Kamu Sudah Tau 10 Secret Hack Excel Berikut Ini?

Sumber : Westchester tech

Suka kesel dan bingung nih, bikin Excel kok ribet banget sih! Mana tugas dikumpul besok lagi! Tenang, Spasikamu merangkum 10 tips dan secret hack dalam Microsoft Excel nih.

1Membuat garis diagonal

Terkadang, Spacer membutuhkan kolom dengan garis diagonal untuk data-data tertentu. Cara mebuatnya adalah dengan menyorot cell yang akan digunakan. Lalu, cari icon borders pada Home. Kemudian klik panah ke bawah dan pilih More Borders.

2Memberi nomor

Untuk menomori cell yang Spacer buat, kalian tidak perlu menulis nomornya satu persatu. Yang kalian butuhkan hanyalah menomori mengetik angka 1 pada cell yang diinginkan. Kemudian, ketik angka 2 pada cell dibawhnya. Setelah itu, sorot cell 1 dan dua. Arahkan kursor ke pojok kanan bawah pada cell nomor dua. Saat lambing + muncul, sorot dengan kursor dan drag ke bawah lalu lepaskan. Nomor akan otomatis muncul.

Baca lainnya  Begini Respon Sang Anak yang Ayahnya Ingin Dikubur dengan Tradisi Viking

3Menyisipkan banyak kolom atau baris

Sumber : Udemy

Selama ini, mungkin kalian tahu cara menyisipkan sebauh kolom atau baris pada lembar Excel anda. Namun, jika anda ingin menyisipkan banyak kolom atau baris, tentu akan memakan banyak waktu jika dilkukan satu persatu. Untuk menyingkat waktu, sorot sejumlah cells yang akan disisipkan bada kolom yang sama. Kemudian klik kanan dan pilih Insert. Setelah itu pilih opsi yang diinginkan.

4Memindahkan data dari kolom satu ke lainnya

Jika kalian ingin memidahkannya ke kolom lain, sorot cells yang ingin dipindah. Saat muncul tanda plus dengan ujung anak panah muncul, klik mouse dan seret ke cells yang diinginkan.

5Mongosongkan cells

Jika Spacer ingin membuat laporan baru dengan tabel dan formula yang sama, maka kalian perlu mengosongkan laporan lama terlebih dahulu. Untuk menghapus data, sorot cells yang akan dihapus lalu klik kanan. Pilih menu Clear Contents dan klik. Jangan lupa untuk men-save as file tersebut dengan nama baru agar file lama tidak hilang ya.

Baca lainnya  Sony & Microsoft Akan Melakukan Crossover?

6Gunakan auto sum

Jika Spacer belum hafal rumus Excel, kalian dapat menggunakan Auto Sum pada menu Formula untuk beberapa operasi hitung, misalnya menjumlahkan dan membuat rata-rata. Sorot angka yang akan dijumlahkan dan klik Auto Sum.

7Mengubah tampilan data dari vertical ke horizontal

Sumber : Datawatch

Jika ingin mengubah tampilan data kalian dari vertical ke horizontal dan sebaliknya, sorot semua cells yang akan diubah tampilannya lalu klik Copy. Setelah itu, sorotkan kursor pada cells baru kemudian klik kanan. Pilih icon paste dengan gambar cells diputar.

8Membuat rumus simple

Jika operasi hitung anda tidak tercantum pada auto sum, maka kalian harus membuat rumus sendiri. Untuk membuatnya sorot cell yang diinginkan dan ketik =(. Setelah itu, tulis kan nama cell dan opersi hitung yang dinginkan, missal B1+B2-B3. Kemudian akhiri dengan tanda ).

Baca lainnya  Deretan Artis Ini Sudah Kaya Raya Sejak Lahir

9Menyorot semua cells

Untuk menyorot semua cells, kalian dapat menggunakan tanda panah di sudut kiri atas (sebelah cell A). Alternative lainnya adalah dengan Ctrl+a.

10Mewarnai cell dan data

Untuk memperjelas tampilan data kalian, menu kalian harus meng-highlight data dengan warna tertentu. Untuk mewarnai cell, gunakan icon cat tumpah pada Home. Untuk membuat tulisan atau angka warna-warni, gunakan icon yang ada di sebelah kanan icon cat tumpah.

Dengan trik-trik teresbut, Spacer dapat membuat data yang menarik dengan cepat loh. Wah! Jadi lebih mudah kan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here