh diri terulang kembali via Facebook Live Videos. Fitur tersebut bekerja karena terdapat Artificial Intelligence (AI) yang dapat mendeteksi jika video live tersebut mempunyai potensi perilaku bunuh diri atau tidak.

Baca lainnya  Facebook Resmi Luncurkan Fitur Baru, Yaitu Facebook Stories

Uniknya, AI Tersebut dapat mendeteksi hal tersebut dari postingan seseorang yang mempunyai nada galau atau komentar dari teman yang melihat video tersebut jika ada unsur kekhawatiran. Lalu orang tersebut akan diberi sebuah opsi ‘bantuan‘ dari Facebook seperti konsultasi, melihat tips, dan menghubungi teman terdekat. Dengan cara tersebut, diharapkan dapat menekan kasus bunuh diri di para kalangan remaja.

Fitur Anti Bunuh Diri Facebook Ini Mendapatkan Banyak Pujian

https://www.facebook.com/plugins/post.php?href=https%3A%2F%2Fwww.facebook.com%2Fzuck%2Fposts%2F10103537992042381&width=500

Pada saat Mark Zuckerberg mengumumkan fitur ini pada 1 Maret lalu di status Facebooknya, Fitur ini menuai reaksi yang positif dari banyak pengguna Facebook. Hingga ulasan ini ditulis, sudah ada sekitar 137ribu likes dan 17ribu share pada postingan Mark Zuckerberg tersebut. Seperti dari Jesse Stay yang mengetik komentar ‘Anak Perempuan Saya Melakukan Percobaan Bunuh Diri 2 kali tahun lalu. Ini adalah sebuah perkembangan yang luar biasa! Terima kasih, Mark, untuk menyempatkan fokus mu pada (hal) ini – ini akan memberikan perbedaan!

Baca lainnya  Helikopter Buatan Facebook Untuk Menyebarkan Sinyal Internet

Ya, semoga saja fitur ini dapat mencegah kasus bunuh diri tidak hanya di Amerika Serikat, tetapi di Seluruh Dunia. Well, sebuah langkah yang baik & harus diapresiasi untuk Facebook! Bagaimana menurut kalian dengan fitur ini? Apakah menurut kalian akan efektif mencegah kasus bunuh diri? Yuk hare opini kalian di Komentar di bawah! 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here