Fakta-Fakta Penting Yang Perlu Diketahui Para Investor Apple Mengenai App Store (Part 1)

Sumber : Tech Crunch

Sahabat SPACERS, tahun 2016 kemarin menjadi tahun yang baik perkembangan dan pertumbuhan App Store milik Apple. Sesaat setelah penjualan iPhone diprediksikan akan menurun, Tim Cook pun langsung mengalihkan fokusnya, dari iPhone ke App store. Tim Cook pun menyadari bahwa salah satu sumber pendapatan Apple bukanlah dari penjualan perangkat semata, namun juga berasal dari penjualan aplikasi dan biaya berlangganan (subscription) di App store. Dan, langkah ini pun ternyata tepat, dimana ketika penjualan iPhone menurun sebanyak 12 persen, penghasilan dari App store terus mengalami peningkatan.

Menilik fakta ini, laman web Fool.com merilis beberapa fakta penting yang investor Apple perlu ketahui mengenai App store.

Apple Membayar US$ 20 Miliar kepada para App Developers

Sumber : IT Pro

Pada tahun 2016 yang lalu, pihak Apple mengeluarkan uang sebanyak US$ 20 miliar untuk membayar para pengembang aplikasi (App Developers). Para App developers ini merupakan individu atau perusahaan yang membuat dan mengembangkan sebuah aplikasi, untuk kemudian dijual di “Online Store:, seperti App store ataupun Play Store. Jumlah uang yang dibayarkan Apple ini meningkat sebesar 40% dari jumlah uang yang dibayarkan Apple ke para App Developers pada tahun 2015. Dengan menggunakan sistem bagi hasil “30/70” yang biasa di-implementasikan oleh Apple, Apple meraup pendapatan sebanyak US$ 8 Miliar dari total penjualan aplikasi di App store untuk periode tahun 2016. Jumlah pendapatan yang diraup oleh Apple ini meningkat sebanyak US$ 2 Juta dari pendapatan tahun 2015, dimana Apple meraup pendapatan sebesar US$ 6 Juta dari App Store.

Baca lainnya  Ternyata Inilah Fungsi Lubang Kecil Yang Terdapat Pada iPhone

Mengenai hal ini, salah satu faktor yang membuat pendapatan App Store meningkat adalah fakta bahwa banyak pengguna lebih memilih untuk membeli aplikasi-aplikasi di App Store dibandingkan dengan di Google Play Store, sehingga jumlah penjualan Aplikasi di App Store pun lebih tinggi dibandingkan dengan di Play Store. Keberhasilan dan kemajuan App Store ini membuat Apple tetap dapat meraih keuntungan yang besar, meskipun penjualan iPhone mereka menurun.

Baca lainnya  Mouse Gaming Kece Ini Bikin Mainmu Makin Asik!

2.2 Juta Aplikasi di App Store

Sumber : The Next Web

Di tahun 2016, jumlah aplikasi yang dapat di-download di App Store meningkat sebanyak 20% ke angka 2.2 juta aplikasi. Fakta ini menunjukkan bahwa seiring dengan berjalannya waktu, semakin banyak para app developers yang mengembangkan dan merilis aplikasi mereka melalui App Store. Tidak hanya itu, beberapa aplikasi yang “naik daun” pada thun 2016 pun banyak yang dirilis di App Store, seperti Pokemon Go dan Super Mario Run. Tidak hanya itu, aplikasi atau game-game yang telah dirilis cukup lama pun juga banyak yang dibeli dan di-download oleh para pengguna App Store. Hal ini pun menunjukkan bahwa jumlah pengguna App Store semakin bertambah banyak seiring dengan perkembangan waktu.

Baca lainnya  Teknologi Giroskop Dapat Hindarkan Kapal dari Kecelakaan

Nah, sobat SPACERS, artikel diatas merupakan beberapa fakta yang perlu diketahui oleh investor Apple berkaitan dengan App Store. Nah, masih ada beberapa fakta lagi tentang App Store yang akan dibahas di Part 2. Ditunggu ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here