Fakta-Fakta Unik Mengenai Gelaran Super Bowl Pertama (Part 1)

Sumber : Ars Technica

Sobat SPACERS, setiap negara pasti memiliki olahraga populernya masing-masing. Misalkan, di India, olahraga kriket merupakan olahraga paling populer di negeri itu. Lain halnya di Inggris, dimana sepak bola menjadi olahraga paling populer di negeri kerajaan tersebut. Sementara itu, bulutangkis menjadi salah satu olahraga yang populer di China dan Indonesia. Olahraga-Olahraga tersebut bukan saja menjadi yang ter-populer di negara tersebut, tetapi kerap kali juga menjadi salah satu aspek yang dapat membantu mempromosikan negara tersebut. Brazil misalnya. Negeri samba ini pada awalnya tidak terlalu dikenal masyaakat dunia. Namun, sejak banyaknya bintang-bintang sepak bola dunia asal Brazil yang bermunculan, Brazil menjadi banyak dikenal orang sebagai “Negeri Sepak Bola.” Ilustrasi tersebut menggambarkan betapa pentingnya peran olahraga di dalam mempromosikan suatu negara.

Baca lainnya  Jersey - Jersey Sepakbola Ini Berkonsep Canggih & Unik Lho!

Sama halnya dengan negeri paman sam, Amerika Serikat. Di Amerika, olahraga ter-populer yang kerap kali menjadi ikon dari negara tersebut bukanlah sepak bola, bulutangkis, tenis, ataupun tinju. Melainkan, olahraga mirip rugby, yang dikenal dengan sebutan football. Olahraga football ini bahkan mengalahkan popularitas Basket sebagai olahraga ter-populer di Amerika. Maka, tidak heran apabila setiap pembukaan liga football di Amerika, banyak artis dan musisi dari seluruh dunia diundang tampil untuk ikut meramaikan, sekaligus meningkatkan pamor dari liga football di Amerika. Liga ini juga mengundang entusiasme yang tinggi dari masyarakat luas, tidak hanya di kalangan masyarakat Amerika saja, namun juga masyarakat di seluruh dunia.

Nah, sobat SPACERS, kali ini kita akan membahas beberapa fakta unik mengenai gelaran super bowl pertama yang diadakan pada tahun 1967. Kira-kira apa saja ya fakta unik tersebut? Yuk kita simak ulasannya berikut ini.

Baca lainnya  Fakta-Fakta Unik Mengenai Gelaran Super Bowl Pertama (Part 3)

“The Super Bowl”

Sumber : Ars Technica

Pada awlanya, liga football di Amerika dibagi menjadi 2, yaitu National Football League (NFL) dan American Football Legue (AFL). Sistem ini pun terus berlanjut hingga tahun 1966, ketika kedua liga memutuskan untuk mengadakan liga gabungan pertama yang akan dimulai pada bulan Januari 1967. Pihak NFL pun memberikan beberapa masukan, seperti “The Big One” dan “The Pro Bowl.” Namun, pada akhirnya, diputuskan bahwa liga gabungan ini akan diberi nama “The AFL-NFL World Championship Game.”

Namun, karena nama ini dianggap kurang mampu meningkatkan pamor dari liga ini, maka banyak pihak berpendapat bahwa liga gabungan ini haruslah diberi nama yang unik, dengan tujuan untuk meningkatkan entusiasme masyarakat mengenai liga ini. Akhirnya, Lamar Hunt, pemilik klub Kansas City, mengusulkan untuk menamai liga ini dengan nama “The Super Bowl.”

Baca lainnya  Apa yang Harus Dimiliki Untuk menjadi Geek

Disiarkan Oleh 2 Stasiun TV Berbeda

Sumber : Variety

Karena turnamen Super Bowl ini merupakan yang pertama kali diadakan, maka belum ditentukan stasiun TV manakah yang berhak menyiarkan super bowl ini. Sehingga, pada akhirnya diputuskan bahwa masingmasing stasiun TV yang menyiarkan 2 turnamen sebelumnya berhak menyiarkan turnamen ini secara bersamaan. Kedua stasiun TV ini adalah NBC (Yang sebelumnya menyiarkan AFL), dan CBS (Yang sebelumnya menyiarkan NFL).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here