Giliran Donkey Kong & Pokemon Masuk ‘Gaming Hall of Fame’

Giliran Donkey Kong & Pokemon Masuk 'Gaming Hall of Fame'
Source Photo: http://www.bbc.com/

Halo Sobat Spacer! Jika mendengar kata dari ‘Hall of Fame‘ sepertinya otomatis langsung terbesit gambaran sebuah tempat yang berisi kumpulan orang – orang ‘legendaris‘. Biasanya memang Hall of Fame ini identik untuk artis – artis ataupun para atlit. Namun, tahukah Spacer? Jika ternyata ada Hall of Fame khusus untuk ‘Game‘? Nah, pada tahun ini, giliran Donkey Kong & Pokemon yang masuk ke dalam ‘Gaming Hall of Fame‘! Penasaran berita lebih lanjutnya? Yuk simak ulasan berikut ini!

Donkey Kong & Pokemon Masuk Ke Dalam World Video Game Hall of Fame

Jika Hall of Fame sepertinya terkenal di kota para artis di Hollywood sana. Untuk Hall of Fame video game ini juga ternyata ada lho! World Video Game Hall of Fame adalah sebuah penghargaan international yang mulai dibuka pada 4 June 2015 lalu. World Video Game Hall of Fame ini terletak di The National Museum of Play’s eGame Revolution Exhibit, New York. Sesuai namanya, game – game yang masuk ke dalam hall of fame ini pastinya game – game yang ‘legendaris’ dan berdampak pada perkembangan industri games.

Baca lainnya  5 Tips & Tricks dalam mengcounter Night Witch

Pada tahun 2016 lalu terdapat enam video games yang masuk ke dalam World Video Game Hall of Fame, yaitu Space Invaders, Sonic the Hedgehog, The Legend of Zelda, The Oregon Trail, Grand Theft Auto III dan The Sims. Dilansir dari BBC, tahun ini video games yang mendapatkan penghargaan ‘Hall of Fame‘ adalah Donkey Kong, Pokemon, Street Fighter II dan Halo: Combat Evolved.

Alasan Mengapa Donkey Kong & Pokemon Masuk ke Dalam World Video Game Hall of Fame

Tentu tidak sembarang ‘game’ yang mendapatkan penghargaan ‘Hall of Fame’ di World Video Game Hall of Fame. Dasarnya, siapapun dapat menominasi games apa saja yang ingin dimasukan ke dalam ‘Hall of Fame’ ini. Namun, pemilihan pada akhirnya akan dilakukan oleh panel dari jurnalis game, akademisi, dan para ahli games. Kriterianya pun tidak sembarangan, harus berdasarkan popularitas, lamanya bertahan, dan pengaruhnya ke permainan, budaya, dan masyarakat.

“Without Donkey Kong there would be no Super Mario Bros,”

Donkey Kong masuk kedalam World Video Game Hall of Fame karena penjualan arcade games-nya yang pada zamannya sangat tinggi & menjadi cikal bakal Mario Bros. Karena tanpa Donkey Kong, tidak akan ada Mario Bros. Seperti yang dikatakan oleh Jon-Paul Dyson, director of The Strong’s International Center for the History of Electronic Games (ICHEG), “Tanpa Donkey Kong maka tidak akan ada Super Mario Bros“. Pokemon pun diberi penghargaan ini karena popularitasnya yang dapat bertahan hingga 2 dekade lamanya.

Baca lainnya  Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Main Life is Strange

Nah, apakah Spacer mempunyai nominasi games lain yang cocok dimasukan ke Hall of Fame Video Games ini? Yuk tulis nominasi games versi kalian di kolom komentar dibawah 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here