Mengapa Konsol NES Classic Edition Diberhentikan Produksinya?

Mengapa Konsol NES Classic Edition Diberhentikan Produksinya
Source Photo: https://arstechnica.com/

Halo Sobat Spacer! Pastinya bagi kalian yang lahir diakhir tahun 80an atau awal 90an, pastinya kemungkinan besar tau dong konsol Nintendo Classic? Yup, desain konsol yang sangat klasik dengan graphic yang simple namun keren pada masanya tersebut sempat dibuat & diproduksi kembali oleh pihak Nintendo yang bernama Nintendo Entertainment System (NES) Classic Edition beberapa tahun lalu.

Namun tiba – tiba, terdapat berita dari Nintendo jika konsol NES Classic Edition ini diberhentikan produksinya mulai bulan ini. Wah, mengapa ya alasannya NES Classic Edition ini distop produksinya? Yuk simak berita berikut ini

Konsol Nintendo Entertainment System (NES) Classic Edition: Nostalgia Para Gamers Tahun 80an & 90an.

Pada tahun lalu disaat Nintendo memberi kabar tentang akan memproduksi ulang konsol Nintendo Classic yang sempat menjadi legenda tersebut, membuat para gamers terutama di generasi 80an & 90an sangat menantikan hal ini. Bagaimana tidak? Konsol Nintendo Classic yang diberi nama NES Classic Edition tersebut membuat gamers bernostalgia akan hidup & bermain game pada masa – masa tahun tersebut. Dengan desain yang tidak melupakan style retro & vintage jaman dulu ini, NES Classic Edition sukses menerima permintaan yang sangat banyak dari seluruh dunia.

Baca lainnya  Review, Nintendo Switch – Platform Unik Yang Kamu Bisa Pasang Cabut Kapanpun

Tidak hanya desain dari konsol tersebut yang membuat rindu para gamers di seluruh dunia, namun, game – game yang tersedia pun adalah game – game yang memang menjadi ‘icon’ pada jamannya. Sebut saja beberapa versi jadul dari game Mario Bros, The Legend of Zelda, Ballon Fight, Kirby’s Adventure, Donkey Kong, Pac-Man, dll dapat dimainkan dengan konsol NES Classic Edition. Pihak Nintendo menyebut, ada sekitar 30 games yang tersedia untuk konsol NES Classic Edition.

Konsol Nintendo Entertainment System (NES) Classic Edition: Resmi Dihentikan Produksinya

“Throughout April, NOA territories will receive the last shipments of Nintendo Entertainment System: NES Classic Edition systems for this year. We encourage anyone interested in obtaining this system to check with retail outlets regarding availability. We understand that it has been difficult for many consumers to find a system, and for that we apologize. We have paid close attention to consumer feedback, and we greatly appreciate the incredible level of consumer interest and support for this product.”

Namun, pada beberapa hari yang lalu, tersiar kabar yang cukup membingungkan dan mengagetkan dari Nintendo. Dikatakan oleh Perwakilan Nintendo yang kami kutip dari IGN, mengatakan “Sepanjang April, Wilayah Amerika Utara (NOA) akan menerima pengiriman terakhir dari Nintendo Entertainment System NES Classic Edition System untuk tahun ini. Kami menyarankan untuk siapa saja yang masih berkeinginan untuk mendapatkan sistem ini dapat mengecek ke otlet retail untuk ketersediaannya. Kami mengerti jika ini sangat sulit diterima untuk banyak konsumen untuk menemukan system (ini), dan kami meminta maaf. Kami mempunyai perhatian yang dalam dari masukan pengguna, dan kami sangat mengapresiasi untuk level yang luar biasa dari ketertarikan & dukungan konsumen untuk produk ini“.

Baca lainnya  Siap Nge-Game dengan Nintendo 2DS XL

“NES Classic Edition wasn’t intended to be an ongoing, long-term product. However, due to high demand, we did add extra shipments to our original plans.”

Perwakilan dari Nintendo juga menambahkan “NES Classic Edition memang bukan direncanakan untuk produk jangka panjang. Tetapi, karena permintaan yang sangat tinggi, kami akan menambahkan ekstra pengiriman dari rencana awal kami“.

Baca lainnya  Main Game Jadul Yuk di Famicom Mini dari Nintendo

Dengan statement yang resmi dari Nintendo ini, membuat konsol NES Classic Edition secara resmi sudah distop produknya pada bulan April ini. Lalu, bagaimana dengan third-party aksesorisnya? Pihak Nintendo mengatakan kebijakan tersebut tergantung dengan keputusan manufaktur aksesoris third-party tersebut.

Apakah Karena Nintendo Switch, Nintendo Berani Memberhentikan Konsol NES Classic Edition ini?

Memang hingga sekarang belum ada berita resmi dari Nintendo alasan mengapa NES Classic Edition System ini distop produksinya. Namun, dari bgr, diduga kuat alasan Nintendo memberhentikan produksi NES Classic Edition ini adalah karena permintaan untuk Nintendo Switch yang sangat tinggi. Bahkan beberapa waktu lalu, perusahaan riset NPD Group & Nintendo mengumumkan telah menjual lebih dari 906.000 unit konsol Nintendo Switch di Amerika Utara yang membuat penjualan konsol tersukses Nintendo pada pasar Amerika Utara. Hal ini juga membuat saham Nintendo menguat sebesar 2.1%.

Apakah Spacer termasuk salah satu penggemar Nintendo yang kecewa dengan distop produksi NES Classic Edition ini? Yuk tulis tanggapan Spacer di kolom komentar dibawah ya 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here