Kalau Kalian Tidak Ingin “Ribut” Dengan Orang Lain, Jangan Pakai Gerakan Tangan Ini Di Luar Negeri!

Sobat SPACERS, komunikasi non-verbal memang jadi sesuatu yang vital ketika kita sedang mendiskusikan cara mahkluk hidup berkomunikasi, khususnya manusia. Hal ini karena gerakan tubuh sebenarnya memiliki daya interpretasi yang lebih kuat dibandingkan dengan komunikasi verbal. Selain itu, dengan menggunakan komunikasi non-verbal, seperti gerakan tubuh, gerakan tangan, dan sebagainya, kita dapat berkomunikasi dengan semua orang, terutama mereka yang difabel.

Nah, tapi sebenarnya bahasa tubuh tidak memiliki sifat yang universal. Artinya, interpretasi setiap negara terhadap 1 bahasa tubuh mungkin bisa berbeda. Nah, untuk itu, kita perlu tahu gerakan tubuh apa saja yang punya definisi jelek di beberapa negara.

Nah, tanpa berlama-lama lagi, yuk kita simak pembahasannya berikut ini.

Forearm Jerk

Sumber : Robin Esrock

Nah, mungkin gerakan tubuh yang satu ini masih asing di telinga kalian. Tapi, kalau kalian tahu ini gerakan apa, maka kalian (terutama pecinta sepak bola) akan berpikir kalau gerakan ini sudah biasa kalian lihat. Gerakan ini memang umum digunakan oleh para pemain sepak bola sehabis mereka mencetak gol. Gerakan ini sendiri dilakukan dengan cara membuat gerakan tinju ke udara dengan tangan kanan kita, diikuti dengan membuat gerakan menyentuh lengn kita dengan tangan kiri. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa lihat gambar di bawah ini.

Baca lainnya  Ternyata, "Thumbs Up" Punya Arti Buruk Lho di Australia!

Nah, kalian pasti kaget kalau tahu bahwa di negara-negara eropa dan di Brazil, gerakan ini punya konotasi negatif. Bagi orang di negara tersebut, geraan Forearm Jerk dianalogikan dengan mengataan “Talk to my Hand” kepada seseorang. Sehingga, mereka akan merasa terhina apabila kita melakukan gerakan Forearm Jerk ke arah mereka. Seorang pemain bola pun bahkan pernah sampai diganjar kartu merah gara-gara melakukan gerakan ini.

Baca lainnya  Ketika Kalian Berkunjung Ke Luar Negeri, Perhatikan Simbol Tangan Ini Agar Kalian Tidak Di-Deportasi!

The Cutis

Sumber : Unilad

Ketika mendengar nama ini, kalian pasti berpikir kalau gerakan ini merupakan gerakan yang lucu bukan? Tapi, jangan salah. Memang namanya The Cutis (mirip The Cutie). Namun, jangan sekali-sekali kalian tunjukkan gerakan ini di depan orang-orang di Pakistan dan India. Gerakan ini sendiri kurang lebih mirip dengan gerakan mengigit jempol tangan dengan gigi depan. Memang terlihat biasa. Tapi, bagi orang yang tinggal di negara Pakistan dan India, gerakan ini dianggap sebagai gerakan yang melecehkan mereka. Maka, jangan sekali-sekali ya kalian melakukan gerakan ini kalau tidak mau “Ribut” dengan orang di negara-negara diatas.

Baca lainnya  Bahasa Tubuh Ini Ternyata Punya Arti Yang Beda Di Setiap Negara

The Moutza

Sumber : Made Man

Dari namanya, kalian pasti berpikir kalau gerakan ini memiliki suatu hubungan dengan mulut, bukan? Tapi, sebenarnya gerakan ini tidak ada hubungannya dengan mulut. Bahkan, gerakan ini sebenarnya cukup sering kita lakukan apabila kita ingin berkata “Berhenti” pada seseorang. Gerakan ini dilakukan dengan membentangkan jari-jari kita dan mendorong seluruh telapak tangan kita ke arah lawan bicara kita. Gerakan yang biasa, bukan?

Tapi, di negara-negara seperti Yunani, Timur Tengah, Mexico, atau Afrika, kalian bisa kena masalah yang besar kalau kalian berani melakukan hal ini. Karena di negara-negara diatas, gerakan The Moutza dianggap sebagai suatu bentuk pelecehan terhadap seseorang. Sehingga, kalian harus hati-hati ya dalam menggunakan gerakan ini kalau kalian berkujung ke negara-negara diatas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here