NASA Uji Coba Rompi Anti Radiasi Matahari Untuk Misi ke Mars?

NASA Uji Coba Rompi Anti Radiasi Matahari Untuk Misi ke Mars - 1
Source Photo: http://thetechnews.com/

Untuk Astronot yang ingin keluar angkasa, tentu akan menghadapi banyak sekali resiko. Mulai dari resiko saat proses keluar dari orbit bumi hingga terpapar oleh radiasi – radiasi di luar angkasa. Tentu untuk menghindari efek paparan radiasi – radiasi di luar angkasa, dibutuhkan teknologi khusus. Nah, sekarang NASA sedang menguji coba sebuah rombi yang diclaim anti radiasi sinar matahari, lho! Kira – kira seperti apa ya rompi anti radiasi matahari tersebut? Yuk simak berikut ini!

Rompi Anti Radiasi Matahari Buatan NASA & StemRed

Sebetulnya, salah satu hal yang membahayakan bagi astronot yang sedang menjalankan misi diluar angkasa adalah radiasi sinar gamma yang dapat masuk ke dalam tubuh para astronot tersebut. Walaupun tidak terlihat, radiasi sinar gamma dapat menembus plat besi yang tebal lho! Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah pakaian khusus yang tidak dapat ditembus oleh radiasi sinar gamma. Tetapi, sepertinya para astronot sebentar lagi akan mempunyai pakaian yang aman sebagai pelindung dari radiasi sinar gamma.

Baca lainnya  NASA Temukan 7 Planet Seukuran Bumi! Layak Untuk Dihuni?

Dilansir dari Engadget, Pakaian yang berbentuk rompi ini adalah hasil kerjasama antara NASA dan StemRed. StemRed adalah sebuah perusahaan berbasis di Tel Aviv yang sering membuat pakaian anti radiasi untuk melindungi pekerja penyelamat dari paparan radiasi seperti di Chernobyl & Fukushima.

“This product will enable human deep space exploration. Our breakthrough has come in creating the architecture of the multi-layered shield to accurately cover the most important organs,” Oren Milstein.

Dikutip dari Reuters CEO StemRed, Oren Milstein, mengatakan “Produk ini akan membuat manusia dapat melakukan eksplorasi luar angkasa lebih dalam. Pencapaian ini datang untuk membuat arsitektur pelindung pakaian yang berlapis untuk melindungi organ paling penting dengan akurat“.

Baca lainnya  Voyager, Satelit NASA Yang Sudah Memasuki Kawasan Ruang Antar Bintang!

terkena paparan Radiasi Sinar Gamma secara terus menerus memang berdampak buruk bagi tubuh manusia, terutama organ – organ penting para astronot. Seperti sumsum tulang, paru-paru, dada, perut, usus, dan ovarium pada astronot wanita. Oleh karena itu, tujuan utama alat pelindung astronot dari radiasi matahari ini untuk menghindari organ – organ penting para astronot tersebut rusak dari radiasi sinar matahari.

Rompi Anti Radiasi Matahari NASA Akan di Uji Coba ke Bulan 2018 Nanti

NASA Uji Coba Rompi Anti Radiasi Matahari Untuk Misi ke Mars - 2
Source Photo: http://newstim.com/

Untuk mengetahui apakah rompi anti radiasi ini berfungsi dengan baik atau tidak, nantinya akan di uji coba oleh misi pesawat luar angkasa Orion. Misi pesawat luar angkasa Orion nantinya akan mengelilingi orbit bulan dan akan membawa 2 astronot. Setelah misi selesai, nantinya akan diteliti lebih dalam apakah benar rompi tersebut dapat mengurangi radiasi matahari yang masuk ke tubuh para astronot.

Baca lainnya  Konsep Kendaraan Rover Keren NASA Untuk Misi ke Mars 2020

Rompi Anti Radiasi Matahari Ini Sebagai Salah Satu Langkah Mendukung Perjalanan NASA ke Mars 2030

Jika rompi ini sukses sebagai rompi anti radiasi matahari, maka rompi ini mungkin akan lebih dikembangkan lagi sebagai pakaian astronot untuk misi ke Mars pada tahun 2030 nanti. Karena perjalanan yang lebih lama & mengeksplorasi tata surya lebih jauh, dipastikan para astronot akan terpapar radiasi sinar gamma lebih banyak. Oleh karena itu, rompi ini jika sukses akan mendukung misi NASA untuk mengirimkan awak manusia ke Mars pada tahun 2030 nanti.

Nah, kira – kira rompi anti radiasi matahari ini akan sukses gak ya, Spacer? Bagaimana dengan tanggapan kalian? Yuk share opini kalian di kolom komentar di bawah ya 🙂 .

 

1 COMMENT

  1. I see your blog needs some unique content. Writing manually is
    time consuming, but there is solution for this hard task.
    Just search for – Miftolo’s tools rewriter

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here