Mau Koneksi Internet Android Kamu Jadi Lebih Cepat? Ikuti 6 Tips Ini !

Tips Cara Mempercepat Koneksi Internet Android
Source: http://thetechnews.com/

Tiba – tiba koneksi internet menjadi lambat memang bikin bete. Apalagi jika sedang seru – serunya chatting, streaming lagu online, atau streaming video HD. Bisa – bisa, hape pengen dibanting deh. Hehe, bener gak Spacer? Tapi tenang aja Spacer, sekarang Spasikamu mau ngasih 6 tips dan cara biar kecepatan koneksi internet android kamu jadi lebih cepat!

1Hapus App Cache

Cache mungkin bisa disebut sebagai sisa hasil download / browsing dari aktifitas sebelumnya pada aplikasi kamu. Tetapi, semakin kamu aktif menggunakan sebuah aplikasi terutama yang tersambung dengan internet, maka cache yang dihasilkan pun semakin besar. Dengan besarnya cache pada sebuah App, akan memakan beberapa ‘system resources’ yang membuat lambat kinerja android kamu. Otomatis, akan berpengaruh terhadap kecepatan koneksi Internet Android milik kamu. Biasakan hapus cache dari sebuah aplikasi terutama app browser sebulan sekali untuk hasil yang maksimal.

Baca lainnya  Android TV : Sambut Masa Depan Layar Kaca

2Matikan Fitur Auto Sync

Beberapa aplikasi di Android dapat otomatis men-sinkronkan data dari android kamu ke aplikasi tersebut. Biasanya fitur sinkronisasi otomatis atau auto sync ini terdapat di aplikasi yang dapat terhubung ke gadget kamu lainnya. Seperti Gmail atau One Drive, dimana aplikasi – aplikasi tersebut akan selalu men-sinkronkan data – data kamu setiap waktu. Otomatis, pemakaian internet kamu pun akan terbagi – bagi dan memberikan kecepatan yang tidak maksimal. Oleh karena itu, Matikanlah fitur auto sync pada aplikasi – aplikasi yang jarang / tidak terpakai.

3Gunakanlah Jaringan 4G

Dengan teknologi jaringan terbaru dari berbagai provider yaitu 4G, memungkinkan Spacer menikmati kecepatan internet hingga 300 Mbps! Dimana kecepatan network 3G yang umum dipakai hanyalah mencapai 3.1 Mbps saja. Spacer dapat dengan mudah mengubah settingan 3G ke 4G dengan cara berikut:

  • Ke Settings
  • Pilih ‘Mobile Networks
  • Pilih ‘Network Mode
  • Dari pilihan 3G/2G ubah ke LTE/3G/2G.
Baca lainnya  Fakta-Fakta Mengenai Ice Shelf Yang Pecah Di Antartika

Perlu diingat, memang belum semua wilayah tercover oleh jaringan 4G. Namun, jika kamu sedang berada diwilayah yang ada 4Gnya, kenapa tidak menggunakan 4G saja? Lebih cepat & lebih banyak bonus kuota, lho!

4Disable atau Remove Widget dan Aplikasi Yang Tidak Terpakai

Mungkin tanpa disadari, banyak aplikasi atau widget di Android kamu yang sebetulnya tidak / jarang dipakai. Padahal aplikasi atau widget tersebut selalu aktif dan menggunakan jaringan internet terus menerus. Kecepatan Internet kamu pun akan terbagi – bagi. Untuk widget, kamu bisa men-disable dengan cara hold widget tersebut dan remove ke icon tong sampah. Untuk aplikasi, kamu bisa meng-uninstall aplikasi tersebut.

5Gunakanlah Aplikasi Untuk Mempercepat Koneksi Internet Android

Salah satu cara untuk membuat kecepatan koneksi internet pada android kamu dengan mudah. Kamu bisa mencoba beberapa aplikasi yang berfungsi untuk mempercepat koneksi internet android kamu. Seperti Internet Booster & Optimizer, Faster Internet 2x, atau Internet Speed Booster. Aplikasi – aplikasi tersebut dapat meningkatkan kecepatan internet android kamu dari berbagai cara. Mulai dari mengkompres gambar yang akan didownload dengan otomatis hingga mengefisiensi pengaturan kecepatan download.

Baca lainnya  Sendok & Garpu Bisa Jadi Pengusir Hama

6Gunakanlah Browser Yang Terkenal Cepat!

Browser adalah salah satu faktor penting dalam hal kecepatan internet. Kamu bisa menggunakan browser – browser yang dikenal cepat & hemat data. Seperti Opera Mini. Opera Mini terdapat fitur ad blocker dan mode hemat data yang dapat mempercepat kecepatan koneksi internet kamu.

Itu dia tips – tips cara untuk mempercepat koneksi internet pada Android kamu. Apakah Spacer mempunyai tips lainnya? Yuk share tips versi Spacer di kolom komentar dibawah ya! 🙂

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here