Nih, Serba Yang ‘Pertama’ ke Luar Angkasa!

Nih, Serba Yang 'Pertama' ke Luar Angkasa! - yuri gagarin
Source: https://www.rt.com/

Spacer! Mungkin bepergian ke luar angkasa adalah sesuatu hal yang luar biasa. Tidak hanya manusia saja, tetapi ada makhluk lainnya lho yang ternyata pernah pergi ke luar angkasa. Kira – kira apa ya, Spacer? Penasaran? Nah, simak aja yuk! Ini dia serba yang pertama ke luar angkasa!

 

1Laika, Anjing Pertama Yang ke Luar Angkasa

Source: http://home.bt.com

Selain manusia, ternyata seekor anjing pun pernah lho mengorbit bumi! Anjing tersebut namanya Laika. Seekor anjing dari Uni Soviet yang menjadi hewan pertama yang pergi ke luar angkasa. Laika adalah anjing jalanan di Kota Moscow yang terpilih menjadi uji coba eksperimen ini. Laila diterbangkan ke orbit bumi pada tanggal 3 November 1957 dengan modul luar angkasa Sputnik 2.

Eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui apakah manusia dapat hidup di orbit bumi atau luar angkasa. Karena pada tahun 1957, para ilmuwan banyak yang berpendapat manusia tidak bisa survive di luar angkasa. Oleh karena itu, Laika menjadi yang pertama untuk mengetes apakah makhluk hidup dapat survice di luar angkasa. Sayang, tidak lama Laika berhasil mendarat, ia meninggal karena kehabisan oksigen akibat gagalnya sistem di modul tersebut. Sedih ya, Spacer? šŸ™

Baca lainnya  5 Galaksi Di Alam Semesta Yang Unik & Menakjubkan!

2Albert 2, Monyet Pertama Yang Ke Luar Angkasa

Source: http://www.universetoday.com

Setelah uji coba menggunakan seekor anjing ke luar angkasa oleh Uni Soviet. Amerika Serikat pun tidak mau kalah dan mencoba seekor primata atau monyet sebagai objek uji coba. Monyet yang pertama ke luar angkasa adalah Albert. Monyet dipilih karena memiliki banyak persamaan oleh manusia. Albert diluncurkan oleh V-2 Rocket pada tanggal 11 Juni 1948. Tetapi sayang, Albert meninggal pada saat peluncuran akibat mati kekurangan oksigen. Lalu, dilanjutkan oleh monyet selanjutnya yaitu Albert 2.

Albert 2 sukses menjadi monyet pertama yang berhasil hidup di orbit bumi saat peluncurannya pada tanggal 14 Juni 1949 dengan V-2 Rocket. Tetapi sayang, Albert 2 tewas karena impact akibat gagalnya sistem parasut saat mendarat. Sedih ya, Spacer? šŸ™

Baca lainnya  1 Langkah Untuk Menjadi Warga Negara Luar Angkasa, Negara Asgardia!

3Manusia Pertama Yang Pergi ke Luar Angkasa

Source: https://www.rt.com/

Hayo! Spacer ada yang tau siapa manusia yang pergi ke luar angkasa? Neil Armstrong bukan ya? Bukan! Ternyata ada lho yaitu Yuri Gagarin. Yup dari namanya saja kita sudah tau, dia adalah astronot dari Rusia (pada saat itu Uni Soviet). Sebelum menjadi Cosmonout atau Astronot, dia adalah juga seorang pilot angkatan udara Uni Soviet. Dia menjadi manusia pertama yang pergi ke luar angkasa pada tanggal 12 April 1961 dengan modul luar angkasa, bernama Vostok. Yuri Gagarin mendapat banyakĀ medali dan mendapatkan title ‘Hero of the Soviet Union‘. Setelahnya, dia juga aktif menjadi pelatih di Pusat Pelatihan Astronot Moscow.

4Bibit Pertama Yang Dibawa ke Luar Angkasa

Source: http://www.clipartkid.com

Jika manusia sudah, ternyata ada juga lho bibit – bibitanĀ yang dibawa ke luar angkasa! Bibit pertama yang dibawa ke luar angkasa adalah bibit jagung yang dibawa pada 30 Juni 1946. Tentu membawa biji ke luar angkasa ini bukan sekedar iseng – iseng aj, lho. Tetapi, sebagai bahan penelitian untuk para peneliti di Harvard University. Mereka meneliti tentang efek dari radiasi di luar angkasa terhadap bibit – bibit tersebut.

Baca lainnya  Selain Neil Armstrong, Astronot - Astronot Ini Pernah Mendarat di Bulan Juga!

Setelahnya, bibit gandum dan bibit kapas juga diuji coba dibawa ke luar angkasa. Pada tahun 1971, 500 bibit pohon (Loblolly Pine, Sycamore, Sweetgum, Redwood, and Douglas Fir) dibawa ke bulan oleh modul Apollo 14. Bibit tersebut ditanam di Bulan dan di telitiĀ perkembangannya dari bumi. Walaupun hasilnya ternyata tidak ada perkembangan.

 

Nah itu dia pokoknya serba yang pertama ke luar angkasa! Menarik sekali bukan, Spacer? Ternyata ada juga selain manusia yang pergi ke luar angkasa juga ya! šŸ™‚

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here