Fakta-Fakta Penting Yang Perlu Diketahui Para Investor Apple Mengenai App Store (Part 2)

Sumber : Tech Crunch

Sobat SPACERS, di artikel sebelumnya (Part 1) kita sudah membahas beberapa fakta penting yang perlu diketahui oleh para investor Apple sehubungan dengan App Store. Nah, kali ini kita akan kembali melanjutkan pembahasan mengenai beberapa fakta penting seputar App Store. Kira-kira apa lagi ya faktanya? Mari kita simak ulasannya berikut ini.

Pendapatan App Store pada saat Tahun Baru 

Sumber : Engadget

App store kembali meraup penghasilan yang fantastis pada tahun baru yang lalu. Dikutip dari Fool.com, penjualan App Store pada tanggal 1 Januari 2017 merupakan yang terbesar dari seluruh penjualan App Store di tahun 2016, dimana Apple berhasil meraup pendapatan sebesar US$ 240 Juta dari App Store pada hari itu. Angka ini meningkat sebanyak 67% dari penjualan di tanggal yang sama pada tahun sebelumnya, dimana pada saat itu, Apple berhasil meraih pendapatan sebesar US$ 144 Juta dari penjualan di App Store. Angka penjualan fantastis ini sekaligus semakin memperkuat keyakinan banyak pihak dan Apple sendiri bahwa penjualan App Store akan tetap bertumbuh dan meningkat di tahun 2017 ini.

Baca lainnya  Deretan Faktor Ini Jadi Alasan Kenapa iPhone Masih Lebih Baik dari Smartphone Lainnya

Jumlah Pendapatan yang diraup dari Subscription Sales 

Sumber : Apple Insider

Pada tahun 2016 lalu, dari total estimasi penjualan yang mencapai angka US$ 28 Miliar, sebanyak 10% dari total pendapatan itu diraih dari Subscription Service (Langganan). Mengenai sistem bagi hasil dari subscription ini, Apple mengubah kebijakan bagi hasilnya dari 30/70 menjadi 15/85. Perubahan kebijakan ini diharapkan Apple dapat membantu meningkatkan Subscription Offering Service di App Store. Selain itu, perkembangan dan pertumbuhan Apple TV App Store pada tahun 2016 juga diyakini akan semakin meningkatan pendapatan Apple melalui Subscription untuk tahun-tahun kedepannya.

Baca lainnya  Inilah Yang Terjadi Dengan Baterai HP Sesaat Sebelum Meledak

Pertumbuhan App Store di China

Sumber : Twitter

Tidak dapat dipungkiri bahwa China telah bertansformasi menjadi salah satu pasar yang sangat menjanjikan bagi Apple. Selain penjualan perangkat (iPhone, iPad, iPod, Mac, dsb), App Store pun mengalami perkembangan dan pertumbuhan yang cukup pesat di China. Pada tahun 2016, penjualan aplikasi (App Sales) di China mengalami peningkatan sebesar 90% dari tahun-tahun sebelumnya. Bahkan, di kuartal pertama 2016, China berhasil mengalahkan Amerika Serikat untuk menjadi pasar terbesar Apple dalam hal penjualan Aplikasi-Aplikasi untuk iOS. Namun, secara keseluruhan untuk tahun 2016, China masih berada dibelakang Amerika Serikat dan Jepang sebagai negara yang menghasilkan pendapatan terbesar bagi Apple dalam hal penjualan di App Store.

Baca lainnya  Google Jamboard: Papan Tulis Pintar Google Berbasis Cloud Seharga 65 Juta!

Perkembangan App Store di China pun semakin terlihat ketika beberapa produk Apple lainnya mengalami penurunan dalam hal penjualan di pasar China. Pada tahun 2016, penjualan iPhone di China termasuk yang terendah dari penjualan iPhone di negara-negara lainnya. Namun, App Store terus mengalami pertumbuhan di China, dimana tingkat pertumbuhan ini melebihi ekspektasi awal yang dimiliki Apple terhadap pertumbuhan App Store di China.

Nah, sobat SPACERS, penjelasan diatas merupakan beberapa fakta mengenai App Store yang perlu diketahui oleh investor Apple.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here