Facebook Resmi Luncurkan Fitur Baru, Yaitu Facebook Stories

Sobat SPACERS, setelah kemunculan facebook, twitter, path, dan instagram, pada tahun 2014 publik dunia kembali dimanjakkan dengan munculnya satu lagi aplikasi sosial media terbaru bernama Snapchat. Sebenanrnya, Snapchat sudah dirilis sejak tahun 2011. Namun, aplikasi ini baru benar-benar populer pada tahun 2014 ketika tiba-tiba aplikasi ini jadi booming dan penggunanya meningkat drastis. Satu hal yang membuat banyak orang tertarik untuk men-download dan menggunakan aplikasi adalah karena aplikasi ini punya fitur unik yang tidak dimiliki aplikasi lainnya, dimana penggunanya dapat melakukan update status dalam bentuk video, dimana pengguna hanya tinggal merekam apa yang ingin mereka rekam, dan rekaman itu akan sendiri akan bertahan hingga 24 jam di akun Snapchat mereka. Fitur ini pun tidak dimiliki oleh aplikasi sosial media lainnya, sehingga menjadikan Snapchat sebagai salah satu aplikasi yang paling populer pada tahun itu.

Baca lainnya  LG Rilis LG Watch Sport Dan LG Watch Style

Instagram Stories

Sumber : Mashable

Nah, tapi kesuksesan Snapchat tidak bertahan lama. Hal in ikarena mereka segera mendapatkan saingan, yaitu Instagram. Setelah melihat kesuksesan dan kepopuleran Snapchat, Instagram pun segera mengikuti langkah ini dengan memperkenalkan fitur baru bernama Instagram Stories. Fungsinya pun kurang lebih sama dengan Snapchat, dimana penggunanya dapat merekam apapun yang mereka ingin rekam dan memposting-nya di instagram. Daam kurun waktu tertentu, Video mereka pun akan hilang secara otomatis, sama dengan fitur 24-Hours Video di Snapchat. Tidak hanya itu, Instagram pun menambahkan fitur lainnya, yang diberi nama Instagram Live. Fitur ini punya fungsi yang sama dengan instagram stories. Tapi, dengan fitur Instagram Live, pengguna dapat melakukan “Live Streaming” video langsung sat itu juga, dimana mereka dapat berinteraksi secara live dengan para followers-nya. Fitur ini pun langsung membuat popularitas Instagram semakin meningkat, dan secara tidak langsung membuat popularitas Snapchat menurun.

Baca lainnya  Samsung Galaxy S8 Resmi Dirilis Tanggal 29 Maret 2017

 

Facebook Stories

Sumber : TechCrunch

Nah, ternyata, Facebook juga melakukan hal yang sama, yaitu menambahkan fitur utama Snapchat ke dalam Facebook. Fitur ini pun diberi nama Facebook Stories. Fungsi dari fitur ini bahkan sama persis dengan Snapchat, dimana para penggunanya dapat merekam apapun yang mereka mau dan mem-postnya ke facebook stories mereka, dimana video ini akan bertahan selama 24 jam sebelum hilang secara otomatis. Fitur ini sendiri baru diluncurkan di beberapa negara, seperti Cile, Vietnam, dan Yunani. Nantinya, setelah populer, barulah Facebook Stories ini akan diluncurkan secara umum ke seluruh dunia.

Baca lainnya  Microsoft Akan Segera Luncurkan Windows 10 "Game Mode"

Tapi, banyak yang berpendapat kalau facebook stories tidak akan se-sukses Instagram Story atau Snapchat. Hal ini karena saat ini, banyak yang berpendapat kalau lebih banyak orang yang menggunakan Instagram atau Snapchat dibanding Facebook. Banyak juga yang mengkritik kalau Facebook Stories hanyalah “Kloningan” dari Snapchat saja. Tapi, meskipun begitu, ini hanyalah pendapat sebagian orang, dan patut kita tunggu apakah Facebook Stories ini bakal se-sukses Snapchat dan Instagram, atau biasa-biasa saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here