Keren! AI Buatan IBM Yang Bisa Bantu Perawat di Rumah Sakit!

AI Buatan IBM Yang Bisa Bantu Perawat di Rumah Sakit
Source Photo: http://mobilemarketingmagazine.com/i

Halo Sobat Spacer! Artificial Intelligence (AI) alias kecerdasan buatan ternyata tidak hanya dapat memenangi catur GO melawan manusia dan disematkan pada gadget seperti Speaker Line saja lho! Namun, dilansir dari Futurism, IBM telah membuat AI bernama Watson yang dapat membantu staff / perawat di Rumah Sakit. Hmm.. Penasaran apa saja yang bisa dilakukan oleh AI Watson yang diciptakan IBM di Rumah Sakit? Simak berita berikut ini yuk!

Watson, Artificial Intelligence (AI) Buatan IBM Yang Dapat Membantu Staf / Perawat di Rumah Sakit

Apakah kalian pernah melihat atau mengalami sendiri jika ada perawat di Rumah Sakit yang terlalu sibuk dengan aktifitasnya? Memang aktifitas perawat di Rumah Sakit sangatlah banyak & tergolong berat. Menurut Bret Greenstein, Vice President of Internet of Things (IoT) Watson, para staf rumah sakit menghabiskan waktu sekitar 10% dari jam kerjanya hanya untuk menjawab pertanyaan dasar pasien seperti waktu makan siang & jam kunjung jenguk. Tentu hal tersebut dirasa sangat merugikan pasien, karena perawat rumah sakit dapat menggunakan waktu tersebut untuk merawat pasien.

Baca lainnya  Perkenalkan Shimon, Robot Pencipta Berbagai Genre Musik Berbasis AI

Bahkan beberapa hal yang sebetulnya tidak harus membutuhkan perawat seperti mengatur suhu ruangan dan membuka / menutup tirai jendela faktanya perawat lah yang melakukannya. Dari sini lah jika hal – hal ringan & simple tersebut dilakukan oleh sebuah kecerdasan buatan (AI), maka pekerjaan perawat rumah sakit akan menjadi lebih fokus hanya menangani & merawat pasien saja. Nah kehadiran Watson, sang AI Buatan IBM ini diyakini dapat membantu staf / perawat di Rumah Sakit.

Baca lainnya  Robot Ini Siap Membantu Para Turis di Incheon Airport, Korea Selatan.

Cara Kerja Watson

Seperti cara kerja Artificial Intelligence pada umumnya, cara memulai untuk menggunakan Watson juga kurang lebih sama yaitu menggunakan Voice Command. Jika untuk menggunakan AI Buatan Google dimulai dengan mengatakan ‘Ok Google’, maka untuk menggunakan Watson pasien dapat mengatakan ‘Watson’. Maka Watson akan otomatis aktif dan melakukan beberapa hal yang untuk pasien.

Yang Dapat Dilakukan Watson

Watson ini dapat melakukan hal – hal yang seharusnya tidak perlu dilakukan oleh para staff perawat rumah sakit. Seperti misalkan untuk mengatur cahaya dalam kamar, mengatur suhu ruangan, hingga dapat memainkan musik – musik yang tenang. Sehingga, para perawat di rumah sakit tidak perlu melakukan hal – hal tersebut & dapat lebih fokus untuk menangani pasien lebih rinci & detail

Baca lainnya  Baru Lulus? Ini Dia 3 Bidang Pekerjaan Yang Disarankan Oleh Bill Gates Untuk Kamu

Watson Dapat Dikembangkan Lebih Pintar Lagi!

Watson ternyata dapat merekomendasi rencana perawatan untuk pasien layaknya rekomendasi para dokter. Tentu hal ini membuat Watson dipercaya dapat lebih pintar lagi jika ia kedepannya dapat masuk & membaca data dari pasien. Jika hal tersebut sudah dapat dilakukan oleh Watson, maka Watson dapat mendiagnosa pasien & memiliki kemampuan prediksi lebih hebat.

Penasaran dengan Watson buatan IBM ini? Kalian bisa cek video dibawah ini!

Nah Bagaimana Spacer tentang Watson ini? Apakah menurut kalian bidang perawatan di Rumah Sakit akan lebih maju dengan kehadiran Watson? Yuk tulis komentar kalian di kolom komentar dibawah ya 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here