NASA Temukan 7 Planet Seukuran Bumi! Layak Untuk Dihuni?

NASA Temukan 7 Planet Seukuran Bumi! Layak Untuk Dihuni - Featured
Source: http://edition.cnn.com/

Spacer! Apakah Spacer pernah berpikir, jika kondisi Bumi yang kita tinggali ini semakin lama semakin sempit? Ditambah lagi dengan populasi manusia yang terus bertambah dengan cepat dari tahun ke tahun. Jika Spacer pernah berpikiran seperti itu, tidak salah kok! Dari dulu, ilmuwan – ilmuwan memang sedang mencari solusi dari masalah tersebut. Salah satunya adalah mencari planet lain untuk ditinggali layaknya Bumi ini. Baru – baru ini, NASA telah menemukan 7 Planet Seukuran Bumi yang berada di luar tata surya kita, lho! Kira – kira bisa buat hidup disana gak ya? Penasaran? Yuk simak berita ini!

7 Planet Seukuran Bumi di Luar Tata Surya ditemukan oleh NASA!

NASA Temukan 7 Planet Seukuran Bumi! Layak Untuk Dihuni - 2
Source: http://edition.cnn.com/

Beberapa hari lalu, NASA mengumumkan secara resmi jika mereka telah menemukan 7 planet yang seukuran dengan bumi di luar tata surya kita. Badan Antariksa Amerika Serikat atau NASA menamakan gugusan planet – planet tersebut dengan ‘TRAPPIST-1‘. TRAPPIST-1 diperkirakan berjarak 40 tahun cahaya dari Bumi. Jadi, jika Spacer berjalan menuju kesana dengan kecepatan Cahaya (300.000 km/jam), maka akan menempuh waktu selama 40 tahun. Planet – planet tersebut juga mengelilingi sebuah bintang layaknya ‘Matahari‘ pada tata surya kita. Walaupun belum diketahui secara pasti, berapa umur bintang tersebut.

Baca lainnya  Voyager, Satelit NASA Yang Sudah Memasuki Kawasan Ruang Antar Bintang!

Dari 7 Planet, 3 Planet Disebut Layak Huni?

Dikutip dari Liputan 6, bahwa 3 dari 7 planet yang ditemukan tersebut adalah layak huni. Tentu, hal ini menjadi rekor bagi NASA untuk menemukan kategori jumlah planet layak huni terbanyak dalam satu tata surya. Seperti yang dikatakan Pimpinan Penelitian di NASA, Michaël Gillon, mengatakan “Tata surya ini adalah tata surya paling mengesankan yang pernah kami temukan. Bukan karena planetnya banyak, tetapi karena mereka memiliki ukuran dan karakteristik yang sama seperti Bumi,

TRAPPIST-1 mempunyai bintang yang sedikit lebih dingin dibanding Matahari kita. Planet – planet tersebut juga memiliki karakteristik berbatu, tidak bergas seperti layaknya Planet Jupiter. 3 Planet yang diprediksi layak huni tersebut memang memiliki laut yang dapat membantu proses kehidupan disana, itu TRAPPIST-1e, f, dan g. Tetapi, dari ketiga planet terebut, TRAPPIST-1f menjadi kandidat yang paling kuat untuk layak dihuni & menopang kehidupan. Karena memiliki atmosfer yang baik & terdapat gas rumah kaca.

Baca lainnya  1 Langkah Untuk Menjadi Warga Negara Luar Angkasa, Negara Asgardia!

Sebuah Langkah Besar Untuk Menemukan Kehidupan di Luar Bumi?

“I think we’ve made a crucial step towards finding if there is life out there. I don’t think any time before we had the right planets to discover and find out if there was (life). Here, if life managed to thrive and releases gases similar to what we have on Earth, we will know.”

Selain sebuah kejutan menemukan planet lain yang layak huni selain Bumi, juga penemuan ini menjadi langkah besar untuk menemukan kehidupan di luar Bumi. Dikutip dari CNN, Amaury Triad, salah satu akademisi astronomi di Universitas Cambridge, mengatakan “Saya pikir kita telah membuat langkah kedepan yang krusial untuk mencari apakah ada kehidupan diluar sana?” ia juga menambahkan “Saya tidak berpikir sebelumnya kita mempunyai planet yang tepat untuk dijelajah dan mencari tahu apakah ada kehidupan. Sekarang, jika hidup mengatur untuk menjadi lebih subur dan mengeluarkan gas yang mirip seperti apa yang di Bumi, kita akan tahu (jawabannya)

Baca lainnya  Nih, Serba Yang 'Pertama' ke Luar Angkasa!

Sebelumnya, para astronom juga telah menemukan Planet yang layak dihuni di luar tata surya kita, tepatnya di Tata Surya Proxima Centauri. Proxima Centauri adalah salah satu bintang terdekat dari Bumi. Dalam tata surya tersebut, ditemukan Planet yang dinamakan Proxima B yang berukuran 1.3x dari Bumi dan mempunyai jarak 7.5 juta kilometer dari bintang induknya. Planet tersebut mempunyai kemiripan seperti Bumi dan disebut sebagai layak huni juga. Jarak Planet tersebut sekitar 40 Triliun Kilometer dari Bumi! Jauh banget, ya?

 

Walaupun sepertinya memang masih mustahil untuk manusia berpindah Planet sekarang ini, tetapi para akademisi & ilmuwan tetap yakin suatu saat manusia dapat ‘menjelajah’ planet – planet layak huni lainnya. Well, Tetap semangat ya para Ilmuwah diluar sana! Menurut Spacer, apakah Spacer mau berpindah dari Bumi ke planet – planet tersebut? Jawab yuk di kolom komentar dibawah ini! 🙂

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here