Hai Spacers, kamu pengguna smartphone tentunya tau sistem operasi yang berada di smartphone kamu bukan? seperti Samsung atau LG menggunakan sistem operasi android dan iPhone menggunakan sistem operasi iOS. Pada bulan maret ini kalian pengguna Android, khususnya pemilik Google Smartphone seperti Google Pixel atau Nexus, mendapatkan pembaharuan software versi terbaru, yaitu Android O. Beredar isu kalau ‘O’ pada Android O akan menjadi ‘Oreo’, berkaitan dengan versi pendahulu nya yang merupakan merek pula, yaitu ‘KitKat’. Nah apa aja fitur baru yang terdapat di versi ini, disimak ya Spacers!

Ini dia beberapa fitur yang terdapat di Android O:

Sumber: Youtube
  1. Ambient Display Mode

Merupakan fitur pada Google Pixel, dimana ketika kamu mengetuk layar dalam posisi layar mati, , akan muncul Jam, dan beberapa simbol notifikasi, hal tersebut merupakan fitur yang di kembangkan dari versi sebelumnya.

Baca lainnya  Official! Nokia Akan Merilis 3 Line Up Smartphone Sekaligus! Apa Saja Ya?

2. Shortcut Lockscreen Bar

Dalam layar lockscreen, ketika kamu melihat dibagian bawa layar, terdapat 3 simbol shortcut ke aplikasi tertentu, kini kamu dapat merubah shortcut tersebut dengan beberapa shortcut lainnya yang disediakan oleh Android, seperti membuka browser, membuka settings, membuka wifi, dan masih banyak lagi, selain itu disamping kamu dapat merubah shortcut tersebut, kamu juga dapat mengatur apakah shortcut tersebut akan membuka lockscreen kamu atau tidak.

3. Notification Snooze

Mungkin ada beberapa dari kamu yang tidak selamanya ingin notifikasi aplikasi untuk hilang dan mengaturnya kembali dari settings untuk menghidupkannya kembali, nah dengan Notification Snooze kamu dapat mematikan notifikasi pada aplikasi tertentu selama waktu yang dapat kamu tentukan. Dengan mudah kamu membuka layar notifikasi, dan menggeser notifikasi yang ingin kamu Snooze ke kiri layar, kemudian klik tombol jam, lalu kamu tentukan untuk berapa lama notifikasi tersebut baru akan muncul kembali.

Baca lainnya  Handle, Robot Buatan Google Ini Memiliki Keseimbangan Luar Biasa!

4. Number Badge on Icons

Merupakan angka yang terdapat pada icon aplikasi untuk menggambarkan notifikasi pada aplikasi tersebut. Fitur ini mirip seperti yang terdapat di iOS dimana kamu melihat angka di pojok kanan icon aplikasi.

Sumber: Youtube

5. Navigation Bar Costumization

Tombol yang sangat terkenal di Android, dan berada di bagian bawah layar smartphone kamu, sekarang dapat kamu rubah ukuran tombolnya, mengaturnya agar ketiga tombol tersebut berada di posisi lebih ke kiri atau lebih ke kanan, selain itu kamu juga dapat menambah 2 icon di samping tombol back atau multi-tasking. Namun hingga saat ini masih dibatasi hanya untuk clipboard, keycode, dan keyboard swticher.

Baca lainnya  Ford Bersiap Kembangan Mobil Tanpa Sopir Dengan Dana $1 Miliar?

6. Perubahan Susunan Layar Settings

Pada Android O, kamu akan melihat beberapa perubahan pada layar Settings, yang paling terlihat yaitu kamu tidak akan men-scroll layar sebanyak versi sebelumnya, kemudian tersusun sesuai kategori seperti; Sound, Storage, Security, dan sebagainya, dan settings bertema hitam putih, tidak berwarna seperti versi sebelumnya.

7. Picture-in-Picture

Merupakan mode multitasking dengan layar berada diatas aplikasi yang sedang berjalan, seperti fitur yang berada di iPad, dan Android N untuk TV.

Dan tahukah kamu secara tidak official, Google menyebut robot yang menjadi logo Android yaitu ‘Bugdroid’, dan fitur diatas merupakan fitur yang terdapat pada developer preview, akan diperbaharui lagi ketika versi final android O official release. Nah itu dia Spacers, beberapa fitur yang terdapat pada Android O. Semoga bermanfaat ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here