Jersey – Jersey Sepakbola Ini Berkonsep Canggih & Unik Lho!

Jersey - Jersey Sepakbola Ini Berkonsep Canggih & Unik Lho - 1
Source Photo: http://edition.cnn.com

Spacer! Disini ada yang suka dengan olahraga sepak bola? Atau kalian juga senang bermain sepak bola? Nah, salah satu hal terpenting dalam sejarah olahraga sepakbola adalah Kostum atau Jersey Sepak Bola. Jersey Sepakbola telah mengalami beragam inovasi dan evolusi dari dulu hingga sekarang. Mulai dulu yang hanya berbahan cotton sekarang menjadi berbahan Polyester & Spandex atau dikenal sebagai Dri-fit yang mempunyai bahan yang cepat mengeringkan keringat & lebih ringan. Tetapi ternyata, perkembangan jersey sepak bola juga mempunyai konsep yang canggih & unik. Wah seperti apa ya konsep canggih & unik tersebut? Simak yuk!

1Jersey Sepak Bola Dari Limbah Lautan

Source Photo: Twitter @XabiAlonso

Jika sejauh ini kita mengenal Pakaian Sepakbola terbuat dari serat pakaian, ternyata ada juga jersey sepak bola yang berasal dari limbah lautan. Jersey ini adalah hasil kerja sama antara Adidas dengan Parley for the Oceans, sebuah organisasi yang fokus untuk kesadaran kerusakan lingkungan di laut. Jersey ini dibuat menggunakan dari kumpulan limbah plastik yang terkumpul di perairan Maldives oleh Parley for the Oceans.

“It’s an honor to go on this journey with Adidas and to have the opportunity to wear the adidas x Parley kit on-pitch for the first time,” – Xabi Alonso

Dikutip dari CNN, Xabi Alonso, pemain dari Bayern Munich yang memakai jersey ini untuk satu pertandingan sewaktu melawan Hoffeinheim mengatakan “Ini sebuah kehormatan untuk bersama dengan Adidas dan mempunyai kesempatan untuk menggunakan sepasang Adidas x Parley ke lapangan untuk pertama kalinya“. Jersey Sepak Bola dari Adidas x Parley ini juga digunakan oleh Marcelo, pemain bertahan dari Real Madrid saat melawan Sporting Gijon pada November 2016.

Baca lainnya  5 Pemain Bulutangkis Tunggal Putra Paling Populer di Era Modern (Part 1)

2AiQ Smart Clothing

Diambil dari Weareable-Technologies, AiQ Smart Clothing ini mempunyai konsep jersey yang menggabungkan antara fungsional & teknologi pada fashion. Jersey ini terbuat dari intelligence fiber dan teknologi nano yang dapat memasukkan sebuah tracking yang kecil tidak terlihat ke Jersey tersebut. Tracking tersebut nantinya dapat memberikan data yang berhubungan dengan atlit / pemakai tersebut. Jersey ini nantinya akan menawarkan beragam data yang dapat dianalisis oleh staff tim sepak bola mengenai kondisi si pemain tersebut. Jersey yang sangat futuristik ini cocok untuk program pengontrolan berat badan pemain, latihan rutin, dan memonitor kesehatan pemain.

Baca lainnya  Rekor Baru Roman Abramovich di Chelsea Usai Juarai Liga Inggris 2016/2017!

Lihat video berikut bagaimana AiQ Smart Clothing dapat merevolusi konsep jersey sepak bola:

 

3Jersey Yang Terintegrasi Dengan GPS

Source Photo: http://www.ozy.com

Penggunaan Jersey diharapkan dapat membantu dan sebagai dasar pelatih untuk menerapkan strategi permainan sepak bola, seperti mengganti pemain yang kurang efektif di lapangan. Nah, sekarang ada jersey sepak bola yang mempunyai konsep memasang sebuah GPS yang dapat menghasilkan data yang berguna untuk pelatih ataupun staff tim sepak bola nantinya. Seperti yang dikutip dari Ozy, GPS tersebut berguna untuk mengetahui apakah pemain tersebut sudah cukup efektif bermain diatas lapangan. Jersey Sepakbola dengan GPS ini sudah pernah dipakai oleh salah satu pemain di Major League Soccer, Michael Bradley.

Jersey Sepakbola yang terintegrasi dengan sebetulnya sudah terkonsep 10 tahun lalu yang saat itu pasar untuk “wearable computing systems” masih sangat kecil. Diprediksi, teknologi ini akan populer pada tahun 2025 mendatang.

Baca lainnya  Kenangan Wayne Rooney di Manchester United: Apa Favorit Kalian?

Wah ternyata jersey – jersey diatas sangat unik & canggih ya, Spacer? Jersey mana yang paling unik & canggih versi kalian? Yuk share jawaban kalian di kolom komentar dibawah ya! 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here