‘Hutan Vertikal’, Cara Baru China Memerangi Polusi Udara.

'Hutan Vertikal', Cara Baru China Memerangi Polusi Udara - towers_
Source: http://metro.co.uk

Polusi udara menjadi salah satu musuh utama bagi setiap negara, terutama di kota – kota besar & kota industri di setiap negara. Polusi udara menjadi salah satu isu nomor satu yang harus diatasi secara global. Polusi udara juga menyumbang kerugian yang besar karena efeknya yang dapat merusak kesehatan manusia, merusak lingkungan dalam jangka panjang, hingga menganggu aktifitas masyarakat sehari – hari.

Salah satu negara yang mempunyai pencemaran udara yang sangat buruk, China, mempunyai cara baru untuk memerangi isu polusi udara ini. Di salah satu kotanya yang memiliki tingkat polusi buruk, Nanjing, dalam waktu dekat akan memiliki Vertical Forest atau Hutan Vertikal yang disebut sebagai langkah untuk memerangi polusi udara di kota tersebut.

Nanjing, Kota Yang Sempat Berubah Menjadi ‘Pink‘ Akibat Polusi Udara Yang Buruk

'Hutan Vertikal', Cara Baru China Memerangi Polusi Udara - Nanjing_
Source: http://www.dailymail.co.uk

Nanjing, salah satu kota di China ini sempat membuat geger masyarakat global. Karena pada tahun 2015 lalu, kota ini sempat mendadak berubah menjadi merah muda karena polusi udara yang sangat buruk. Indeks Kualitas Udara di kota tersebut menyentuh angka 221. Yang menandakan kesehatan udara di kota tersebut berada di level ‘extreme‘ alias sangat sangat buruk. Badan Kesehatan Dunia (WHO) pun mengomentari kejadian ini dan menyatakan kota ini memiliki tingkat polusi 10x lebih tinggi dari standar udara normal.

Baca lainnya  Ini Dia Kereta Api Tanpa Rel Kereta di Zhuzhou, China!

Vertical Forest atau Hutan Vertikal, Usaha China Untuk Memerangi Polusi Udara!

'Hutan Vertikal', Cara Baru China Memerangi Polusi Udara - featured_
Source: http://www.designboom.com

Hutan Vertical atau Vertical Forest mempunyai konsep sebuah bangunan tinggi yang ditanami oleh banyak sekali tumbuhan baik di dinding gedung maupun disekitar gedung. Konsep ini sangat inovatif untuk kota yang sudah tidak memiliki lahan kosong untuk ditanami tanaman. Konsep Hutan Vertikal ini sebetulnya sudah pernah diterapkan di Milan, Italia, pada tahun 2014 lalu. Tetapi, Konsep Hutan Vertikal ini akan menjadi yang pertama di Asia dan tentu dengan pengembangan yang lebih baik dari konsep sebelumnya.

Baca lainnya  Fakta-Fakta Penting Yang Perlu Diketahui Para Investor Apple Mengenai App Store (Part 2)

Dapat Menyerap Hingga 25 Ton Karbon Dioksida Setiap Tahunnya!

Hutan Vertikal ini nanti akan diberi nama yaitu Nanjing Green Towers (NGT). Dirangkum dari YourStory & Metro UK, Gedung ini akan mempunyai 2 tower. 1 tower akan mempunyai tinggi sekitar 200 meter dan tower satunya akan mempunyai tinggi 180 meter. NGT akan┬áterdapat 600 Pohon Tinggi, 500 Pohon Sedang, dan 2500 Pohon Kecil dan Semak – semak. Dengan pohon sebanyak itu, diperkirakan NGT dapat menyerap hingga 25 ton karbon dioksida setiap tahunnya dan akan menghasilkan 60 kg oksigen setiap harinya. Diperkirakan proyek ini akan selesai pada tahun 2018.

Baca lainnya  Yuk Mengintip Gigafactory Tesla, Pabrik Raksasa Dengan Luas 126 Acre!

Terdapat Fasilitas Mewah Lainnya, lho!

'Hutan Vertikal', Cara Baru China Memerangi Polusi Udara - towers_
Source: http://metro.co.uk

Nanjing Green Towers nanti juga tidak hanya sekedar bangunan yang dikelilingi oleh tanaman – tanaman saja. Tetapi, akan ada fasilitas – fasilitas mewah lainnya lho! Pada tower yang memiliki tinggi 200 meter, akan dijadikan Main Tower. Dimana akan ada perkantoran, museum, sekolah arsitektur, dan private club. Tower satunya lagi akan terdapat pusat perbelanjaan, restaurant, hingga Hotel Hyatt yang mempunyai kolam renang diatas Tower. Keren banget, ya?

Tentu dimasa depan, konsep Vertical Forest ini kan menjadi konsep futuristik yang dapat diterapkan di kota – kota besar yang sangat padat lahan & penduduknya. Kira- kira, kapan ya konsep ini diterapkan di Indonesia? Apakah kalian setuju dengan konsep Hutan Vertikal ini? Apa kalian ada konsep Go Green lainnya? Tulis jawaban kalian di Kolom Komentar ya guys! ­čÖé

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here