Ford Bersiap Kembangan Mobil Tanpa Sopir Dengan Dana $1 Miliar?

Ford Bersiap Kembangan Mobil Tanpa Sopir Dengan Dana $1 Miliar - 3
Source: http://www.bidnessetc.com

Perkembangan teknologi saat ini selalu berkembang terus menerus hingga muncul trend teknologi ‘Driverless‘ alias mobil tanpa supir. Mobil tanpa supir atau dikenal dengan mobil otonom ini mempunyai konsep easy navigation, dimana pengguna hanya memilih lokasi yang ingin dituju dan mobil tersebut otomatis mengantarkan anda lokasi tersebut.

Konsep mobil tanpa supir ini disebut – sebut akan menjadi mobil masa depan. Semua pabrikan automotive besar sekarang mulai mengembangkan konsep mobil ini, tidak terlebih pabrikan automotive dari Amerika Serikat, Ford, yang dikabarkan mulai siap mengembangkan Mobil Driverless ini.

Ford Menginvestasi $1 Miliar ke Start Up Argo AI Untuk Kembangkan Driverless Car

Ford Bersiap Kembangan Mobil Tanpa Sopir Dengan Dana $1 Miliar - Argo AI
Source: http://aitrends.com/

Seperti yang dilansir MoneyCNN, Ford menginvestasi $1 Miliar atau sekitar 13 Triliun Rupiah untuk Start Up ‘Argo AI‘. Argo AI adalah start up dibidang pengembangan Artificial Intelligence (AI) yang dibentuk & dipimpin oleh mantan karyawan Google & Uber. Ford memiliki mayoritas saham pada Argo AI yang memiliki 200 karyawan.

Baca lainnya  Ternyata Dua Perusahaan Raksasa ini Pernah Gagal loh!

Kerja sama dengan Argo AI ini menunjukkan keseriusan Ford untuk benar – benar mengembangkan mobil berkonsep tanpa supir dengan AI yang canggih. Proyek bersama Argo AI ini akan dipimpin oleh CEO Argo AI, Bryan Salesky, yang mempunyai pengalaman mengerjakan proyek mobil otonom di Google selama 3 tahun & wakilnya, Peter Rander, yang mempunyai pengalaman mengerjakan proyek mobil otonom di Uber selama 2 tahun. Tentu kerja sama ini memperlihatkan Ford sebagai pesaing utama mobil – mobil otonom dimasa sekarang, seperti Tesla.

Ford Memasuki Persaingan Mobil Otonom “Tesla – Apple – Google – Uber”

Dengan masuknya Ford ke dalam industri mobil tanpa supir ini, membuat persaingan dalam industri ini semakin ketat. Sebut saja perusahaan – perusahaan yang sudah mengembangkan teknologi ini sebelumnya, seperti Apple, Google, dan Uber. Lalu juga ada Tesla yang sudah mengembangkan konsep autopilot di seri – seri produk mobilnya. Sebelumnya, induk perusahaan Ford, General Motors, pernah mengakuisisi perusahaan yang pernah mengembangkan mobil otonom pada tahun lalu yaitu Cruise Automation. Langkah tersebut dapat meyakinkan publik jika Ford memang benar – benar serius meggarap Mobil Tanpa Supir ini. Fitur – fitur ‘autonomously‘ pun sebenarnya sudah tidak asing lagi di mobil keluaran Ford, seperti fitur Park Assist, membuat mobil dapat memarkir dengan sendirinya.

Baca lainnya  Samsung Akan Menjual Note 7 'Refurbished'?

Tahun 2021, Ford Siap Merilis Mobil Autonomous?

Ford Bersiap Kembangan Mobil Tanpa Sopir Dengan Dana $1 Miliar
Source: https://www.extremetech.com/

Dengan target Ford yang pada tahun 2021 nanti sudah siap merilis mobil 100%tanpa supir, membuat banyak pecinta industry di seluruh dunia menunggu hal ini. Karena yang kita tau, Ford selalu menawarkan mobil dengan teknologi – teknologi yang canggih & kaya dengan fitur. Ford Executive Vice President, Raj Nair, mengatakan ‘Ford telah mengembangkan dan mengetes mobil otonom lebih dari 10 tahun‘ seperti yang dilansir website resmi Ford. Tentu langkah – langkah besar seperti mengakuisisi Cruise Automonation & menginvest dengan dana besar ke Argo AI ditambah dengan pengembangan teknologi secara internal mampu mencapai target tersebut pada tahun 2021.

Baca lainnya  5 Trend Pada Teknologi Smartphone 2017

Well, sepertinya industri mobil pada masa depan sangat menarik ya, Spacer! Ditambah lagi, Taksi Terbang Pertama Otomatis Dunia akan diuji coba di Langit Dubai July nanti. Kira – kira, kapan ya mobil autonom akan sepenuhnya masuk ke Indonesia. Semoga saja secepatnya ya! 🙂

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here