Ini Dia Shuttle Bus Tanpa Supir / Autonomous di Kota London, Inggris!

Ini Dia Shuttle Bus Tanpa Supir Autonomus di Kota London Inggris
Source Photo: https://www.autocar.co.uk/

Halo Sobat Spacer! Mungkin jika Spacer mengikuti perkembangan trend teknologi sekarang – sekarang ini, sepertinya banyak sekali bermunculan tentang teknologi kendaraan tanpa supir alias Autonomous. Seperti misalnya Taksi Terbang Otomatis, Mobil Terbang Autonomous Airbus, hingga Robot Pengantar Makanan Otomatis di San Francisco. Tapi pertanyaannya, bagaimana jika ada transportasi massal yang dikendarai tanpa manusia? Nah di Inggris akan dimulai uji coba Shuttle Bis Tanpa Supir alias Shuttle Bus Autonomous! Penasaran seperti apa? Yuk ikutin berita berikut ini!

Shuttle Bus Otomatis Tanpa Supir / Autonomous di London, Inggris

Seiring perkembangan zaman dan teknologi, sepertinya membuat manusia memiliki mobilitas yang lebih tinggi. Otomatis, hal ini juga mempengaruhi dengan meningkatnya tingkat pengguna kendaraan di Jalan Raya yang akhirnya membuat jalanan semakin macet. Tidak hanya di Jakarta atau kota – kota besar di Indonesia lainnya, ternyata Kota London pun juga mengalami kemacetan. Hal ini bisa – bisa membuat pengguna transportasi, terutama supir bisa mengalami stress akibat macet. Oleh karena itu, pemerintah setiap negara sedang ‘berlomba’ untuk membangun transportasi publik yang dapat mengurangi kemacetan.

Baca lainnya  Film Lawas A Clockwork Orange Ternyata Pernah Di-"Banned" Di Inggris Lho! Kira-Kira Kenapa Ya?

Tapi, bagaimana jika Spacer membayangkan akan ada transportasi publik yang lebih ramah lingkungan, mengurangi polusi suara, dan.. dapat berjalan otomatis tanpa supir? Nah, dilansir dari Cnet, United Kingdom Transport Research Laboratory (TRL) telah berhasil menguji coba shuttle otomatis di Greenwich. Prototype Bus Shuttle tanpa supir ini dapat membawa penumpang hingga 2 km.

Shuttle Bus Autonomous ini dilengkapi oleh sebuah sensor dan teknologi otomatis yang dapat menghindari banyak halangan. Seperti dapat menghindari benda – benda di sekitarnya seperti kendaraan lainnya. Lalu bus shuttle otomatis tanpa supir ini juga menjanjikan udara yang lebih bersih, mengurangi polusi suara (kebisingan), dan akan lebih aman bagi para pengguna kendaraan lainnya dan untuk pejalan kaki.

Yang Membedakan Bus Tanpa Supir Dengan Mobil Tanpa Supir

Sebelumnya, konsep mobil otomatis sudah banyak dikembangkan oleh perusahaan teknologi, seperti Google. Namun, apa yang membedakan keduanya? Kan sama – sama tanpa supir? Apakah hanya bentuknya saja?

“There’s a philosophical difference between Google’s two-passenger cars and putting lots of people on a single bus”

Hal ini dijawab oleh Professor Nick Reed, pemimpin dari proyek Gateaway mengatakan “Ada perbedaan filosofi antara mobil 2 penumpang buatan Google dan menaruh banyak orang dalam satu buah bus“. Ia juga menambahkan jika mobilitas dalam kota akan berkembang jika menggunakan satu kendaraan lebih besar yang dapat memindahkan lebih banyak orang dalam satu waktu.

Baca lainnya  Ford Bersiap Kembangan Mobil Tanpa Sopir Dengan Dana $1 Miliar?

Sebetulnya, shuttle bus tanpa supir di kota London, Inggris ini bukanlah bis autonomous pertama di dunia. Sebelumnya telah dikembangkan bis tanpa supir di Kota Las Vegas, Kota Columbus dan Finlandia.

Nah, bagaimana tanggapan Spacer tentang Bus Autonomous Tanpa Supir di Kota London, Inggris ini? Kira – kira, kapan ya kota – kota di Jakarta mulai menggunakan Bis Tanpa Supir ini? Yuk tulis komentar Spacer di kolom komentar dibawah 🙂

Baca lainnya  Robot Pengantar Makanan Tanpa Supir di Jalanan San Francisco

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here