Helikopter Buatan Facebook Untuk Menyebarkan Sinyal Internet

Helikopter Buatan Facebook Untuk Menyebarkan Sinyal Internet
Source Photo: pcmag.com/

Halo Sobat Spacer! Siapa sih yang gak tau tentang perusahaan Internet sekaligus media sosial terbesar saat ini? Yup, Facebook! Ternyata, Facebook tidak membuat layanan media sosial saja lho, namun, Facebook juga mengekspansi ke industri bisnis lainnya. Salah satunya baru – baru ini adalah Facebook membuat sebuah Helikopter. Kira- kira seperti apa helikopter buatan Facebook Tersebut? Dan berfungsi untuk apa? Penasaran? Yuk simak berita satu ini!

Helikopter Buatan Facebook “Tether-tenna”: Berfungsi Menyebarkan Sinyal Internet

Mungkin jika Facebook membuat sebuah layanan digital mungkin lebih masuk akal. Tetapi bagaimana jika Facebook membuat sebuah Helikopter? Yup, helikopter. Mungkin Spacer sedikit bingung, apakah helikopter buat Facebook tersebut untuk mengangkut penumpang seperti helikopter umumnya? Jawabannya tentu tidak! Facebook membuat sebuah helikopter kecil yang bernama ‘Tether-tenna‘.

Baca lainnya  Facebook Resmi Luncurkan Fitur Baru, Yaitu Facebook Stories

Seperti yang dilansir dari The Verge, Tether-tenna adalah sebuah helikopter kecil buatan Facebook yang berfungsi untuk menyebarkan sinyal Internet saat kondisi darurat. Ukuran helikopter ini seperti ukutan mobil Volkswagen BeetleLho emang kenapa saat kondisi darurat malah dipancarkan sinyal Internet? Pernahkah Spacer membayangkan jika suatu daerah terkena bencana yang ekstreme sampai merusakan sarana & fasilitas komunikasi? Seperti misalkan tower atau BTS sekitar? Jika itu terjadi, telekomunikasi bahkan jaringan Internet bisa saja tidak dapat digunakan.

Helikopter Buatan Facebook Untuk Menyebarkan Sinyal Internet
Source Photo: pcmag.com/

“If the fiber line is still good to a certain point, we can make a virtual tower by flying a Tether-tenna a few hundred feet from the ground.” – Yael Maguire

Jika keadaan seperti itu terjadi disuatu wilayah, Helikopter ‘Tether-tenna‘ Facebook ini yang akan membantu untuk memancarkan sinyal Internet pada wilayah bencana tersebut selama kabel optik fiber diwilayah tersebut masih bekerja. Seperti yang ditulis oleh Yael Maguire dalam postnya, “Jika jaringan fiber masih dalam keadaan bagus, kami dapat membuat tower buatan dengan menerbangkan Tether-tenna beberapa ratus kaki dari tanah“.

Baca lainnya  Anak Berusia 14 Tahun Ini Berhasil Ciptakan ChatBotnya Sendiri!

Tether-tenna Dapat Beroperasi Selama 24 Jam Penuh

Setelah menjadi tower buatan untuk menyebarkan sinyal Internet dari kabel optik yang masih berfungsi, Tether-tenna sekarang ini disebut – sebut sanggup untuk terbang hingga 24 jam. Walaupun pihak Facebook kedepannya mentargetkan Tether-tenna ini dapat terbang selama 30 hari. Tetapi masih banyak hal yang perlu dipecahkan terlebih dahulu, seperti harus menghadapi angin yang kuat & petir.

Tether-tenna : Mendukung Visi Misi Facebook Untuk Menyediakan Internet di Seluruh Penjuru Dunia

Selain membantu dalam isu kemanusiaan dalam bencana, ide & konsep untuk memancarkan sinyal Internet dari helikopter Tether-tenna ini juga sejalan dengan strategi Facebook yang menginginkan penggunaan Internet di seluruh penjuru dunia. Sebelumnya, Facebook juga menciptakan Aquila, sebuah drone dengan tenaga solar yang dapat menyebarkan sinyal Internet.

Baca lainnya  Sst.. Ini Rahasia Pernikahan Mark Zuckerberg

Nah, bagaimana tanggapan Spacer? Apakah langkah Facebook menciptkan Helikopter ‘Tether-tenna’ ini sudah benar untuk membantu misi kemanusiaan? Yuk Tulis komentar kalian di kolom komentar dibawah 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here