Sumber: Google Images

Hai Spacer! Bagi kalian yang mania dengan anime atau manga jepang pasti tau manga yang berjudul Koe no Katachi atau dalam bahasa inggrisnya, A Silent Voice. Manga ini telah diadaptasikan menjadi di sebuah film atau movie yang baru saja dirilis pada tanggal 3 May 2017 lalu loh! Bagi kalian yang belum menonton bisa menjadikan review ini sebagai salah satu faktor apakah kalian harus menonton film ini. Let’s start the review!

Sumber: Google Images

Koe no Katachi atau A Silent Voice adalah sebuah animation film dengan animasi dan artwork yang sangat menakjubkan. Film ini di direct Naoko Yamada dari Kyoto Animation, beliau juga nge-direct anime K-On & Tamako Love Story loh! A Silent Voice adalah sebuah drama remaja tentang seorang remaja laki-laki yang mengahadapi sebuah masalah kehidupan nyata yang serius, sebut saja bullying dan bunuh diri. Film ini menceritakan cerita yang menarik diisi oleh karakter yang kompleks dan plot yang sangat mendalam.

Baca lainnya  Siap-Siap! Ini Daftar Anime yang Tayang di Bulan Juli 2017
Sumber: Google Images

Satu aspek yang gue temukan sangat menarik adalah bagaimana setiap perasaan setiap karakter itu terasa real banget. Pemeranan suara dari Saori Hayami untuk Shoko Nishimiya bisa dibilang sangat fantastis, entah bagaimana dia dapat mengekspresikan suara yang awkward dan emosi dari gadis yang tuna rungu, tanpa menunjukkan rasa tidak hormat kepada orang yang benar-benar hidup dengan kondisi itu. Animasi dari film ini telah diproduksi dengan sangat baik dengan memperhatikan setiap detil-detil kecil seperti cara setiap karakter berjalan dan kelakuan masing-masing karakter. Mempersatukan kedua aspek ini membuat film ini menjadi lebih real dan mambuat setiap karakter terasa hidup.

Baca lainnya  NHK 100 Years Anime: Cara Stasiun TV Jepang Merayakan Seabad Anime

Terlebih lagi, yang membuat film animasi ini menjadi sebuah masterpiece adalah bagaimana mereka mengadaptasikan plot dari manga-nya. Tema cerita dari manga yang sedih dan emotional dapat diceritakan dan digambarkan dengan sangat jelas, tentu ini adalah kerja yang sangat bagus dari staff Kyoto Animation. Mereka mampu memasukan semua 64 Chapter manga menjadi sebuah film yang berdurasi 2 jam dan 10 menit. Untungnya tidak ada perubahan plot dari manga ke film-nya, selain memendekkan epilogue-nya; walaupun kalau boleh dibilang, soundtrack dari film ini terkesan kurang mendukung di beberapa scene-scene yang emosional.

Baca lainnya  Chalkboard Art Kimi No Nawa oleh Murid Hongkong
Sumber: Google Images

A Silent Voice adalah film yang sangat bagus. Secara teknis, eksekusi akhir dari film ini sangatlah cerdas dalam segala aspek produksinya, dengan kerja yang sangat fantastis membuat setiap karakter terasa hidup. Untuk ceritanya pun sangat menakjubkan tanpa menyimpang dari manga-nya sehingga membuat penonton terpaku menonton dari awal hingga akhir. Ini adalah sebuah film yang bagus untuk ditonton yang dapat menghibur siapa saja, dan dapat membuat kalian menangis jika kalian sedang merasa tertekan.

1 COMMENT

  1. Saya sudah tonton, filmnya bagus sih cuman kurang + agak mengecewakan bagi saya. Sebenernya saya sudah lama nunggu film ini, setelah saya tonton saya tidak dapat feelnya , menurut saya akan lebih baik kalo salah satu karakter utama ada yang mati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here