Ini Alasan Mengapa Bintang Tidak Terlihat pada Foto Astronot di Luar Angkasa

Ini Alasan Mengapa Bintang Tidak Terlihat pada Foto Astronot di Luar Angkasa-
Source: https://en.wikipedia.org

Spacer! Pasti dari sekian banyak Spacer sering mengamati indahnya bintang – bintang yang bertebaran pada malam hari. Tapi jika Spacer perhatikan pada foto – foto astronot sewaktu di luar angkasa, terlihat tidak ada bintang bukan? Apakah ada Spacer yang sadar dengan hal tersebut? Atau Spacer juga sadar tetapi belum tau alasan ilmiahnya? Nah jangan khawatir, ini dia alasan mengapa bintang tidak terlihat pada foto astronot di luar angkasa!

Foto Bintang Tidak Terlihat, Bukan Berarti Hoax!

Ini Alasan Mengapa Bintang Tidak Terlihat pada Foto Astronot di Luar Angkasa-
Source: https://en.wikipedia.org

Foto – foto yang beredar di internet, baik berupa foto astronot yang sedang berjalan di International Space Station (ISS) atau foto bumi dari luar angkasa. Sering tidak terlihat bintang – bintang di dalam foto tersebut alias gelap atau hitam total. Seakan – akan, tidak ada bintang yang terlihat sama sekali. Kok bisa ya? Padahal dari bumi, bintang – bintang sangat jelas terlihat bertebaran dimana – mana.

Mungkin jika sebagian orang yang sangat percaya konspirasi, bisa jadi foto – foto astronot tersebut adalah Hoax. Eits, tapi tenang dulu. Foto – foto astronot yang sedang berada diluar angkasa tersebut tidaklah hoax sama sekali kok! Ada 2 Alasan mengapa bintang tidak terlihat pada foto – foto astronot atau bumi di luar angkasa.

Baca lainnya  Pesawat Ulang-Alik NASA, Juno, Akan Tetap Mengitari Orbit Jupiter Sampai Akhir Misi

Cahaya Dari Bintang – Bintang Tersebut ‘lemah’ & Mudah Terdistorsi

Ini Alasan Mengapa Bintang Tidak Terlihat pada Foto Astronot di Luar Angkasa 4-
Source: http://www.abovetopsecret.com

Ini adalah alasan yang paling mendasar dari hal ini. Sebenernya, cahaya yang berasal dari bintang – bintang tersebut berasal dari bintang yang letaknya sangat jauh dari bumi, lho! Bahkan jaraknya bisa jutaan hingga puluhan tahun cahaya! Wah jauh banget kan? Bahkan bintang terdekat dengan bumi selain matahari adalah ‘Proxima Centauri‘ yang berjarak.. 4.243 tahun cahaya alias jika Spacer pergi ke bintang tersebut dengan kecepatan cahaya (300.000km/jam), maka dibutuhkan 4.243 tahun perjalanan! Oleh karena jarak bintang – bintang yang sangat jauh tersebut, kekuatan cahaya bintang tersebut sangat ‘lemah‘.

Baca lainnya  Selain Neil Armstrong, Astronot - Astronot Ini Pernah Mendarat di Bulan Juga!

Karena kekuatan cahaya yang dihasilkan lemah, maka cahaya yang dihasilkan bintang – bintang diluar angkasa tersebut sangat mudah terdistorsi alias terganggu dengan objek foto yang lebih terang. Hal ini bisa dibuktikan jika Spacer melihat angkasa pada malam hari saat cahaya bulan terlihat sangat cerah & saat cahaya bulan tertutup oleh awan. Maka tentu, Spacer dapat melihat lebih banyak bintang pada saat bulan tertutup oleh awan. Pada saat cahaya bulan sangat cerah, cahaya dari bulan mengalahkan cahaya lemah yang dihasilkan oleh bintang – bintang tersebut.

Ini Alasan Mengapa Bintang Tidak Terlihat pada Foto Astronot di Luar Angkasa 5-
Source: https://lightsinthedark.com

Nah seperti halnya foto – foto astronot diluar angkasa, jika lebih diperhatikan, pantulan cahaya yang berasal dari terangnya bumi dan juga menerangi astronot itu sendiri yang membuat objek bintang – bintang disekelilingnya tidak terlihat. Hal ini juga yang menyebabkan foto saat Neil Armstrong mendarat di bulan, terlihat tidak ada bintang disekelilingnya. Karena cahaya dari matahari yang dipantulkan ke permukaan bulan, Modul Apollo & Astronot itu sendiri mengalahkan fokus objek cahaya bintang – bintang sekelilingnya. Otomatis, cahaya – cahaya bintang tersebut tidak dapat terlihat alias menjadi gelap.

Baca lainnya  Keren Banget, Gedung Milik NASA Ini Memiliki Cuaca Sendiri!

Lalu Bagaimana Cara Mendapatkan Foto Bintang Dari Luar Angkasa?

Mungkin Spacer jadi banyak yang bertanya, apakah bisa mendapatkan foto bintang dari luar angkasa? Jawabannya adalah.. tentu bisa kok! Caranya adalah mengambil foto dengan settingan exposure yang cukup & tepat. Yang membuat cahaya terang yang terpantul dari permukaan bumi ‘dikurangkan’.  Cahaya yang dihasilkan oleh bintang – bintang juga sangatlah kecil, lemah, & mudah terdistorsi, shutter pada kamera harus dibiarkan terbuka agar mendapatkan cukup banyak foton tertangkap oleh kamera. Ini adalah salah satu foto dari Stasiun Luar Angkasa (ISS) oleh Astronot Amerika, Terry Virts, dengan shutter exposure yang tepat.

Ini Alasan Mengapa Bintang Tidak Terlihat pada Foto Astronot di Luar Angkasa 3-
source: https://www.quora.com
Ini Alasan Mengapa Bintang Tidak Terlihat pada Foto Astronot di Luar Angkasa 2-
Source: https://www.quora.com

 

Bagaimana Spacer? Jadi sekarang sudah tau kan alasan kenapa di foto – foto astornot luar angkasa bintang tidak terlihat? Yuk share artikel ini untuk memberikan wawasan ke orang lain! 🙂

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here