League of Legends vs Dota 2, Kamu Suka yang Mana?

2 Kings of MOBA, clash on

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=5DWTPqMVYd0

Hai spacers! Siapa sih yang gatau kedua game di atas? League of Legends yang dikenal dengan nama LoL dan Defense of The Ancients alias Dota 2 merupakan game bergenre Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) dan keduanya merupakan raksasa di genre tersebut.

Memang sepertinya ada perang dingin yang berlansung antara player Dota 2 dan player LoL. Tak bisa dipungkiri, demi membuat game kesukaannya menjadi yang terbaik, seseorang rela menjatuhkan bahkan menjelekan lawannya. Tapi kira-kira, lebih bagus yang mana sih? Coba intip perbandingannya di sini.

1Developer

Dota 2 dikembangkan oleh Valve corporation yang sudah berdiri sejak 1996. Valve sendiri sudah terkenal mempunyai platform gaming yaitu Steam.  Tidak hanya mengembangkan game Dota saja, Valve juga membuat game-game lain yang telah tersohor dan dikategorikan sebagai game papan atas seperti Team Fortress, Counter Strike, Half life.

Baca lainnya  Part 1: Mengenal Dunia Fallout Shelter

Sedangkan LoL, dikembangkan oleh Riot Games Company yang jelas kalah tenarnya dengan Valve. Riot sendiri berdiri pada tahun 2006 dan berkembang sampai kurang lebih 1000 staff di 17 kantor yang mendunia. Dengan angka tersebut, tentunya banyak sekali orang yang mengeluarkan usaha untuk 1 game. Sampai saat ini pun, Riot games hanya mengeluarkan 1 game saja yaitu LoL itu sendiri.

2Keseluruhan

Dota 2 di rilis pada tanggal 9 Juni 2013, kurang lebih 4 tahun dengan 46 hero pada awal rilis. Sekarang Dota 2 mempunyai 113 heroes. Dota 2 mencapai titik tertingginya untuk jumlah pemain berjumlah 1,291,328.

Sedangkan LoL, rilis pada tanggal 27 Oktober 2009, dirilis dengan 40 champions (heroes) , sekarang LoL mempunyai 136 champions. Berdasarkan hasil interview Forbes dengan CEO Riot Games, CEO tersebut mengklaim sebanyak 100 Juta pemain aktif setiap bulannya. Wow!

Baca lainnya  4 Game Multiplayer yang Masih Populer di Indonesia

3Prize Pool

Tahukah kamu, hadiah total sebesar 20 Juta USD, diberikan di turnamen Dota 2 pada Turnamen International Dota 2 (The International) tahun 2016 lalu! Dengan hadiah sebesar itu, siapa sih yang ga tertarik buat ikut turnamennya? Tidak menutup kemungkinan loh apabila tahun ini, hadiahnya akan bertambah lebih banyak lagi.

5 Juta USD, merupakan hadiah total yang diberikan pada saat LOL World Championship 2016. Tak dapat dipungkiri, Pada hal Prize Pool League of Legends jelas kalah telak.
Jika ditotalkan Dota 2 sudah mencapai 99 juta Dollar untuk prize pool dengan 714 Turnamen, sedangkan LoL hanya mencapai 39 Juta Dollar! Bisa dihitung sendiri kan perbedaanya?

Baca lainnya  Tips Untuk Main Hero Phantom Assassin Di Dota 2

4Gameplay

Secara gameplay, League of Legends dan Dota 2 sebenarnya merupakan dua permainan yang cukup berbeda. Game LoL  merupakan game yang fast-paced (dilihat dari cepatnya cooldown skills, Death timer). Selain itu, death penalty dalam LoL lebih ringan. Tak hanya itu LoL juga mempunyai Recall(Balik ke base) untuk membeli barang/menyembuhkan diri.

Dibandingkan dengan LoL, Dota 2 merupakan game yang lebih kompleks. Dari Deny(Membunuh creep/minion sendiri) agar lawan tidak dapat bonus gold hingga dalam hal death penalty, di mana saat kita terbunuh oleh lawan, gold kita juga mengurang. Terlebih lagi ditambah Dota 2 mempunyai kurir untuk membeli barang karena tidak ada opsi untuk recall dalam game tersebut.

Nah jadi menurutmu, lebih suka yang mana Dota atau LoL? Share di kolom komentar ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here