Koe no Katachi versus Kimi no Na Wa

Sumber : Akibento

Di tahun 2016 yang lalu, ditayangkan movie Kimi no Na Wa (Your Name) yang sering dibilang sebagai Best Anime Movie. Nah, di tahun 2017 ini muncul nih movie berjudul Koe no Katachi (A Shape of Voice). Apa bisa Koe no Katachi ngalahin Kimi no Na Wa? Mari kita simak kedua film ini. *Spoiler Alert*

1Gambar dan Animasi

Nah, banyak orang yang bilang kalo Kimi no Na Wa itu gambarnya jernih banget, animasinya bagus. Walaupun kalo kita nonton secara streaming kualitasnya tidak HD, tapi kalo nonton di bioskop gambarnya sangatlah memukau. Di sisi lain, Koe no Katachi ini gambarnya juga tidak kalah bagus, malah lebih bagus daripada Kimi no Na Wa. Walaupun yang membuat animasi Kimi no Na Wa itu Makoto Shinkai sendiri, hasilnya sudah jauh dari memuaskan. Makoto ini juga yang animasiin 5 Centimeters per Second. Kalo Koe no Katachi yang animasiin itu ABC Animation. Nah, ABC Animation ini yang bikin gambar anime Orange sama Kobayashi-san Chi no Maid Dragon. Dua-duanya jago ya!!

Baca lainnya  Valerian and the City of a Thousand Planets: Film Sci-fi Berkonsep 'Segar'?

 

2Soundtrack

Kalo lagunya, Kimi no Na Wa itu semuanya lagunya di handle sama Radwimps. Semua background song juga buatan Radwimps. “Zenzenzense” dipakai sebagai lagu utama. “Sparkle”, “Yumetorou” dan “Nandemonaiya” juga menjadi lagu andalan Kimi no Na Wa. Kalo Koe no Katachi, lagunya tidak terlalu banyak yang berkesan. Untuk openingnya judulnya “My Generation” dibawakan oleh The Who. Endingnya nih yang pasti familiar banget. Lagu “Koi wo Shita no Wa” yang dibawakan Aiko ini juga dapat didengar di trailer yang tersedia di Internet. Pas banget deh lagu sama movienya.

Baca lainnya  Ulas Dikit Tentang Super Danganronpa 2.5

3Penghasilan

Kedua film ini sukses dengan cara mereka masing-masing. Apalagi jika diliat dari penghasilannya. Kimi no Na Wa dihari pertama dirilis terjual lebih dari 800.000 tiket  dan dalam 3 hari, pendapatannya sudah mencapai 1,28 milyar yen. Banyak sekali ya!! Kimi no Na Wa juga pernah menjadi peringkat pertama 13 kali di Box Office Jepang. Kalo Koe no Katachi hanya menjual 200.000 tiket dan memperoleh 283 juta yen. Beda cukup jauh ya!!

4Plot

Kimi no Na Wa ceritanya seru sekaligus membingungkan karena ada banyak adegan yang aneh seperti perbedaan tahun Taki dan Mitsuha yang tidak diberitahu sebelumnya. Tapi inilah keunikan dari Kimi no Na Wa yang membuat orang penasaran dengan ceritanya. Kalo Koe no Katachi ceritanya memang lebih detail dan kompleks tapi kalo kalian udah baca manganya, banyak yang berbeda di filmnya. Endingnya juga masih mengecewakan. FYI Spacers, Koe no Katachi tidak bikin se-mengharukan Kimi no Na Wa.

Baca lainnya  Inilah Fenomena Anime Kemono Friends Yang Meledak Di Jepang!

Jadi, menurut kalian mana yang lebih bagus? Kalo buat aku sih Kimi no Na Wa sih tetep ngalahin. Tapi walaupun kalah bagus, Koe no Katachi tetep worth it di tonton. Aku tunggu pilhan kalian ya!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here