Hal – Hal Luar Biasa Yang Bisa Kamu Gunakan Dengan Jaringan 5G Nanti!

Hal - Hal Luar Biasa Yang Bisa Kamu Gunakan Dengan Jaringan 5G Nanti! - 1
Source Photo: https://www.cnet.com

Spacer! Siapa disini yang udah menggunakan jaringan internet 4G sehari – hari? Nah, jika kamu merasa jaringan 4G saja sudah sangat cepat untuk beraktifitas sehari – hari, kamu wajib banget buat nunggu teknologi jaringan internet 5G nanti nih! Dalam Ajang WMC 2017 lalu, sempat disinggung sedikti tentang jaringan 5G. Hasilnya? Jaringan Internet 5G dapat menghasilkan kecepatan 100 kali lipat dari kecepatan Internet pada seluler dan 10 kali lipat dari kecepatan Internet home broadband service! Tetapi, tidak hanya lebih cepat saja, Spacer! Ternyata banyak hal – hal yang luar biasa yang kamu gunakan dengan Jaringan Internet 5G nanti! Apa aja? Yuk simak ulasan berikut ini!

Tidak Hanya Cepat, Ini Dia Hal – Hal Yang Bisa Kamu Gunakan Dengan Jaringan 5G Nanti

1Operasi Medis Jarak Jauh

Source Photo: https://www.cnet.com

Selain sangat cepat, 5G juga memiliki ‘gap‘ yang sangat kecil untuk menerima informasi dari sender ke receiver. Jadi, teknologi 5G ini hampir bisa dikatakan akan tanpa lag alias jeda waktu. Dengan tingkat lag yang sangat kecil tersebut, memungkinkan dokter melakukan operasi ke pasian dengan jarak jauh alias ‘Remote Surgery‘.

Konsep Remote Surgery ini sudah pernah diuji coba oleh sebuah start up bernama Neuro Digital Technologies dan beberapa dokter dari King’s College London dengan pasien dari boneka. Dokter tersebut dilengkapi dengan sebuah Gadget VR & sarung tangan khusus untuk mengontrol alat operasi. Hasilnya, alat operasi tersebut dapat melakukan tindakan operasi ke pasian yang terbuat dari boneka tersebut dari berbeda ruangan. Tentu dengan teknologi 5G nanti, pergerakan antara dokter & alat operasi tersebut akan berjalan sangat mulus tanpa ada jeda waktu.

2Interaksi Sesama ‘Self-driving Car’

Source Photo: http://www.motortrend.com/

Self-driving Car atau mobil tanpa supir ini memang sedang dikembangkan oleh banyak perusahaan seperti Ford, Uber, hingga Google. Dengan teknologi jaringan internet 5G nantinya, diperkirakan sesama mobil autonomous di jalan akan dapat saling berinteraksi. Seperti misalkan mencegah benturan antar sesama mobil tanpa supir di jalan raya hingga dapat terhubung dengan sistem lampu merah di setiap kota. Salah satu hal yang juga bisa dilakukan dengan cepatnya teknologi jaringan 5G ini, memungkinkan kedepannya mobil tanpa supir akan terkoneksi dengan kamera cctv di setiap kota secara real time. Jadi, jika ada kejadian ditengah jalan, maka dapat dilihat rekamannya dari berbagai angle atau sudut kamera.

3Pengambilan Video HD dari Drone

Source Photo: http://geekongadgets.com/

Dengan teknologi 5G yang super cepat ini, memungkinkan pengontrolan drone atau sesuatu yang dikontrol jarak jauh lebih responsive dan cepat. Lalu, juga dapat membantu para perusahaan hingga pemerintahan untuk lebih memaksimalkan fitur dari Drone seperti pengambilan video HD tanpa lag. Perusahaan seperti perusahaan minyak dapat menjaga kilangnya secara remote jarak jauh dan pemerintah pun bisa menjaga wilayah perairan atau daratnya dengan video HD secara real time.

4Video Conference Dengan Kualitas HD Tanpa Lag !

Source Photo: https://highfive.com/

Ada yg sering melakukan video conference menggunakan layanan video call seperti Skype? Jika menggunakan 4G masih sering mengalami lag dengan kualitas video HD, nantinya dengan 5G kamu bisa ngucapin ‘Good Bye to Lag!‘ hehe. Karena pastinya kamu bisa video conference HD dengan teman – teman kamu dibelahan dunia manapun tanpa terganggu lag! Seru ya?

5Download Film HD Hanya 15 Detik!

Source Photo: http://www.silicon.fr/

Satu lagi manfaat dari teknololgi 5G ini adalah kalian dapat mendownload file yang sangat besar dengan cepat! Sebut saja jika kamu ingin mendownload film kualitas HD. Jika dengan kecepatan internet 4G sekitar 6 Menit, dengan teknologi 5G nantinya bisa dilakukan hanya dengan hitungan 15 Detik saja! Download sepuasnya dengan hitungan detik deh menggunakan 5G nanti!

Jadi, Jaringan teknologi 5G tidak hanya soal kecepatanya saja. Tetapi juga manfaat dari 5G nanti yang bisa digunakan dalam berbagai bidang dan membantu inovasi – inovasi teknologi di masa depan. Udah gak sabar ya dengan teknologi 5G nanti? Rencananya, teknologi jaringan internet 5G akan diperkenalkan di Jepang saat Summer Olympics pada tahun 2020 nanti. Jadi, sabar yah.. Spacer!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here