Fakta-Fakta Mengenai Ice Shelf Yang Pecah Di Antartika

Sumber : Tech Times

Sobat SPACERS, tentu kalian pernah mendengar istilah Ice Shelf bukan? Ya! Ice Shelf merupakan sebuah bongkahan es raksasa yang terbentuk secara alamiah di lautan luas. Biasanya, Ice Shelf ini banyak ditemui di laut-laut yang dingin dan memiliki temperatur yang sangat rendah, sehingga memungkinkan Ice Shelf ini untuk terbentuk. Ice Shelf ini sendiri berbeda dengan bongkahan es pada umumnya. Selain terbentuk dengan sendirinya, Ice Shelf ini sering¬†dijuluki sebagai “Es Raksasa” karena ukurannya yang lebar.

Sumber : The Higher Learning

Di antartika sendiri, Ice Shelf terdiri dari berbagai ukuran, mulai dari yang kecil, hingga raksasa. Yang lebih fantastis, Ukuran dari sebuah Ice Shelf berukuran raksasa dapat setara dengan ukuran sebuah pulau!

Namun, sobat, di era ini keberadaan Ice Shelf menjadi terancam. Menurut para ilmuwan, akibat dari pemansan global yang terjadi, banyak dari Ice Shelf ini pecah dan mencair. Baru-baru ini, para ilmuwan memprediksi bahwa Ice Shelf yang berda di Rhode Island akan pecah dan kemungkinan besar akan membentuk Iceberg. Tentu saja hal ini dapat membahayakan. Mengapa demikian? Hal ini karena Iceberg yang pecah dan mencair akan menambah volume permukaan laut, yang selanjutnya menyebabkan naiknya ketinggian permukaan. Apabila hal ini terjadi secara terus-menerus, maka daratan tempat kita tinggal dapat lebih rendah dari lautan, yang akan menyebabkan “tenggelamnya” kota-kota di pinggir pantai.

Baca lainnya  Penyebab Cidera Para Pemain Bola Ini Dijamin Bakal Bikin Kamu Ngakak!
Sumber : Tech Times

Nah, sobat SPACERS, selain itu juga, masih ada lagi beberapa fakta mengenai Ice Shelf yang pecah ini. Kira-kira apa saja ya faktanya? Yuk kita simak ulasannya berikut ini.

Ice Shelf Yang Pecah Akan Menjadi Iceberg

Ice Shelf merupakan bongkahan es besar yang sangat luas hingga membentuk daratan sendiri. Alhasil, banyak mahkluk hidup seperti Pinguin yang menetap disini. Sehingga, apabila Ice Shelf ini pecah, maka kemungkinan rumah bagi Pinguin-Pinguin yang tinggal di sana juga akan hilang. Namun, yang lebih dikhawatirkan bukanlah itu. Yang dikhawatirkan oleh para ilmuwan adalah apabila Ice Shelf tersebut pecah dan menjadi Iceberg. Hal ini karena apabila Iceberg tersebut mencair, maka akan menyebabkan bertambahnya volume air laut, yang secara tidak langsung akan menaikkan ketinggian permukaan laut terhadap daratan. Hal ini pun ditakutkan dapat membahayakan kota-kota yang berada di pinggir pantai, karena dalam jangka panjang, kota-kota ini dapat “tenggelam” akibat ketinggianya yang lebih rendah dari laut.

Baca lainnya  5 Tips Menjadi Blogger Ketceh

Bagaimana Dengan Pinguin?

Ukuran sebuah Ice Shelf dapat disetarakan dengan sebuah pulau, sehingga tidak heran apabila banyak Pinguin yang tinggal di situ. Namun, mengenai Ice Shelf yang akan “pecah” di Rhode Island, Para Ilmuwan telah memastikan bahwa tidak ada Pinguin yang tinggal di Ice Shelf ini. Sehingga, temuan ini dapat menghilangkan ke-khawatiran publik terhadap para Pinguin tersebut.

Baca lainnya  5 Kasus Hacking Terbesar di Dunia, Ada Yang Hack Sistem Nuklir!

Apakah Ice Shelf Yang Pecah Ini Dapat Menyatu Kembali?

Jawabannya adalah Ya! Para Ilmuwan mengatakan bahwa proses pembentukan atau formasi Ice Shelf ini merupakan sesuatu yang alami. Sehingga, meskipun telah pecah menjadi Iceberg, namun dalam jangka waktu tertentu, dan apabila situasinya memungkinkan, Iceberg-Iceberg tersebut dapat kembali menyatu menjadi sebuah Ice Shelf.

Nah, sobat SPACERS, uraian diatas merupakan fakta-fakta mengenai Ice Shelf di Antartika yang dikabarkan akan segera “Pecah.” Wah, kita berharap hal tersebut tidak menimbulkan dampak serius bagi bumi ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here