Microsoft Akan Segera Luncurkan Windows 10 “Game Mode”

Sumber : Tech Times

Sahabat SPACERS, perusahaan teknologi terkemuka asal Amerika Serikat, Microsoft, akan segera meluncurkan Windows 10 versi terbarunya, dimana Windows 10 versi ini diklaim dapat meningkatkan performa komputer saat sedang bermain game. Windows 10 versi terbaru ini pun diberi nama Windows 10 “Game Mode.”

Sebenarnya, rumor mengenai perilisan Windows 10 “Game Mode” ini sudah beredar sejak tahun 2016 lalu. Namun, masih sedikit informasi yang diberikan oleh pihak Microsoft mengenai kabar ini. Namun, mulai penghujung 2016 lalu, pihak Microsoft mulai memberikan beberapa informasi mengenai Windows 10 “Game Mode” ini, walaupun hingga sekarang, waktu perilisan Windows 10 terbaru tersebut masih menjadi misteri.

Fitur “Game Mode”

Sumber : Windows Central

Dikutip dari laman web TheVerge.com, fitur “Game Mode” ini akan mengoptimalisasikan performa dan daya kerja sistem komputer ketika video game sedang dimainkan. Ketika fitur “Game Mode” ini diaktifkan, maka secara otomatis, sistem PC akan memprioritaskan komponen CPU dan GPU ke dalam game tersebut. Dengan demikian, waktu pemrosesan frame rate dari video game akan menjadi lebih cepat. Hal ini akan meningkatkan kualitas gambar dari game yang sedang dimainkan, sehingga para penggunanya dapat lebih enjoy dalam memainkan game tersebut.

Baca lainnya  AirSim, Simulator Canggih Dari Microsoft Untuk Drone Simulation!

Apa itu “Frame Rate?”

Sumber : Digital Trends

Dikutip dari forbes.com, ketika sebuah game sedang dimainkan, maka GPU atau Graphic Card yang terdapat pada sistem komputer (PC) akan memproses game tersebut. Setelah itu, sistem akan melakukan proses rendering terhadap frame dari game tersebut, dan semakin cepat frame dari game tersebut di proses, maka kualitas gambar yang ditampilkan dari game tersebut akan semakin baik. Seberapa cepat komputer (PC) dapat memproses frame ini dipengaruhi oleh kualitas kartu grafis (Graphic Card) yang digunakan, sehingga semakin baik kualitas Graphic Card yang digunakan, maka akan semakin cepat PC memproses setiap frame yang ada di game tersebut. Dengan demikian, kualitas grafis yang ditampilkan pun akan menjadi semakin baik, dimana hal ini akan meningkatkan gaming experience dari para penggunanya. Namun biasanya, semakin bagus kualitas dari sebuah Graphic Card, maka harganya juga akan semakin mahal. Sehingga, banyak gamers rela mengeluarkan uang dalam jumlah besar hanya untuk sekedar meng-upgrade Graphic Card yang terdapat di PC mereka.

Baca lainnya  Fakta-Fakta Penting Yang Perlu Diketahui Para Investor Apple Mengenai App Store (Part 2)

Sehingga, kemampuan Windows 10 “Game Mode” yang dapat meningkatkan frame rate dari setiap game secara otomatis (seperti yang di-klaim oleh Microsoft) akan menguntungkan para penggunanya. Hal ini karena mereka tidak perlu lagi mengeluarkan uang yang cukup besar untuk melakukan upgrade terhadap graphic card mereka.

Mengenai cara mengaktifkan “Game Mode” ini sendiri, kita hanya perlu menekan tombol Windows beserta tombol “G” secara bersamaan (CTRL +G). Setelah itu, fitur “Game Mode” pada Windows 10 akan aktif secara otomatis, dan panel pengaturan dari fitur ini yang diberi nama “game bar” pun akan muncul di layar komputer kita.

Baca lainnya  Alasan Kenapa Sony Xperia XA1 & XA1 Ultra Cocok Untuk Kalian Yang Suka Selfie & Nge-Vlog!

Nah, sobat SPACERS, kira-kira kapan ya Windows 10 versi “Game Mode” ini akan dirilis? Kita tunggu saja ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here