Fakta-Fakta Unik Mengenai Gelaran Super Bowl Pertama (Part 2)

Sumber : Ars Technica

Sobat SPACERS, pada artikel sebelumnya (Part 1) kita telah membahas beberapa fakta unik mengenai edisi pertama dari gelaran turnamen Football terbesar di Amerika dan di dunia, yaitu Super Bowl. Sejak diadakan pertama kali pada tahun 1967, turnamen yang pada awalnya bernama “AFL-NFL World Championship Game” ini pun menjelma menjadi salah satu turnamen sepak bola paling bergengsi di dunia. Namun, ternyata masih ada lagi fakta-fakta unik lain tentang Super Bowl yang pertama ini. Kira-kira apa lagi ya faktanya? Yuk kita simak ulasannya dibawah ini.

Sumber : Ars Technica

Penjualan Tiket Yang Tidak Begitu Laku

Sobat SPACERS, tentu jika kitaa berbicara mengenai pergelaran Super Bowl di Amerika kita akan menduga bahwa setiap tahun, penjualan tiket untuk Super Bowl ini akan laku keras. Dan, hal tersebut memang tepat. Hampir setiap tahun, tiket yang dijual oleh pihak panitia untuk Super Bowl selalu “sold out” dalam waktu yang singkat. Bahkan, besar kemungkinan bahwa harga tiket tersebut akan tetap laku meskipun kita menjualnya dengan harga dua kali lipat diatas harga normal. Maka, tidak heran apabila banyak Calo yang mencari keuntungan dengan menjual kembali tiketnya dengan harga yang lebih mahal.

Baca lainnya  Fakta-Fakta Unik Mengenai Gelaran Super Bowl Pertama (Part 1)

Namun, hal tersebut ternyata tidak berlaku ketika super bowl pertama kali digelar pada tahun 1967. Diadakan untuk pertama kalinya di Los Angeles Memorial Coliseum, pergelaran super bowl tersebut merupaan satu-satunya gelaran Super Bowl yang tiketnya tidak terjual habis. Padahal beberapa langkah telah dilakukan dengan tujuan untuk membuat tiket super bowl terjual habis, dimana salah satu caranya adalah dengan mem-“blackout” stasiun TV yang jarakanya dianggap dekat dengan tempat diadakannya superbowl, sehingga warga sekitar tidak dapat menyaksikannya di TV mereka. Namun, tetap saja hal ini gagal membuat tiket terjual habis, dimana sebanyak 1/3 kursi masih kosong. Bahkan, banyak warga yang marah akan keputusan panitia untuk mem-“blackout” stasiun TV yang membuat banyak dari mereka tidak dapat menyaksikan pertandingan tersebut di rumah mereka.

Baca lainnya  Fakta-Fakta Unik Mengenai Gelaran Super Bowl Pertama (Part 3)

Penggunaan Peraturan (Rules) dan Bola Yang Berbeda

Sebelum menjadi super bowl pada tahun 1967, turnamen football di Amerika dibagi menjadi 2, yaitu NFL dan AFL. Dan, apda saat itu, kedua turnamen ini memiliki aturan mainnya masing-masing. Selain itu, merek bola yang digunakan pun berbeda. Ketika kdua turnamen ini menyelenggarakan turnamen bersama untuk pertama kalinya, yaitu Super Bowl pada tahun 1967, aturan dan jenis bola yang akan digunakan masih belum ditentukan, sehingga membuat kedua pihak, yaitu NFL dan AFL bersikukuh untuk menerapkan dan menggunakan aturan serta bola-nya masing-masing.

Baca lainnya  5 Komik yang Bikin Kamu Kepengen Jadi Atlet !!!

Masalah aturan ini pun akhirnya di-unifikasikan pada tahun 1994, dimana aturan baru yang telah disepakati oleh kedua belah pihak diterapkan di Super Bowl. Mengenai jenis bola yang digunakan, akhirnya pada saat itu diputuskan bahwa turnamen super bowl pertama akan menggunakan 2 bola yang berbeda, yang masing-masing diproduksi oleh Spalding dan Wilson. Setiap tim akan menggunakan jenis bola sesuai dengan pilihannya ketika mereka sedang dalam posisi menyerang (Offense).

Nah, sobat SPACERS, kira-kira apalagi ya fakta-fakta-fakta unik lainnya mengenai gelaran Super Bowl I ini? Tunggu ulasan berikutnya di Part 3 ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here